Mengenang Mendiang Pangeran Philip, Duke of Edinburgh Ratu dan Duke of Edinburgh melambai kepada orang banyak pada 2005. (Foto: guim.co.uk)

ISTANA Buckingham telah mengumumkan kematian Pangeran Philip, suami Ratu Inggris itu. Duke of Edinburgh telah menjadi "kekuatan dan jangkar" Ratu Elizabeth II selama 73 tahun dalam pernikahan mereka.

Sebuah pernyataan dari Istana Buckingham pada hari Jumat mengatakan, “Dengan duka yang mendalam bahwa Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya. Keluarga Kerajaan bersama dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya."

Ia adalah pasangan Raja/Ratu terlama dalam sejarah Inggris, dan hanya beberapa bulan lagi dari ulang tahunnya yang ke-100 di bulan Juni.

Philip telah kembali ke Kastil Windsor pada 16 Maret untuk bertemu kembali dengan Ratu setelah menghabiskan satu bulan di rumah sakit, masa rawat inap terlama. Ia awalnya menerima perawatan untuk infeksi tetapi kemudian menjalani operasi jantung untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga:

Pangeran Philip Pensiun dari Tugas Kerajaan

Pemberitahuan resmi tentang kematiannya dipasang di pagar Istana Buckingham. Seperti yang biasa terjadi, tetapi dihapus tidak lama kemudian untuk menghindari berkumpulnya orang banyak.

Pandemi virus Corona akan berdampak besar pada rencana pemakaman Pangeran Philip yang telah disusun dengan cermat. Dengan pembatasan yang masih berlaku di tengah pandemi COVID-19, elemen ucapan perpisahan dari publik untuk yang terakhir tidak akan dapat berlangsung dalam bentuk biasanya.

Kesehatan Philip perlahan-lahan memburuk selama beberapa waktu. Ia mengumumkan pengunduran diri dari tugas kerajaan pada Mei 2017. Dengan berkelakar ia mengatakan tidak bisa lagi berdiri. Ia membuat penampilan publik resmi terakhir akhir tahun itu selama parade Marinir Kerajaan di halaman depan Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bertemu tamu di pesta taman Istana Buckingham pada tahun 2012. (Foto: guim.co.uk)
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bertemu tamu di pesta taman Istana Buckingham pada tahun 2012. (Foto: guim.co.uk)

Sejak itu, ia jarang terlihat di depan umum, menghabiskan sebagian besar waktunya di perkebunan Ratu Sandringham di Norfolk, meskipun pindah untuk bersamanya di Kastil Windsor selama periode lockdown ketika pandemi. Saat itu pula pasangan kerajaan Inggris itu diam-diam merayakannya ulang tahun pernikahan ke-73 pada November 2020.

Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-99 juga dengan kondisi lockdown di Kastil Windsor. Pangeran Philip menghabiskan sebagian besar masa pandemi dengan tinggal bersama Ratu di Windsor di HMS Bubble, julukan yang diberikan kepada staf setia keluarga kerajaan yang berkurang selama lockdown.

Duke menghabiskan empat malam di rumah sakit King Edward VII di London sebelum Natal 2019 untuk observasi dan perawatan sehubungan dengan "kondisi yang sudah ada sebelumnya".

Baca juga:

Kisah Misan Harriman, Fotografer di Balik Foto Pangeran Harry dan Meghan Markle

Meskipun menjalani operasi pinggul pada April 2018, ia menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle sebulan kemudian dan terlihat duduk di samping Ratu pada pertandingan polo di Windsor Great Park pada Juni. Ia dan Ratu melewatkan pembaptisan Pangeran Louis dari Cambridge pada Juli 2018, tetapi terlihat menghadiri Crathie Kirk dekat Balmoral pada bulan Agustus, dan mengendarai Land Rover-nya di pedesaan Skotlandia sekitarnya pada bulan September.

Meskipun hidup dengan tenang di luar mata publik, ia menjadi berita utama saat terlibat dalam kecelakaan mobil pada Januari 2019. Dua perempuan membutuhkan perawatan di rumah sakit setelah matanya silau akibat sorotan sinar matahari saat keluar dari jalan masuk di perkebunan Sandringham.

Seorang bayi laki-laki berusia sembilan bulan di dalam kendaraan lain tidak terluka. Lembaga Penuntut Kerajaan memutuskan bahwa bukan kepentingan umum untuk mengadili Duke of Edinburgh setelah ia kemudian secara sukarela menyerahkan SIM-nya.

Perannya dalam monarki modern

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip saat berbulan madu, mereka menikah selama 73 tahun. (Foto: theguardian.com)
Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip saat berbulan madu, mereka menikah selama 73 tahun. (Foto: theguardian.com)

Dilahirkan di pulau Corfu, Pangeran Philip, yang pernah menggambarkan dirinya sebagai "seorang pangeran Balkan yang didiskreditkan tanpa prestasi atau keunikan tertentu", memainkan peran kunci dalam perkembangan monarki modern di Inggris.

Meskipun tidak pernah secara resmi diberi gelar, ia menjalani kehidupan dengan tugas kerajaan yang tiada henti, melepaskan karier angkatan lautnya yang menjanjikan, yang diyakini beberapa orang bisa membuatnya naik menjadi Penguasa Laut Pertama, untuk peran yang mengharuskannya berjalan beberapa kaki di belakang istrinya.

Setelah membuat pilihan ini, ia membenamkan dirinya dengan sepenuh hati dalam kehidupan negara dan mengukir peran publik yang unik. Pangeran Philip adalah anggota keluarga kerajaan yang paling energik selama beberapa dekade dengan agenda tersibuk.

Baca juga:

Pangeran Philip Kembali ke Rumah Setelah Sebulan Opname

Bahkan ketika sudah lanjut usia, Pangeran Philip dapat terlihat berjalan-jalan sambil membawa anak-anak kecil melewati penghalang keamanan untuk memungkinkan mereka mempresentasikan pose mereka kepada istrinya.

Seringkali ia menerima sedikit pengakuan publik atas usahanya. Hal ini sebagian disebabkan oleh hubungannya yang tidak nyaman dengan pers, yang Pangeran Philip sebut sebagai “reptil berdarah” dan yang liputannya sering menyoroti kesalahannya.

Tampan dan atletis

Pangeran Philip terkenal tampan dan atletis pada masa mudanya. (Foto: theguardian.com)
Pangeran Philip terkenal tampan dan atletis pada masa mudanya. (Foto: theguardian.com)

Sejak awal ia menaruh minat yang besar pada orang muda melalui penghargaan Duke of Edinburgh, yang ia luncurkan pada tahun 1956, terinspirasi oleh masa sekolahnya, dan organisasi seperti National Playing Fields Association dan Outward Bound Trust.

Dengan ketampanan mudanya dan kecakapan olahraganya, Philip adalah seorang pin-up. Ia bermain polo sampai, pada tahun 1971, cedera memaksanya untuk pensiun, setelah itu ia naik kereta empat tangan - pelatih dengan empat kuda - yang terus ia ikuti di tingkat internasional hingga usia 80-an.

Pangeran Philip adalah seorang penembak jitu, seorang pilot yang berkualitas dan seorang pelaut yang ulung. Sebagai petugas pengawas lampu sorot di kapal perang HMS Valiant, ia disebutkan dalam kiriman pada tahun 1941 atas perannya dalam Pertempuran Matapan melawan armada Italia. Layanan masa perangnya juga membuatnya hadir pada penyerahan Jepang di Teluk Tokyo pada tahun 1945.

Kecintaannya pada alam bebas dan kegiatan fisik dipupuk di masa kanak-kanak di Gordonstoun, sekolah Morayshire yang didirikan oleh Kurt Hahn, yang mendorong kemandirian pada siswa. Hahn memiliki pengaruh besar pada pangeran muda, yang jarang melihat orangtuanya sebagai seorang anak. (aru)

Baca juga:

Pangeran-Pangeran yang Tewas di 'Abad Kejayaan'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tren Aneh di Barat, Mengonsumsi Glitter Pills
Fun
Tren Aneh di Barat, Mengonsumsi Glitter Pills

Glitter pills sendiri sebenarnya dijual hanya untuk dekorasi.

Hati-hati Peretas Lewat Email saat WFH
Fun
Hati-hati Peretas Lewat Email saat WFH

Ada banyak serangan siber yang beralih ke rumah-rumah, bukan lagi ke jaringan perusahaan.

Milenial Merapat, Bintang SMA 2020 Siap Salurkan Bakatmu di Tengah Pandemi
Fun
Ngaku Masih Muda? Ini yang Wajib Kamu Lakukan!
Fun
Ngaku Masih Muda? Ini yang Wajib Kamu Lakukan!

Anak muda harus produktif dan positif.

Tingkat Kesulitan Baru di 'The Last of Us Part II', Sekali Kalah Ulang dari Awal
Fun
Tingkat Kesulitan Baru di 'The Last of Us Part II', Sekali Kalah Ulang dari Awal

Tingkat kesulitan ini memiliki musuh yang lebih kuat, tingkat AI yang lebih pintar, dan serangan yang jauh lebih berbahaya.

Berpesta di Klub Hiburan dengan Konsep Social 'Dis-Dancing'
Fun
Berpesta di Klub Hiburan dengan Konsep Social 'Dis-Dancing'

Pemerintah Belanda telah melonggarkan lockdown karena angka kasus COVID-19 sudah menurun.

New Balance KAWHI 'Four Bounces' akan Debut di NBA Playoffs
Fashion
New Balance KAWHI 'Four Bounces' akan Debut di NBA Playoffs

Desain sepatu basket dari New Balance ini terinspirasi dari aksi menakjubkan Kahwi Leonard.

Geram Pemainnya Berkurang, Epic Games Ingin Fortnite Dikembalikan ke App Store
Fun
Geram Pemainnya Berkurang, Epic Games Ingin Fortnite Dikembalikan ke App Store

Segala upaya yang dilakukan Epic Games untuk tidak dimonopoli peraturan App Store terasa sia-sia.

Kamu Harus Tahu Risiko Berkegiatan Saat Kenormalan Baru
Hiburan & Gaya Hidup
Kamu Harus Tahu Risiko Berkegiatan Saat Kenormalan Baru

Di luar lebih baik daripada di dalam. Terbuka lebih baik daripada tertutup. Sedikit lebih baik daripada banyak orang.

Setelan Jas Ikonik David Bowie akan Dilelang
Fashion
Setelan Jas Ikonik David Bowie akan Dilelang

Diperkirakan harganya mencapai 10.000 euro sampai 15.000 euro atau sekitar Rp150 sampai Rp250 juta.