Mobil Klasik Inggris yang Berstatus Koleksi Triumph Spitfire 1967. (Foto: reezocar)

MOBIL asal negeri Ratu Elizabeth II memang kurang populer di kalangan penikmat otomotif khususnya di Indonesia. Tapi bagi penggila otomotif beberapa merk dan model menjadi buruan untuk dimasukan dalam koleksinya.

Merk dan model mobil-mobil ini memang seolah tak pernah didengar sebelumnya. Bahkan tahun produksinya kembali ke 50 tahun ke belakang, wajar saja bila tak ada dalam memori publik. Laman motor-junkie menuliskan, dengan sejarah yang melekat mobil-mobil Inggris ini memang masuk dalam status koleksi.

Baca Juga:

Jajaran Mobil Kece pada Tahun 90-an, Impian Banyak Orang hingga Kini

Triumph Spitfire

mobil
Triumph Spitfire yang agresif. (Foto: bringatrailer)


Mobil ini diproduksi di tahun 1960-an dan masuk dalam kelas sport roadster. Namanya, ‘Spitfire’, diambil dari pesawat terbang andalan Inggris dalam perang dunia II. Mengacu pada pesawat terbang itu tak mengherankan bila desainnya memiliki garis-garis yang sama. Menunjukan karakter desain yang agresif dan sporty dengan sisi yang rendah dan tajam di bagian depan. Performa mesinnya juga menggambarkan kecepatan dari pesawat terbang itu.

Mobil ini dirilis di tahun 1962 dengan mesin 1.1L empat silinder bertenaga hanya 63 dk. Pada tahun-tahun berikutnya mesinnya membesar menjadi 1.5L dengan kekuatan 71 dk termasuk kenaikan torsinya yang cukup signifikan. Dari 314 ribu unit yang diproduksi hampir semuanya diserap pasar Amerika.

Sunbeam Tiger

mobil
Mobil Inggris dengan mesin Ford. (Foto: hemmings)


Merk Sunbeam termasuk dalam jajaran mobil klasik di Inggris. Mobil ini memiliki pecintanya sendiri. Hadir dengan mesin 1.5L atau 1.7L empat silinder dengan model bernama Alpine. Model mobil ini terjual sekitar 60 ribu unit di zamannya. Sementara Sunbeam Tiger hadir dengan mesin buatan Ford V8 260 atau 289. Desainer mobil ini adalah Carroll Shelby sebelum dia membuat model mobil untuk Ford.

Triumph TR6

mobil
Memiliki teknologi yang lebih maju daripada mobil di eranya. (Foto: bringatrailer)


Kalau Spitfire dibuat oleh Triumph untuk penggemar roadseter, maka TR6 untuk mereka yang sangat menggilai angin kencang yang langsung menerjang wajah pengendaranya. TR6 boleh dikatakan di atas Spitfire yang dinilai kedodoran dengan berat bodynya. Mobil ini memiliki mesin 2.5L yang menghasilkan kekuatan 145 dk. TR6 adalah kelanjutan dari TR5 dan TR250 (hanya dijual di Amerika), yang memiliki kesamaan pada konstruksi, dimensi dan desain. Mobil ini dirilis di tahun 1968 dan sudah dilengkap dengan empat disc brake dan supensi independen. Mobil ini masuk dalam mobil roadster tercepat di tahun itu. Produksinya hanya sampai tahun 1976 dengan jumlah hanya 90 ribu unit.

Baca Juga:

Anak Mobil Harus Tahu Bedanya Sportcar, Supercar dan Hypercar

Ariel Atom V8

mobil
Mobil yang jadi buruan penggila otomotif. (Foto: pinterest)

Bisa jadi pecinta mobil di tanah air asing dengan mobil ini. Namun mobil ini masih menjadi buruan penggila otomotif di sana. Basik mobil ini tadinya adalah go-kart dengan tambahan spoiler dan ruang untuk dua orang. Juga tanpa bagasi, tanpa panel body dan tanpa fender. Yang terlihat hanyalah sasis dengan mesin V8 di belakangnya menghasilkan kekuatan 500 dk.

Jensen Interceptor FF

mobil
Kencang dan nyaman. (Foto: autoexpress)


Merupakan mobil Gran Turismo satu-satunya yang pernah dibangun oleh Inggris. Mobil ini digarap oleh tangan Italia, Vignale dan memberikan kenyamanan yang berbeda dengan mobil Inggris lainnya. Mesin V8 yang digunakan adalah Chrysler 383 atau 440, kencang namun tetap nyaman. Mobil ini kerap terlihat di akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Singkatan FF adalah Ferguson Formula yang memang memasukan teknologi terbaru pada saat itu. Seperti all wheel drive dan ABS brakes. Sayangnya biaya produksinya yang mahal mempengaruhi produksinya. Mobil ini hanya diproduksi sekitar 320 unit saja. Tapi jenis reguler yang diproduksi sampai tahun 1976, mencapai 6400 unit yang kebanyakan berada di Amerika. (psr)

Baca Juga:

Inilah 5 Mobil Keren untuk Tampil Eksis Maksimal di Instagram

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH