Mengenal Tik Tok, Aplikasi yang Tak Penah Dipakai Penciptanya Tik Tok

FENOMENA artis Tik Tok memang sedang ramai diperbincangkan warganet. Di media sosial terutama Instagram kamu akan mudah melihat para pemuda yang melakukan gaya-gaya aneh di aplikasi tersebut.

Sayangnya, banyak yang menggunakan Tik Tok dengan tidak bijak. Hingga akhirnya pemerintah melakui Kemenkominfo sempat memblokir aplikasi ini karena dianggap banyak membuat pelanggaran. Walaupun kemudian kebijakan itu dicabut lagi dengan beberapa syarat.

Sebenarnya apasih aplikasi Tik Tok itu? Siapa yang membuatnya? Dan kenapa Tik Tok sangat populer?

Berdasarkan keterangan di Google Play Store, Tik Tok merupakan sebuah platform sosial video pendek yang didukung suara musik. Dengan aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah membuat video unik dan membagikannya ke seluruh orang melalui media sosial. Tik Tok memang disegmentasikan untuk para generasi millenial.

Zhang Yiming yang membuat Tik Tok (Sumber: scmp.com)
Zhang Yiming yang membuat Tik Tok (Sumber: scmp.com)

Sejak pertama kali muncul pada pertengahan tahun 2017, aplikasi ini sangat digandrungi oleh kalangan anak muda. Bahkan beberapa artis K-Pop juga sempat-ikut-ikutan menggunakan aplikasi ini seperti iKon, BlackPink dan Jo Kwon.

Aplikasi Tik Tok diprakarsai oleh pemuda asal Tiongkok, Zhang Yiming melalui perusahaan induk ByteDance.

Sebelumnya ia telah membuat beberapa aplikasi. Contohnya aplikasi berita yang populer di negara Tiongkok yakni Tautiao. Tik Tok membutuhkan waktu selama 200 hari dan hanya ditangani oleh delapan orang dalam pembuatannya.

Fitur Tik Tok (Sumber: qz.com)
Fitur Tik Tok (Sumber: qz.com)

Namun, dari semuanya itu ada hal yang menarik dari aplikasi Tik Tok. Seperti dilansir dari Technode, meski Tik Tok sangat populer, Yiming mengaku tak pernah menggunakan aplikasi ini selama hidupnya.

Yiming sendiri merupakan pria lulusan software engineer dari Universitas Nankai. Karena kesuksesannya, Yiming masuk ke daftar 30 orang terkaya dengan umur di bawah 30 tahun versi Forbes di tahun 2013.

Saat ini aplikasi Tik Tok paling banyak diunduh di AppStore dan Google Play Store. Dilansir dari Bussines Insider, Tik Tok telah diunduh sebanyak 45,8 juta di seluruh dunia.

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Blokir Aplikasi Tik Tok Dicabut, Batas Usia Pengguna Naik Jadi 16 Tahun


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH