Wibu, Tongkrongan ala Jepang di Negeri Aing Cosplayer Indonesia. (Foto Instagram/CosplayJakarta)

SUDAH pernah dengar istilah wibu? Anak milennial dan gen Z akrab banget dengan istilah ini. Seperti dilansir The Japanese Way, istilah wibu atau weeaboo mengacu kepada obsesi yang berlebihan terhadap budaya Jepang. Para wibu cenderung menikmati beberapa aspek dari kebudayaan Jepang seperti anime dan manga.

Dengan obsesi yang sedemikian rupa, para wibu kerap dicap negatif. Pandangan negatif itu, menurut Oh No Manga, disebabkan obsesi berlebih terhadap kultur Jepang sampai pada taraf bisa menimbulkan ketidaknyamanan untuk orang lain. Para wibu juga dianggap tidak menyadari sebarapa besar effort mereka untuk menyerupai orang Jepang.

Kenyataannya nih, passion dan kecintaan yang besar terhadap sesuatu hal tidaklah salah jika tidak menganggu orang lain atau merendahkan golongan lain. Tongkrongan wibu pun tidak melulu buruk. Beberapa aktivitas yang sering dilakukan para wibu banyak mengandung pengaruh positif, salah satunya ialah solidaritas yang tinggi antarsesama wibu.

Baca juga:

Tidak Ada Pandemi di Shanghai Fashion Week

Seperti ungkapan yang sering kita dengar, kita cenderung takut atau memandang rendah kepada hal yang enggak kita mengerti. Untuk tongkrongan wibu, ungkapan itu benar adanya. Enggak sedikit sih orang yang kelliru menilai mereka. Banyak yang melihat para wibu sebagai komunitas 'aneh' nan eksklusif. Padahal nih, dalam hal bersosialisasi, wibu memiliki solidaritas yang kuat antarmereka.

Meski demikian, tak bisa dimungkiri bahwa salah satu hal yang membuat para wibu mengalami kesulitan dalam bersosialisasi ialah kecintaan mereka pada dunia gaming dan manga. Terlebih lagi tampilan mereka kayak susah didekati. Kacamata selalu terpasang, jarang mengemukakan pendapatnya alias pendiam, eh sekalinya ngomong, yang keluar obrolan manga atau gim. Jadi masuk akal sih kalau orang-orang sering menganggap wibu sebagai nerd atau si kutu buku. Nah, buat orang yang enggak paham, golongan wibu otomatis jadi sasaran karena dianggap aneh dan cupu.

Stigma kemudian muncul dari mereka yang sebenarnya enggak paham-paham banget dengan gaya para wibu. Sayang banget sih. Akibatny, para wibu merasa bisa lebih terbuka dan merasa diterima satu sama lain. Komunitas wibu membuat mereka menemukan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama sehingga menciptakan hubungan pertemanan yang kuat. Apalagi didukung event-event khusus yang bisa mempertemukan mereka dan memungkinkan mereka untuk bersenang-senang bersama.

Selain solidaritas sesama yang kuat, tak sedikit nih wibu yang punya kemampuan oke dalam bidang teknologi. Biasanya, para wibu memiliki pengetahuan yang lebih luas soal teknologi. Itu mungkin karena mereka becermin dari masyarakat Jepang yang memang lebih melek soal teknologi.

Baca juga:

Vans Sumbangkan 320 Komputer untuk Pelajar di Los Angeles

Para wibu yang akrab dengan teknologi komputasi membuat mereka biasanya lebih pandai dalam bermain game. Kamu pun pasti sering melihat di Timezone atau Amazon mereka yang memiliki passion yang tinggi di bidang dunia virtual game, anime dan manga biasanya sangat tangkas dalam bermain game.

Keahlian main gim ini ternyata enggak cuma untuk senang-senang loh. Ternyata nih, ketangkasan dalam bermain gim meningkatkan kinerja otak. Seperti dilansir Science Daily, para ilmuwan telah mengumpulkan dan meringkas penelitian bahwa video game mampu membentuk otak dan perilaku pemainnya. Penelitian yang dilakukan pada 2017 silam itu menunjukkan bermain video game mampu meningkatkan efisiensi wilayah otak yang bertugas mengatur atensi dan kemampuan visuospatial.

Beberapa permainan bahkan memungkinkan pemain untuk bisa berkomunikasi antartim dengan baik dan memikirkan strategi untuk memenangi permainan.

Hal lain yang bikin wibu ini menarik dan stand out dari yang lain ialah gaya fesyen mereka. Mereka ini suka banget berdandan ala karakter gim atau komik. Ya, mereka jagonya cosplay. Dilansi BBC, cosplay direferensikan sebagai kegiatan berpenampilan menyerupai karakter dari video game atau komik. Penulis dan ahli budaya Lauren Orsini mengatakan kepada BBC bahwa 'cosplayer tidak hanya berpenampilan menyerupai karakter, tetapi mereka juga berusaha untuk menjadi karakter tersebut'.

Walau aktivitas cosplay berasal dari Amerika Serikat, kata cosplay sebenarnya berasal dari masyarakat Jepang. Kegiatan cosplay yang akrab dilakukan komunitas wibu menjadi pembuktian akan kreativitas mereka. Berbekal kreativitas, mereka bisa mengubah hobi cosplay jadi duit.

Lauren menjelaskan menjadi cosplayer profesional juga bisa menghasilkan banyak uang dan meraih popularitas. Para cosplayer profesional bisa diundang ke berbagai event, memungkinkan mereka untuk menciptakan lini fesyen sendiri, atau mengajari orang lain untuk membuat props mereka sendiri. Wah, keren kan ternyata nongkrongnya para wibu ini. (SHN)

Baca juga:

Kotak Pos Pokemon Slowpoke Hadir di Jepang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jun Ji-hyun dan Song Hye-kyo Jadi Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Korea
ShowBiz
Jun Ji-hyun dan Song Hye-kyo Jadi Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Korea

Jun Ji-hyun dan Song Hye-kyo mendapatkan lebih dari Rp 38,4 miliar pada satu musim drama.

Konami Akhirnya Memperbaiki eFootball 2022
Fun
Konami Akhirnya Memperbaiki eFootball 2022

Kabar ini tentunya sangat disambut baik oleh gamer khususnya para penggemar setia dari seri gim Pro Evolution Soccer (PES).

Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store
Fun
Cyberpunk 2077 akan Kembali ke PlayStation Store

Developer mengatakan bahwa banyak perbaikan dalam game ini.

Batiksoul Guitar, Damainya Bermusik Sambil Mencintai Budaya Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Batiksoul Guitar, Damainya Bermusik Sambil Mencintai Budaya Indonesia

Produk Batiksoul Guitar sudah dipasarkan ke 20 negara.

Tesla Tarik 578.607 Kendaraan Produksinya
Fun
Tesla Tarik 578.607 Kendaraan Produksinya

Dalam kurun waktu empat bulan terakhir, Tesla telah mengeluarkan 10 kali penarikan.

Ide Nambah Cuan di Masa Pandemi
Fun
Ide Nambah Cuan di Masa Pandemi

Pandemi tidak menjadi penghalang mendapatkan cuan.

Daftar Gim 'Xbox Game Pass' Mei 2022
Fun
Daftar Gim 'Xbox Game Pass' Mei 2022

Gelombang pertama gim yang akan hadir di Xbox Game Pass Mei 2022.

Netflix akan Lebarkan Sayap ke Industri Gaming?
Fun
Netflix akan Lebarkan Sayap ke Industri Gaming?

Netflix tak hanya sekadar berkecimpung di pasar streaming video, melainkan akan melebarkan sayapnya ke industri game

Kabar Baik, iPhone 6s Masih Dapat Dukungan iOS 15
Fun
Kabar Baik, iPhone 6s Masih Dapat Dukungan iOS 15

Satu-satunya perangkat tertua Apple yang mendapat dukungan iOS 15.

Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming
Fun
Cara Cerdas Mencegah Anak Menonton Film Dewasa di Layanan Streaming

Kenali langkah-langkah cerdas untuk mencegah anak-anak menonton film yang tidak sesuai dengan usianya.