Anak Mobil Harus Tahu Bedanya Sportcar, Supercar dan Hypercar Sportcar, Supercar, dan Hypercar merupakan jenis mobil yang berbeda. (Foto: Autocar India)

BANYAK mobil diproduksi dengan berbagai karakteristiknya. Mulai dari yang dirancang untuk aktivitas sehari-hari sampai mobil khusus untuk kecepatan atau balapan. Beberapa istilah yang mungkin sering kamu dengar adalah sportcar, supercar, dan hypercar. Ketiga jenis mobil ini menggambarkan mobil yang mahal dan cocok untuk bergaya.

Tak hanya dari desin mobil, untuk membedakan sportcar, supercar, dan hypercar. Perbedaannya dapat dilihat dari kecepatan, kekuatan mesin, teknologi yang dipakai, hingga jumlah yang diproduksi. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut perbedaan ketiga istilah jenis mobil tersebut.


Baca Juga:

Jajaran Mobil Kece pada Tahun 90-an, Impian Banyak Orang hingga Kini

Sportcar

mobil
BMW Z4 merupakan salah satu jenis mobil sportcar. (Foto: BMW of Ridgefield)

Dinamakan sportcar karena jenis mobil yang satu ini memiliki tampilan yang paling sporty. Mobil ini juga termasuk kategori paling rendah, namun performanya di atas rata-rata mobil pada umumnya. Kecepatan mobil ini tidak lebih dari 350 KM/jam. Salah satu yang identik dari mobil ini dirancang dengan dua pintu konfigurasi dua hingga empat tempat duduk di dalamnya.

Tipe mobil ini juga banyak diminati karena harganya yang termasuk murah, mulai dari Rp1 miliar. Sportcar juga masih memiliki rupa yang normal dan dapat tersamarkan jika berada di kemacetan kota. Oleh karenanya, sportcar masih cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensinnya yang terbilang cukup boros. Mobil yang tergolong sportcar antara lain seperti Porsche 911 Carrera, BMW Z4 atau Toyota GT86.

Supercar

mobil
Supercar memiliki desain bodi yang lebar dan besar. (Foto: The Straits Time)


Sesuai dengan namanya, tipe mobil ini dirancang dengan performa super. Baik dari teknologi yang digunakan, mesin, desain bodi, hingga harganya yang fantastis. Tampilan bodi mobil ini pun terbilang tidak biasa karena dirancang berukuran lebar, besar, dan memiliki ground clearance yang rendah. Supercar memiliki tenaga mesin yang luar biasa, 500 hingga 700 HP. Hanya butuh waktu 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 KM. Saat dikemudikan di jalan raya, mobil ini akan menarik perhatian karena suara mesin dan desainnya.

Supercar hanya diproduksi secara terbatas guna menjaga eksklusivitasnya. Para pemesan juga bisa memilih desain interior dan eskterior sesuai dengan selera. Mobil ini kurang cocok untuk digunakan ketika beraktivitas seharian karena kecepatannya yang luar biasa dan perlu keahlian tersendiri. Beberapa jenis supercar diantaranya Dodge Viper, McLaren 720S atau Porsche 911 Turbo.


Hypercar

mobil
Hypercar adalah jenis mobil paling tinggi dibandingkan sportcar dan supercar. (Foto: Fine Art America)

Hypercar adalah jenis mobil tertinggi dan mengerikan diantara sportcar dan supercar. Rata-rata kecepatan mobil ini adalah 400 KM/jam dan menggunakan tenaga mesin 700 HP sampai 1.500 HP. Dibutuhkan nyali dan siap menanggung risiko ketika mencapai kecepatan tersebut. Mengemudi dengan kecepatan 120 KM/jam saja sudah ketar ketir, bagaimana dengan hypercar yang 3,5 kali lipatnya?

Hypercar memiliki desain bodi yang futuristik dengan banyak lekukan, yang dapat menarik perhatian banyak orang. Produksinya pun sangat terbatas dan harganya yang sangat mahal. Contohnya, Bugatti Chiron seharga Rp40 miliar yang hanya diproduksi 500 unit di dunia. Jenis mobil ini juga tidak cocok untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Selain kecepatannya yang sangat tinggi, tidak tega rasanya jika melihat lecetan atau kotoran yang menempel pada bodi mobil ini. Sebaiknya disimpan di garasi saja, ya. Tipe mobil yang termasuk hypercar antara lain McLaren P1, Aston Martin Valkyrie dan Koenigsegg Agera R. (And)

Baca Juga:

Ini Arti Facelift, New dan All New pada Mobil Kamu


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH