Menikmati Wisata di Desa Wisata Kopi Cibeureum Kuningan Desa Wisata Kopi Cibereum. (foto: MP/Mauritz)

PENCINTA kopi kini punya satu lagi destinasi icip kopi. Desa Wisata Kopi Cibeureum di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tepatnya. Selain punya pemandangan alam desa dan Gunung Ciremai sebagai ikon, desa ini menawarkan pengalaman belajar proses pembuatan kopi.

Di sana, kamu bisa melihat proses panen kopi, pengolahan, sangrai, hingga pengolahan biji kopi menjadi minuman hangat. Tak ketinggalan, kamu bisa mencicip kopi Cibeureum yang punya cita rasa khas dan nikmat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: Gedung BAT Cirebon, Saksi Bisu Kejayaan Tembakau di Cirebon

Desa Cibeureum yang terletak di kaki Gunung Ciremai memang memiliki potensi wisata edukasi yang menjanjikan. Bank Indonesia melihat potensi besar tersebut. Oleh karena itu, ketika datang ke desa itu pada 2018, mereka langsung membina dan mengembangkan Desa Cibeureum menjadi desa wisata dan edukasi.

Menurut Kuwu (Kepala Desa) Cibeureum, Suheri, desanya sudah lama memproduksi biji kopi. Kopi-kopi tersebut dibuka ke wilayah-wilayah sekitar Kuningan untuk dijadikan bahan baku kopi seduhan. Namun, begitu Bank Indonesia datang, desa itu langsung disulap menjadi desa wisata.

desa wisata kopi cibereum
Rumah warna-warni di Desa Wisata Kopi Cibeureum. (foto: MP/Mauritz)

Masyarakat di Desa Cibeureum sangat mengapresiasi langkah itu. Hal tersebut dibuktikan dengan kesediaan masyarakat untuk dibina hingga bisa menghasilkan kopi berkualitas. Selain itu, dilakukan juga pentaan Situ Sanghiang Kendit. Rumah-rumah pun dicat warna-warni. Membuat desa ini makin menarik. "Sejak kedatangan Bank Indonesia, kami langsung menjadikan desa ini sebagai desa wisata dan edukasi," jelas Suheri saat ditemui Merahputih.com, Selasa (10/12).

desa wisata kopi cibereum
Pastikan membeli oleh-oleh berbahan baku kopi. (foto: MP/Mauritz)

Pengunjung bisa memilih beberapa paket wisata ketika datang di desa ini. Semuanya dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil menikmati sajian kopi khas Desa Cibeureum. Saat akan pulang, jangan lewatkan membeli oleh-oleh olahan kopi di desa ini, seperti kerupuk berbahan kopi, snack, kopi bubuk, hingga biji kopi. "Di desa ini juga ada habitat monyet ekor panjang," pungkasnya.(*)

Artikel ini merupakan laporan kontributor Merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya, Mauritz.

Kredit : mauritz


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH