Mengenal Ragam 'Kasta' di Tongkrongan, Dari Bos Hingga Bansur Ada sejumlah kasta di tongkrongan. (Foto: pixabay/stocksnap)

DI sebuah tongkrongan terdapat sejumlah kasta. Kriteria kasta tersebut dilihat dari beberapa aspek tertentu. Dari mulai karakter, finansial, hingga usia.

Adapun kasta yang terbawah ialah 'Bansur' alias bahan suruhan. Biasanya si 'bansur' merupakan para junior yang baru bergabung ke tongkrongan, atau usianya paling muda di tongkrongan.

Si 'bansur' bertugas untuk membeli kebutuhan makanan atau minuman dari anak-anak tongkrongan. Untungnya, makanan dan minuman tersebut dibeli bukan dari kocek pribadi si 'bansur', melainkan uang patungan para anggota tongkrongan. Kalau tidak 'bansur' bisa tekor.

Baca Juga:

Gegayaan Khas SPG Ponsel di Negeri Aing

Bansur biasanya disandang oleh para junior-junior. (Foto: cocoparisiene)

Keuntungan dari si 'bansur' biasanya tidak diminta uang patungan untuk membeli makanan atau minuman. Misi utamanya hanya membeli makanan dan minuman ke warung terdekat. Setidaknya walau sering disuruh ia tapi bisa menghemat uang. Tapi kalau lagi sial, 'bansur' bisa jadi bahan bullying anak-anak tongkrongan.

Setelah bansur, kasta satu tingkat di atasnya yakni si 'kompor'. Posisi yang satu ini terbilang cukup sulit ditempati. Biasanya, yang mengisi posisi 'kompor' ialah orang yang pintar dalam berbicara di depan banyak orang.

Si Kompor biasanya paling bersuara ketika ditongkrongan untuk ngajak ngumpul, dan menghilang saat hari H acara. (Foto: Unsplash/Kimson Doan)

Setiap ada masalah atau ingin mengadakan sebuah acara, si 'kompor' langsung heboh sendiri. Namun, ketika ingin menyelesaikan masalah atau ada rapat pengadaan sebuah acara, biasanya dia menghilang bak ditelan bumi.

Si 'kompor' memiliki 1001 alasan untuk menghindari sebuah acara atau masalah yang dihadapi tongkrongan. Tugasnya yakni memperkeruh suasana dan menyulut emosi para anggota tongkrongan.

Baca Juga:

Gegayaan Ojek Online Nongkrong 'Skuy' di Negeri Aing

Kemudian, kasta selanjutnya yakni Si 'Ngikut Aja'. Biasanya, orang yang berada di kasta ini cenderung cuek, enggak mau ribet dan ingin berada di zona nyaman. Si 'Ngikut Aja' seakan tidak punya pendirian, dia hanya mengikuti kemana 'air mengalir'.

Si 'ngikut aja' tidak punya pendirian. (Foto: Unsplash/Dan Stevens)

Saking tidak punya pendirian, si 'Ngikut Aja' cendurung memilih pilihan yang sangat aman. Hal itu dilakukan demi mencegah perbedaan pendapat, dan perselisihan antar anggota tongkrongan.

Biasanya, orang-orang yang 'Ngikut aja' cenderung membuat para anggota yang lain geram dan membuat anggota lainnya menjadi labil. Bahkan, si 'Ngikut Aja' dikucilkan oleh rekan-rekannya, karena baginya seluruh tongkrongan sama saja.

Selain itu, kasta lainnya yakni si 'modal lambung'. Orang yang masuk dalam kategori 'modal lambung', biasanya dikenal sangat pelit, kikir bin koret.

Ketika anak-anak tongkrongan patungan bersama untuk membeli makan dan minuman, si 'modal lambung' biasanya tidak pernah mengeluarkan uang saat nongkrong. Biasanya alasannya tidak bawa cash, atau kata-kata horor yang berbunyi 'Pakai duit lu dulu nanti gue ganti'.

Selain dari segi makanan dan minuman, Si 'Modal Lambung' biasanya hanya membawa korek ke tongkrongan, sementara untuk rokoknya minta ke anggota lainnya.

Si 'Modal Lambung' biasanya cenderung di jauhi oleh teman-temannya, karena tidak pernah modal, dan ingin 'menang banyak'.

Si 'Bos' merupakan penyumbang terbesar dari kegiatan tongkrongan. (Foto: Pixabay/Ekoanug)

Kemudian, kasta selanjutnya merupakan kasta tertinggi di tongkrongan, yakni Si 'Bos'. Kasta yang satu ini merupakan kasta yang paling dihormati di tongkrongan.

Karena biasanya Si 'Bos' tidak segan untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar, seperti halnya untuk membeli makanan atau minuman di tongkrongan.

Si 'Bos' biasanya cenderung didekati oleh para anggota lainnya. Hal tersebut dikarenakan finansial si 'Bos' yang terbilang mapan. Karena itu, siapapun anggota yang berada di dekatnya, pasti akan 'kecipratan rezeki'.

Karena perannya yang cukup penting di sebuah tongkrongan, Si 'Bos' biasanya sangat jarang terkena 'ejekan' dari para anggotanya. Karena bila sang donatur hilang, maka nasib tongkrongan pun jadi taruhannya.

Nah itu dia sejumlah kasta yang ada di tongkrongan, apakah kamu termasuk salah satunya? (ryn)

Baca Juga:

'Realita Cinta dan Rock'n Roll' Inspirasi Fesyen Anak Muda 'Rebel'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Langkah Merebut Hati Pria Taurus
Fun
3 Langkah Merebut Hati Pria Taurus

Taurus, keras kepala tapi romantis.

Album ‘Wallflower’ Jadi Era Baru untuk Afgan
ShowBiz
Album ‘Wallflower’ Jadi Era Baru untuk Afgan

Album ini menjadi rilis studio pertamanya sejak Dekade (2018).

Biar Efektif, Jangan Lakukan Ini Saat WFH!
Fun
Biar Efektif, Jangan Lakukan Ini Saat WFH!

Beberapa hal yang harus dihindari saat bekerja dari rumah.

Anak Jadi Materialistis? Ketahui Cara Mencegahnya
Fun
Anak Jadi Materialistis? Ketahui Cara Mencegahnya

Sikap materialistis sejak kecil dapat berdampak saat si anak tumbuh dewasa nanti.

Charles Geschke, Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF, Meninggal Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Charles Geschke, Pendiri Adobe Sekaligus Penemu PDF, Meninggal Dunia

Dikabarkan meninggal dunia pada usia 81 tahun.

Kacamata Pintar untuk Sembuhkan Rabun Jauh
Fun
Kacamata Pintar untuk Sembuhkan Rabun Jauh

Sebuah perusahaan asal Jepang menciptakan kacamata pintar yang dipercaya bisa menyembuhkan miopia atau rabun jauh

Pakar Ungkap Jenis Masker Terbaik untuk Mencegah Virus
Fun
Pakar Ungkap Jenis Masker Terbaik untuk Mencegah Virus

Kenali cara pemakaian yang tepat.

Sultan Merapat, Rolex Hadirkan Koleksi Baru di 2021
Fashion
Sultan Merapat, Rolex Hadirkan Koleksi Baru di 2021

Memberikan pembaruan pada setiap koleksinya.

Tote Bag, Lebih dari Sekadar Mengurangi Penggunaan Plastik
Fun
Tote Bag, Lebih dari Sekadar Mengurangi Penggunaan Plastik

Tote bag menjadi pilihan karena praktis.

Selidiki Misteri Big Bang, NASA Buat Teleskop Khusus
Fun
Selidiki Misteri Big Bang, NASA Buat Teleskop Khusus

Peristiwa terbentuknya alam semesta itu sampai sekarang masih menjadi misteri