Resmi Dirilis, Sony A7S Mark III Mampu Rekam Video Hingga 4K 120 FPS Dapat merekam video 4K 120 fps. (Foto: YouTube/Sony Camera Channel)

PENANTIAN panjang akhirnya berakhir. Setelah dirumorkan beberapa waktu lalu, Sony resmi merilis kamera mirrorless terbarunya, Alpha 7S Mark III. Kamera ini merupakan penerus dari Alpha 7S Mark II yang dirilis lima tahun sebelumnya.

Hadir dengan banyak fitur unggulan, arsitektur sistem Alpha 7S III dirancang ulang untuk memberikan hasil video dan foto yang luar biasa. Pernyataan ini diunggah oleh Sony melalui akun Instagramnya pada 28 Juli 2020.

Baca juga:

Canon EOS R5, Kamera Mirrorless dengan Resolusi Hingga 8K

Dalam unggahan tersebut, Sony menampilkan penampakan A7S III beserta beberapa hasil jepretan fotonya. Video perkenalan A7S III pun berhasil membuat pencinta fotografi dan videografi untuk merogoh kocek.

View this post on Instagram

ANNOUNCEMENT: Introducing the all-new #SonyAlpha a7S III – this long-awaited addition to the Alpha 7S line features a host of impressive video recording capabilities including 4K 120p and 10-bit 4:2:2 color depth, a brand new 12.1MP back-illuminated full-frame image sensor with ultra-high sensitivity and 15+ stop wide dynamic range, a new heat-dissipating mechanism enabling over one-hour of 4K 60p movie shooting, dual slot relay recording, a new and improved autofocus system and menu system with touch screen interface, side flip LCD screen and so much more. Be sure to visit our link in bio to learn more! (First image courtesy of @timbuz) #BeAlpha • • “We are always listening to our customers’ feedback, pushing hard to deliver innovation that goes far beyond their expectations. There is no better example than this new camera. Combining classic S series sensitivity with a feature set, performance level and user experience that is simply unmatched in the market today — at any price level — the Alpha 7S III opens up a new world of possibilities for today’s creators.” - Neal Manowitz, Deputy President for Imaging Products and Solutions Americas at Sony Electronics

A post shared by Sony | Alpha (@sonyalpha) on

“Kami selalu mendengarkan umpan balik pelanggan kami, berusaha keras untuk memberikan inovasi yang jauh melampaui harapan mereka. Tidak ada contoh yang lebih baik dari kamera ini. Alpha 7S III membuka dunia baru bagi para pencipta saat ini,” kata Neal Manowitz, Wakil Presiden Imaging Products and Solutions Sony Electronics.

Sony A7S III menggunakan sensor gambar 35mm CMOS Exmor R full-frame baru dengan 12.1 MP. Kamera mirrorless ini juga menggunakan teknologi yang mampu memastikan sensitivitas tinggi.

Baca juga:

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

Dengan noise rendah dan memungkinkan pengguna untuk memtoret dalam situasi cahaya rendah tanpa perlu pengaturan pencahayaan skala besar. Tidak kalah dengan pendahulunya, A7S Mark III mampu video dengan tingkat ISO hingga 409.600.

Kamera ini juga mampu merekam video 4K 120 fps dengan video HLD HDR 10-bit 4:2:2 di kamera, video RAW 16-bit ke perekam eksternal, dan memiliki dynamice range lebih dari 15 stop.

Tidak lupa, A7S III juga dilengkapi dengan fitur sistem stabilisasi gambar yang dapat mengoreksi guncangan hingga 5,5 stop. Kamera ini juga mampu memanjakan mata karena dapat merekam 240 fps di resolusi 1080p.

Selain meningkatkan kualitas gambar, sensor gambar baru ini mencakup sistem deteksi auto fokus untuk pertama kalinya dalam kamera S-series. Mengutip laman The Verge, A7S III memiliki 759 titik autofokus sehingga dapat menampilkan auto fokus secara real time dan pelacakan di semua mode, diam maupun video.

Resmi Dirilis, Sony A7S Mark III Bisa Rekam Video Hingga 4K 120 FPS
Layarnya dapat diputar ke segala arah. (Foto: The Verge)

Pengalaman color grading menjadi semakin menarik karena A7S III mencakup S-Gamut, S-Gamut 3, dan S-Gamut3.Cine. mengutip GSM Arena, kamera ini juga mendapat dukungan format XAVC HS dengan codec H.265 yang lebih efisien.

Uniknya, A7S III menjadi kameran pertama di jajaran mirrorless full frame Sony yang mengunsung layar sentuh tiga inci dengan engsel yang bisa diputar ke segala arah.

Di bagian penyimpanan, Sony menyertakan dua slot kartu memori sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan storage.

Jika kamu berminat, Sony mulai memasarkan A7S III pada September mendatang dengan harga sekitar USD 3.500 atau sekitar Rp51,2 juta untuk body only. (and)

Baca juga:

SL2, Kamera Mirrorless Fullframe Leica dengan Resolusi 47 Megapixel



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH