Otomotif

Menilik ID.5 GTX Xcite, Mobil Karya Staf Magang Volkswagen

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 15 September 2022
Menilik ID.5 GTX Xcite, Mobil Karya Staf Magang Volkswagen
Diciptakan oleh 14 staf magang VW. (Foto: Volkswagen)

VOLKSWAGEN kerap memperkenalkan produk model one-off (hanya dibuat satu unit) yang diciptakan oleh para staf magang, tetapi kebanyakan dibuat dari basis Golf GTI dan hot hatchback R. Proyek terbaru mereka kali ini secara substansial berbeda karena kategorinya adalah SUV dengan penggerak listrik, yakni ID.5, seperti diungkapkan Motor1, Rabu (14/9).

Mobil itu masih memiliki sentuhan sporty yang berakar dari varian GTX, memompa hampir 300 daya kuda dengan penggerak semua roda yang dihasilkan oleh sepasang motor listrik. Dikenal sebagai ID.5 Xcite, mobil unik itu mengikuti ID. Xtreme yang diluncurkan pekan lalu sebagai kendaraan off-road berbasis GTX.

Baca juga:

Volkswagen Akhirnya Siap Luncurkan ID Buzz

Velgnya didesain sedemikian rupa. (Foto: Volkswagen)

Melihat ke belakang, pada tahun lalu, VW juga menghadirkan ID.X sebagai versi sporty dari ID.3, yang diharapkan terwujud pada masa mendatang. Kembali ke XCite, proyek itu dikembangkan selama satu tahun oleh 14 staf magang. Mereka mengecatnya secara khusus menggunakan jenis finishing matte dan gloss yang dipinjam dari VW dan Lamborghini.

ID.5 GTX yang unik tersebut menggunakan velg forged 22 inci yang baru dikembangkan dengan jari-jari berlapis bubuk. Ubahan tambahan termasuk kusen pintu yang lebih lebar, ruang kemudi yang dimodifikasi, juga spatbor yang berbeda baik depan maupun belakang.

Model itu juga telah dirancang lebih dekat ke aspal. Konsumen dapat melihat logo VW-nya dihitamkan untuk melengkapi aksen gelap lainnya pada bodi. Pada bagian dalam, kombinasi Alcantara dan kulit vegan digunakan untuk mempercantik kabin yang dilengkapi sound system upgrade dengan daya 2.000 watt dan tidak kurang dari 10 amplifier.

Baca juga:

Volkswagen Indonesia Hadirkan Program VW Flash Ramadhan Sale

Lengkap dengan sistem audio nan meriah dan skateboard. (Foto: Volkswagen)

Bahkan setelah memarkir kendaraan, kamu dapat menggunakan skateboard listrik yang terpasang pada bagasi untuk meluncur ke tempat tujuan. VW mempresentasikan ID.5 Xcite pada "ID. Meet" di Swiss, sebuah event yang diselenggarakan secara tertutup untuk membahas semua hal mengenai kendaraan listrik.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak 2021, saat showcar pertamanya adalah ID.3. Setiap tahun, sejak 2014, kecuali 2020 akibat pandemi Covid-19, para staf magang dari tiga lokasi di Saxony memodifikasi mobil yang diproduksi di Zwickau. (waf)

Baca juga:

Volkswagen ID.3 GTX Bakal Meluncur pada 2023

#Volkswagen #Modifikasi Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan