Games

Model Terbaru PlayStation 5 Lebih Ringan dari Sebelumnya?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 25 Juli 2021
Model Terbaru PlayStation 5 Lebih Ringan dari Sebelumnya?
Seri terbaru lebih enteng dengan revisi pada bagian internal. (Foto: Sony)

SONY melakukan desain ulang konsol game unggulan mereka guna lebih mudah didapatkan oleh banyak orang. Perusahaan tersebut akan membuat model terbaru untuk PlayStation 5, yakni Digital Edition.

Jika menilik spesifikasi dari dokumen patennya, konsol terbaru ini akan lebih ringan bila dibandingkan dengan si pendahulu yang rilis di awal 2021.

Baca juga:

Sony Desain Ulang Bagian Internal PlayStation 5

Melansir laman IGN, Model PlayStation 5 Digital Edition yang baru saja dipatenkan akan memiliki berat yang lebih ringan hingga 300 gram. Model terbaru dengan nama CFI-1000B, memiliki total berat 3.6 kilogram.

Melihat dokumen paten yang ditulis dengan bahasa Jepang, besar kemungkinan PlayStation 5 model CFI-1100B ini akan diproduksi secara masal untuk pertama kali di Negeri Matahari terbit.

Model Terbaru PlayStation 5 Lebih Ringan dari Sebelumnya?
Lubang baut yang berbeda dengan PlayStation 5 versi pertama. (Foto: Sony)

Menelaah dokumen resmi Sony yang baru saja dipatenkan, CFI-1100B akan memiliki lubang baut untuk stand yang berbeda. Jika melihat mur yang ada pada stand di dokumen tersebut, nampaknya pengguna akan dimudahkan saat akan memasangnya, tanpa harus menggunakan alat bantu.

Baca juga:

PlayStation 5 Banyak Masalah, Penjualan Tetap Kalahkan Seri Pendahulu

Selebihnya, dimensi dan port yang ada pada model terbaru nampaknya akan sama dengan pendahulunya. Sony mungkin melakukan revisi besar-besaran pada bagian internal. Ada kemungkinan power supply, heatsink, dan beberapa lempengan pada bagian dalam yang dirubah, demi membuat anatomi dan suku cadang model PlayStation 5 terbaru.

Sony melakukan desain ulang untuk model terbaru kemungkinan besar demi membuat PlayStation 5 lebih mudah diproduksi. Sebagaimana permasalahan pada produksi semiconductor untuk bagian dalam konsol. Harga untuk part melambung sangat tinggi imbas pandemi dan oknum penambang cryptocurrency. Mei 2021 lalu, Serkan Toto telah membuat chipset semi-customized berukuran 6 nanometer yang akan hadir untuk PlayStation 5

Meski diganti menjadi 6 nanometer, Sony memastikan bahwa model terbaru PlayStation 5 akan memiliki performa yang sama dengan model yang pertama kali mereka garap. Bahkan tidak ada perubahan harga yang terjadi, sehingga para penggemar game akan mendapatkan konsol teranyar Sony. Tentunya lebih ramah kantong, bukan harga yang telah di-markup oleh penimbun. (dnz)

Baca juga:

Sony Sebut 41 Persen Pemilik PlayStation 5 Perempuan

#PlayStation #Game #Sony
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan