Hewan Peliharaan

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 25 Agustus 2021
Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Cara mengatasi kesedihan atas kepergiaan hewan peliharaan. (Foto: unsplash/JamieStreet)

SEBAGIAN orang menganggap hewan peliharaannya bukan sekadar binatang, melainkan dianggap sebagai anggota keluarga. Para pencinta binatang tentu memiliki komitmen dan cinta yang tulus untuk hewan peliharaannya.

Ketika peliharaan kesayangan mati, kesedihan itu akan muncul dan hal itu normal. Setiap orang pun memiliki cara yang berbeda untuk melaluinya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kesedihan ketika peliharaan kesayangan mati. Beberapa cara ini direkomendasikan dan mungkin bisa membantu, seperti dilansir dari laman Helpguide.

Baca juga:

Penelitian Menunjukkan Bahwa Anjing Peliharaan Juga Ikutan Stres Ketika Pemiliknya Stres

1. Jangan Pedulikan Omongan Orang Lain

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Mengekspresikan emosi kamu tanpa menghiraukan omongan orang lain. (Foto: unsplash/AnthonyTran)

Mengekspresikan emosi merupakan hal ampuh untuk menghilangkan rasa kesedihan seseorang. Kesedihanmu adalah milikmu, tidak ada orang yang bisa berkata sudah saatnya untuk ‘pindah’ atau ‘bangun’ dari hal tersebut.

Ini bukanlah hal yang memalukan, sehingga tidak perlu malu atau merasa terhakimi. Ungkapkanlah emosimu, entah itu rasa marah, sedih, senang, maupun bahagia. Setiap berhak memilikinya ketika kehilangan hewan peliharaan.

2. Berkonsultasi dengan Orang yang Mengalami Hal Serupa

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Berbincang dengan orang yang mengalami hal serupa. (Foto: unsplash/EricWard)

Mencari orang yang pernah mengalami pengalaman serupa. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu untuk mengikhlaskan kepergian hewan peliharaan kamu.

Ketika teman maupun keluargamu tidak memiliki simpati atas kematian peliharaan kesayanganmu, kamu memerlukan orang lain.

Dengan orang itu, kamu juga bisa berbagi tentang pengalaman dengan orang tersebut dan saling belajar untuk menghapu hal seperti ini.

3. Melakukan Ritual

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Pemakaman menjadi cara untuk mengekspresikan emosi. (Foto: unsplash/enginakyurt)

Melakukan pemakaman adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaanmu dan keluargamu saat kehilangan hewan peliharaan. Abaikan orang lain yang mengatakan hal ini tidak pantas atau hal negatif lainnya. Lakukanlah sesuai yang kamu anggap benar.

Selain itu kamu juga bisa membuat kenang-kenangan dari hewan peliharaan, seperti membuat album foto berisikan foto hewan peliharaan. Kamu juga bisa menuliskan hal-hal bahagia yang pernah kamu lalui dengan peliharaanmu. Dengan begitu kamu dapat mengatasi kesedihan dan rasa kangen.

Baca juga:

Liburan Jalan, Peliharaan Aman

4. Menjaga Diri

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Menjaga kesehatan mental maupun fisik. (Foto: unsplash/JoelMuniz)

Stres akan kehilangan hewan peliharaan dapat membuatmu kehilangan energi dan tidak mood manjalani hari. Dengan menjaga diri, secara fisik dan mental, dapat membantu kamu untuk melewati masa sulit ini. Luangkan waktu untuk komunikasi dengan orang terdekat maupun melakukan aktivitas yang kamu sukai.


5. Mempertahankan Rutinitas dengan Peliharaan Lain

Mengatasi Kesedihan saat Kehilangan Hewan Peliharaan
Menghabiskan waktu dengan peliharan yang lain. (Foto: unsplash/RicharcBrutyo)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, cobalah untuk tetap mempertahan rutinitas dengan hewan peliharaan yang lain. Hal ini dikarenakan, hewan lain juga akan merasakan kehilangan atas kepergian temannya.

Oleh sebab itu, luangkan waktu juga untuk mengajak bermain peliharaan yang lain itu. Sehingga kamu dan hewan yang lain akan saling membantu untuk meningkatkan suasana hati. (Cil)

Baca juga:

Meja Makan yang Dibuat Khusus untuk Manusia dan Kucing Peliharaannya

#Hewan Peliharaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan