Mengenal Land Rover TD5 130, Mobil Pembawa Jenazah Pangeran Philip Land Rover TD5 130 yang sudah dimodifikasi oleh Pangeran Philip (foto: twitter @royalfamily)

PANGERAN Philip (Duke of Edinburgh) dikenal sebagai fans berat dari mobil Land Rovers. Dirinya bahkan mengemudikan Land Rovers hampir sepanjang hidupnya.

Karena kesukannya dengan Land Rovers, Pangeran Philip yang meninggal dunia pada 9 April 2021, bahkan melakukan perjalanan terakhirnya ke pemakaman di atas mobil Land Rovers yang sudah dimodifikasi.

Baca Juga:

7 Anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang Gantikan Tugas Pangeran Philip

Mobil jenazah Land Rover sendiri, termasuk di antara rincian upacara pemakaman kerajaan yang dirilis oleh Istana Buckingham (Foto: twitter @Royalfamily)

Dilansir dari laman Associated Press, Land Rover TD5 130 yang sudah dimodifikasi, merupakan mobil yang membawa peti mati Pangeran Philip pada prosesi pemakaman di Kastil Windsor, Sabtu (17/4) waktu setempat.

Mobil jenazah Land Rover sendiri, termasuk di antara rincian upacara pemakaman kerajaan yang dirilis oleh Istana Buckingham. Menurut Istana Buckingham, bagian upacara pemakaman tersebut, sejalan dengan keinginan sang bangsawan Inggris itu.

Menurut pihak Istana Buckingham, mobil jenazah Pangeran Philip tersebut, dibuat di pabrik Land Rover di Solihull pada tahunn 2003 lalu, tepatnya saat Pangeran Philip berusia 82 tahun.

Baca juga:

Ratu Elizabeth II akan Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip

Mobil Land Rover tersebut kabarnya sudah dimodifikasi selama bertahun-tahun, dengan bagian belakang yang terbuka, untuk mengangkat peti matinya.

Salah satu modifikasi Land Rovers tersebut yang cukup dominan, yakni pangeran Philip meminta agar mobil itu di cat ulang dengan warna hijau perunggu tua, sesuai dengan warna yang digunakan pada Land Rover militer Inggris.

Alasan perubah cat tersebut, lantaran Duke pernah bertugas di Angkatan Laut Kerajaan dalam Perang Dunia Kedua.

Selain itu, Mobil Land Rover tersebut juga memiliki hub roda dan velg berwarna hijau yang serasi, gril depan hitam yang garang, dan kabin tunggal.

hijau perunggu tua merupakan warna pilihan Pangeran Philip karena dirinya pernah bertugas di Angkatan Laut Kerajaan (Foto: twitter @royalfamily)

Seperti yang dilansir dari BBC, mobil tersebut merupakan modifikasi dari Defender 130 generasi sebelumnya. Mobil tipe tersebut dikenal secara khusus dirancang untuk mengangkut pemburu, dan dikenal di Inggris sebagai 'senjata' di sekitar perkebunan pedesaan selama berburu.

Sedikit informasi, eratnya kaitan Land Rover dengan keluarga kerajaan Inggris, bermula pada asal perusahaan tersebut. Kendaraan ke-100 yang dibuat oleh Land Rover, di persembahkan kepada Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth II.

Ketika Elizabeth menjadi ratu pada 1952, Land Rover masih merupakan cabang model tunggal dari perusahaan mobil Rover. Mobil tersebut merupakan kendaraan pilihan awal Philip sebagai pendamping Ratu. Mobil jenis tersebut cendrung ke arah mobil sport tradisional Inggris.

Pada tahun 1970-an, ketika Range Rover diluncurkan, hubungan jangka pendek Duke dengan produk Land Rover yang mewah pun dimulai.

Duke diakbarkan memiliki, menyewa dan mengendarai salah satu dari setiap generasi Range Rover. Seperti halnya pada 2016 lalu, Duke mengejutkan Barack serta Michele Obama saat dia melompat ke pengemudi Range Rover generasi keempat l406 terbaru, untuk mengemudikan mereka dan ratu ketika pertemuan di Kastil Windsor.

Selain itu, Model generasi ketiga L322 sebelumnya, juga dikabarkan masih berada di perkebunan keluarga kerajaan Balmoral di Skotlandia.

Kendaraan tersebut diberitakan sudah menempuh jarak sekitar 81.000 mil selama 11 tahun. Menariknya, menurut catatan inspeksi kendaraan MOT Inggris, secara teratur mobil tersebut dikendarai oleh Ratu dan Pangeran Philip.

Hingga akhirnya pada Februari 2019 lalu, Duke of Edinburgh berhenti mengemudi paska kecelakaan di Freelander dikawasan perkebunan kerajaan.

Pangeran Philip kala itu mengalami tabrakan hebat dengan mobil Kia Picanto, yang kabarnya disebabkan oleh silaunya sinar matahari ketika keluar dari persimpangan. Beruntung tidak ada yang terluka parah dalam kecelakaan itu. Kemudian Pangeran Philip pun langsung memesan Land Rover penggantinya, yang langsung dikirim pada keesokan harinya. (Ryn )

Baca juga:

Mengenang Mendiang Pangeran Philip, Duke of Edinburgh

Kanal