Air Terjun Kedabuhan, Wisata Cantik di Aceh Singkil Air Terjun Kedabuhan di Aceh. (Foto/freakpals.wordpress.com)

DI Subulussalam, Aceh, terdapat satu destinasi wisata alam nan cantik. Air Terjun Kedabuhan namanya. Objek wisata yang berada di daerah pemekaran Aceh Singkil ini memiliki debit air yang besar, sehingga para turis yang berdatangan selalu terkesima dibuatnya.

Layaknya ait terjun pada umumnya, di Kedabuhan kamu juga bisa berendam sembari menikmati alam nan cantik. Namun, disarankan untuk tidak berenang tepat di bawah air terjun. Debit air yang besar dan lekukan yang dalam sangat berbahaya bagi keselamatan diri. Cukup berendam di pinggir.

1. Air Terjun Kedabuhan cocok bagi kamu yang suka olahraga ekstrem

Berarum jeram di air terjun Kedabuhan. (Foto/jalanwisata.id)
Berarung jeram di air terjun Kedabuhan. (Foto/jalanwisata.id)

Sungai yang menyambut air terjun dengan debit besar ini sangat deras dan terjal. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat arung jeram. Bagi kamu yang suka melancong dan memiliki kesukaan terhadap olahraga ekstream, alangkah baiknya datang ke sini.

Tak hanya arum jeram, mengingat lokasinya yang lumayan jauh dari keramaian. Air Terjun Kedabuhan juga bisa dilaksanakan kegiatan seperti trekking. Jadi bagi pencinta trekking berkunjunglah ke sini.

2. Jalan menuju air terjun nan cantik menjadi daya tarik tersendiri

Air terjun Kedabuhan. (Instagram/@jelajahsumut)
Air Terjun Kedabuhan. (Instagram/@jelajahsumut)

Jarak lokasi air terjun Kedabuhan sekitar 15 km dari Subulussalam. Treknya dapat di tempuh kendaraan roda empat selama 30 menit perjalanan. Jika kamu datang dari arah Subulussalam menuju Medan, lokasinya terletak di sebelah kanan jalan. Parkirkan kendaraan kamu di sana.

Untuk mencapai lokasi kamu harus berjalan kaki dengan menuruni 337 anak tangga yang terbuat dari semen. Tangga yang berjejer terlihat sangat cantik. Lumayan untuk dijadikan pemandangan pelepas penat perjalanan.

3. Menikamati Air Terjun Kedabuhan dengan berswafoto

Berselvi di air terjun
Air terjun Kedabuhan. (Instagram/@jelajahsumut)

Berswafoto atau selfie di lokasi wisata seolah menjadi hal yang wajib bagi turis saat ini. Nah, di lokasi ini anda juga bisa melakukannya. Latar belakang air terjun besar sangat bagus untuk diabadikan dalam sebuah potret.

Bosan dengan latar belakang air terjun, kamu juga bisa beralih ke foto sedang berarum jeram. Bagi yang suka memancing, lokasi ini bisa dijadikan sebagai penyalur hobi sembari liburan. (*)

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH