Mengenal Sup Biru, si Lezat Unik dan Instagramable Sup Biru yang sangat instagramable dan fenomenal (Foto: facebook kipposhi restaurant)

SUP dengan kuah bening seperti soto ataupun kuah berwarna kuning seperti halnya kari mungkin sudah biasa. Namun, apakah kamu pernah melihat hidangan sup dengan kuah berwarna biru?

Kipposhi, sebuah restoran di Tokyo, Jepang, tengah populer akibat foto-foto sup ramen biru terangnya mulai menyebar di platform media sosial seperti Instagram. Demikian dilansir laman Odditycentral.

1. Populer karena sangat Instagramable

Viral lantaran sangat unik dan Instagramable. (Foto: instagram @asaly_iggy)

Sup berwarna biru mungkin terdengar tak menggugah selera. Namun, itu tak menghentikan masyarakat untuk berbondong-bondong menuju restoran Kipposhi. Sebuah restoran ramen yang terletak di jantung Kota Tokyo.
Hal itu demi memenuhi hasrat mereka untuk mencoba sup ayam biru yang terkenal itu. Tak hanya itu, mereka juga ingin mengambil foto untuk diunggah ke media sosial.

Sup biru itu memang jadi viral setelah pemiliki restoran Kipposhi, MR Kozuimi, mengunggah foto sup itu ke media sosial. Akibatnya, restorannya pun ramai dikunjungi.

2. Terinspirasi dari Laut Hawaii

Terinspirasi dari birunya laut Hawaii.(Foto: pixabay/chopie80)

Majalah Matcha melaporkan jika sup biru yang menjadi viral itu terinspirasi dari laut Hawaii yang indah. Namun, keindahan laut biru jernih di mangkuk sup merupakan sesuatu yang tampak menakutkan jika dibayangkan. Seperti kebanyakan master ramen lainnya, Kozuimi menggunakan kaldu ayam untuk supnya. Namun, ia menggunakan teknik kuno Tiongkok untuk memastikan menghasilkan kuah sup yang bening.

Teknik yang disebut Chintan dilakukan dengan cara merebus kaldu dengan daging cincang yang menyerap partikel dan tak akan membuat sup menjadi keruh.

Sementara itu, untuk warna birunya, Kozuimi enggan berbagi. Baginya, hal itu merupakan rahasia yang dijaga ketat oleh pemilik restoran. Ia bahkan berencana untuk seterusnya menjaga rahasia itu. Meskipun demikian, Kozuimi meyakinkan semua orang bahwa ramen biru itu dibuat dengan bahan-bahan alami.

3. Banyak spekulasi tentang sumber warna biru pada sup

Banyak spekulasi tentang sumber warna biru pada sup tersebut.(Foto: instagram @yudotistravel)

Karena bahan pembuat sup biru sangat rahasia, banyak orang yang berspekulasi jika Clear Chicken Soup 'Blue' mendapat warna biru dari pycocyanin, pigmen alami yang diekstrak dari alga spirulina.

Pigmen itu dikenal juga sebagai Lina Blue di Jepang. Bahan tersebut juga banyak digunakan unuk zat pewarna pada permen, es krim, dan minuman. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Gara-Gara Foto Ini, Warganet Gagal Fokus ke Tangan Kaesang, Ada Apa Ya?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala