Pesona Sumatera Selatan

Model, Makanan Berbahan Pempek dan Berkuah Tekwan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 02 Agustus 2018
Model, Makanan Berbahan Pempek dan Berkuah Tekwan
Model sajian yang tak boleh dilewatkan. (Foto: Pixabay/dian_daud2)

PEMPEK atau empek-empek merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang sudah terkenal. Tapi tahukah kamu makanan tradisional sejenis pempek yang juga berasal dari Bumi Sriwijaya?

Jawabannya adalah model. Kata "model" diucapkan seperti pada kata "model" yang salah satunya berarti peragawan atau peragawati.

Model merupakan makanan yang dibuat dari bahan adonan ikan tenggiri, tepung sagu, dan telur. Bentuk model besar seperti jenis pempek kapal selam. Model seperti juga kemplang tunu yang dibuat dari adonan pempek, bedanya tunu bukan digoreng tapi dibakar.

Model khas Palembang. (Foto: Instagram/fitritjhen)
Model memakai kuah yang sama dengan tekwan. (Foto: Instagram/fitritjhen)

Makanan model berada di antara pempek dan tekwan yang juga makanan khas Sumsel. Model memiliki bahan pembuatan yang sama dengan pempek. Bedanya model diberi isian tahu cina. Ada juga yang menyebut makanan ini dengan nama pempek kuah atau pempek tahu.

Sementara dengan tekwan, model sama-sama menggunakan kuah dari udang. Maka kalau kamu ke Sumsel, bisa menemukan model di warung tekwan karena hanya membedakan bahan utamanya saja.

Kuah model dibuat dari dibuat dari udang yang direbus dengan campuran bumbu seperti bawang putih dan merah, jamur, dan seledri. Kaldu udang ini terasa gurih dengan aroma udang yang kuat.

Model khas Palembang. (Foto: Instagram/liebe_dyna)
Model berada di antara pempek dan tekwan. (Foto: Instagram@liebe_dyna)

Biasanya model disajikan dengan mentimun dan mie bihun seperti menikmati beberapa jenis soto. Namun, model tak banyak ditaruh sayuran.

Kalau melancong ke Sumatera Selatan, kuliner streetfood atau rumahan tekwan, pempek, atau model layak menjadi daftar utama perjalanan wisata kuliner kamu di Sumsel. Menikmati ketiganya di pinggiran Sungai Musi yang terkenal, tentu lebih nikmati lagi. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Durian Lovers, Jangan Sampai Enggak Tahu Lempok Kuliner Khas Sumsel

#Kuliner Sumatera Selatan #Kuliner Indonesia #Pesona Sumatera Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan