Menikmati Alam Sukabumi dari Objek Wisata Karang Para Destinasi wisata anyar di Sukabumi. (Foto: instagram@fauzirahmat18)

PERBUKITAN berbaris dan alam nan asri menjadikan Sukabumi sebagai destinasi favorit bagi para pelancong, khususnya mereka mencintai alam. Banyak spot dan trek mantap untuk menikmati keindahan alam di sini. Sebut saja, Karang Para. Lokasinya terletak di kampung Padaraang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Letaknya yang tak jauh dari pusat kota membuat tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi. Mereka yang datang ke sini beragam, mulai warga sekitar hingga warga ibu kota Jakarta sekali pun. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang masih muda.

1. Perbukitan berbatu dan sabana nan elok menjadi daya tarik Karang Para

Karang Para sunset
Sunset di Karang Para. (Foto: instagram@adenart_07)

Batu besar yang menjadi pucuk bukit adalah ikon utama dari destinasi wisata ini. Tempat ini sangat menarik untuk dijadikan spot berswafoto. Berdiri di atas batu di puncak bukit dengan latar belakang sawah dan alam nan permai akan sangat mengasikkan bukan?

Tapi jangan khawatir, Karang Para tak sekedar bukit berbatu saja. Di sini juga ada sabana yang indah. Kamu bisa melepas penat sejenak dengan menghirup udara segar nan sehat. Jika sudah merasa cukup dengan suasana sabana, kamu bisa kembali berfoto di spot lainnya, yakni jembatan dengan bentuk hati.

2. Lokasi yang strategis bagi para pencinta alam

Lokas di jembatan hati Karang Para. (Instagram/@dini_hdt09)
Lokas di jembatan hati Karang Para. (Foto: instagram@dini_hdt09)

Seperti yang telah disinggung di atas, lokasi objek wisata Karang Para ini tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika kamu sedang berada di pusat kota Sukabumi, jaraknya hanya sekitar 10 Km. Karang Para masuk dalam wilayah adminsitrasi Sirnaresmi, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi Karang Para sangat strategis, karena banyak berdekatan dengan destinasi wisata lainnya di Sukabumi. Jadi, bagi kamu yang masih ingin menikmati pemandangan alam lainnya bisa berpindah ke objek wisata, seperti Bukit Karang Numpang dan Gunung Sunda.

3. Wisatawan dari Jakarta sudah bisa menuju Karang Para melalui tol Bocimi

tol bocimi gate cigombong 1
Gate Cigombong 1 mempercepat waktu tempuh dari Jakarta. (Foto: instagram@waskita_tollroad)

Tol Bocimi yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari Sabtu lalu (01/12) membuat waktu tempuh menuju Sukabumi menjadi jauh lebih cepat. Pengendara dari Jakarta dapat melewati tol Jagorawi menuju tol Bocimi yang berakhir di pintu gerbang Cigombong 1. Biasanya dari pintu keluar Ciawi menuju Cigombong ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sementara dengan menggunakan tol ini hanya butuh waktu 10-15 menit. Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tarif tol yang dikenakan adalah Rp1.000/kilometer.

4. Sebagai lokasi wisata Karang Para sudah menyiapkan fasilitas umum yang memadai

Puncak Karang Para Sukabumi
Puncak Karang Para Sukabumi. (Foto: instagram@hits.sukabumi)

Untuk menikmati semua keindahan di atas, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 2000 saja. Sangat terjangkau. Harga ini sangat cocok bagi kamu yang butuh liburan tapi bujet minim. Lokasi ini juga sangat cocok untuk kumpul bersama teman-teman di akhir pekan.

Meski berada di atas bukit, destinasi wisata Karang Para sudah menyediakan toilet umum, tempat ibadah dan beberapa warung untuk jajan. Jadi kamu tak usah khawatir jika rasa lapar datang. (zaim)

Baca Juga: Air Terjun Kedabuhan, Wisata Cantik di Aceh Singkil

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH