Mengenal 8D Audio, Format Musik Seru yang Bikin Ketagihan Mendengarkan music dengan Headphone (Pixabay/WhoaliceMoore)

HAMPIR semua orang gemar mendengarkan musik. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas yang diharuskan bagi sebagian orang karena dipercaya bisa membantu menghilangkan stres. Namun, siapa sangka ternyata di dalam dunia musik, bukan hanya lagu yang bisa di variasi, tetapi suara dari audio lagu tersebut pun bisa divariasikan dan bisa bikin kamu ketagihan! Format musik itu bernama 8D Audio.

Baca juga:

Mencari Kebahagiaan Lewat Musik? Temukan di 4 Lagu Ini

Apa itu 8D Audio? Melansir dari laman Medium, 8D Audio adalah tentang menggunakan kekuatan musik untuk menggesernya dari kiri ke kanan dan sebaliknya. 8D Audio menuntut pendengarnya menggunakan headset atau headphone untuk mendapatkan sensasi maksimal saat mendengar musik, seperti menonton konser langsung.

Sensasi itu akan sangat terasa, alunan nada yang membuat rileks dan membuatmu bisa berpikir lebih jernih lagi. Kamu juga bisa menambahkan pejaman mata untuk merasakan pengalaman yang lebih sempurna.

8D Audio hanyalah istilah, nama yang sebenarnya dari teknologi ini adalah Audio Ambisonic. Audio 8D diproduksi melalui proses yang disebut perekaman binaural. Ini adalah metode perekaman audio yang meniru cara manusia memahami suara dengan telinga.

Mengenal 8D Audio, Format Musik Seru yang Bikin Ketagihan
Headset disarankan untuk pendegar Audio 8D (Pixabay/Free Photos)

Dalam rekaman binaural, kepala dilengkapi dengan mikrofon di setiap telinga. Kedua mikrofon ini mendeteksi suara secara berbeda karena penempatannya di dalam kepala. Suara bergerak dengan kecepatan 343 meter per detik melalui udara.

Karena jarak dari sumber ke setiap mikrofon biasanya berbeda, penundaan untuk audio musik dihasilkan. Penundaan ini yang menciptakan suara multidimensi. Nih beberapa contoh lagu dengan audio 8D yang enak di dengarkan, jangan lupa pasang headset/headphone mu!

Baca juga:

Tidak Biasa, Konser Musik Kini Tidak Hanya Ditampilkan di Atas Panggung

Maroon 5 - Memories


Lagu yang dibawakan band ternama Maroon 5 ini sangat enak dimainkan dalam versi 8D Audio. Sensasi seperti konser private bersama Adam Levine, membuat lagu Memories semakin nyaman dan enak di dengar.

Tones and I - Dance Monkey

Ketukan-ketukan beat yang banyak disertai suara bass yang asik akan memenuhi kepalamu, membuat variasi lagu ini menjadi semakin asik dan bisa menjadi moodbooster kamu dalam menjalani aktivitas harian.

Bruno Mars - When I Was Your Man

Lagu galau juga menarik di sajikan dalam format 8D audio, salah satunya yang dimainkan dengan piano oleh Bruno Mars berjudul When I Was Your Man. Selain serasa hadir pada penampilan Mars langsung, makna dari lagu juga lebih ngena di hati. (Nic)

Baca juga:

Lewat Video Musik Baru, Katy Perry Umumkan Kehamilannya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya