Suara dari Afrika Selatan di Penobatan Raja Charles III

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 07 Mei 2023
Suara dari Afrika Selatan di Penobatan Raja Charles III
Pretty Yende menyanyi solo di penobatan Raja Charles III. (foto: Instagram @pretty_yende_official)

SEBANYAK 2.000 tamu yang mencakup keluarga kerajaan dan pemimpin global menghadiri penobatan Raja Charles III, Sabtu (6/5). Selama acara megah itu, 12 karya musik baru telah dibuat khusus untuk menandai momen tersebut. Salah seorang dari tiga solois pada upacara tersebut, yakni Pretty Yende. Ia menjadi orang Afrika pertama yang diundang untuk tampil solo di penobatan Raja Inggris.


"Saya merasa amat bahagia, kaget, sekaligus senang. Semua emosi itu mengalir begitu saja," ujarnya mengenang ajakan itu. Ia mulai terkenal di Afrika Selatan saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Cape Town. Pada 2011, Yende lulus dari program artis muda di Accademia di Teatro Alla Scala, Milan, Italia. Dari situlah ia mulai memasuki kompetisi opera. "Kompetisi opera pertama yang saya lakukan yakni di Wina, Austria, saya memenangi segalanya," kenangnya, dikutip CNN.

BACA JUGA:

Bunga-Bunga Musim Semi di Penobatan Raja Charles III


"Mereka memanggil nama saya berkali-kali sehingga saya seperti, 'Tidak, Tuhan tolong biarkan yang ini pergi ke orang lain'. Saya merasa tidak berharga mendengar kemahiran yang dimiliki teman-teman saya," imbuhnya.

View this post on Instagram

A post shared by Tatler (@tatlermagazine)


Sejak kemenangan itu, kariernya meningkat melalui acara yang mencakup skala internasional. Pada 2013, ia debut di Metropolitan Opera House di New York. Yende sejak itu menafsirkan peran dalam La Bohème karya Puccini, The Marriage of Figaro karya Mozart, dan Le comte Ory karya Rossini saat tampil di gedung opera besar di Milan, Paris, dan London. Karier Yende telah mencatatkan sejumlah hal pertama, termasuk menjadi 'orang kulit hitam pertama yang memiliki produksi baru La Traviata di Opera Garnier di Paris'. Dalam sebuah wawancara dengan Observer, terungkap bahwa produksi itu dibuat khusus untuknya.


Opera sangat menonjol dalam kehidupan Raja Charles. Ia tercatat sebagai pelindung lebih dari selusin organisasi musik. Pada 1981, ketika Sang Pangeran menikah dengan mendiang Putri Diana, Kiri Te Kanawa, seorang penyanyi opera dari Selandia Baru, tampil di pesta pernikahan tersebut.

BACA JUGA:

Resmi, Raja Charles III Menjadi Raja Inggris


Dalam acara yang diselenggarakan di Westminster Abbey di London, Yende akan tampil bersama bass-bariton Bryn Terfel dan bariton Roderick Williams. Penobatan itu bukan pertama kalinya Raja Charles menyaksikan pertunjukan Yende. Sang Raja pernah melihat penyanyi sopran tersebut tampil di gala peringatan ke-75 Royal Philharmonic Orchestra yang diadakan di Kastil Windsor pada April 2022. Meski demikian, undangan penobatan menjadi kehormatan yang langka. "Ini bersejarah, ini generasi," kata Yende.

pretty yende
Menjadi orang Afrika pertama yang tampil solo di penobatan Raja Inggris. (foto: Instagram @pretty_yende_official)

Jutaan orang dari seluruh dunia menyaksikan penobatan tersebut, tak terkecuali keluarga Yende di Mpumalanga, Afrika Selatan. "Saya memiliki perasaan senang dan gembira untuk perjalanan yang akan datang ini, sama seperti yang lainnya," katanya. "Saya sedang mempersiapkan dan sangat menantikannya," ujarnya


Saat penobatan berlangsung, Yende membawakan lagu Sacred Fire, sebuah karya baru oleh komposer klasik dan film Sarah Class yang dikatakan Istana Buckingham 'membangkitkan jembatan antara alam malaikat dan manusia'.(mro)

BACA JUGA:

Mahkota St. Edward, Mahkota Legendaris untuk Penobatan Raja Charles III

#Kerajaan Inggris #Raja Charles Iii
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan