Mengapa Nama Kedai Kopi Made In Negeri Aing Puitis?  Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat nama brand dan menjalani bisnis) (Foto: pixabay/fancycrave)

APA hubungannya minum kopi dengan hati, kenangan, jiwa, apalagi filosofi-filosofian? Dari dulu sampai sekarang bukannya kopi tetap sama-sama hitam. Kecuali ditambah susu atau paduan lain. Pilihannya juga masih sama; dinikmati panas atau dingin. Lantas, apa bedanya? Mengapa merek dagang kedai kopi sekarang senang menggunakan nama-nama berhubungan dengan perasaan dan kata-kata puitis.

Memberi nama sebuah brand bukan hal mudah. Karena, tak sedikit orang percaya sebuah brand mesti memiliki arti dan filosofi tersendiri.

Merek dagang kopi nan kian menjamur di berbagai tempat di Indonesia patut dicermati lantaran punya kesan serupa terkait nama atau bisa disebut 'seragam'.

Baca Juga:

Misteri ‘Bapak’ Hilang Kaleng Khong Guan Akhirnya Terpecahkan

'Seragam' dalam hal ini, banyak sekali coffee shop mengambil unsur sastra, cinta dan 'senja'. Entah siapa memulai fenomena tersebut, hingga para pencinta kopi seakan satu paket dengan pencinta senja.

Bahkan agar terhubung dengan namanya, tak sedikit coffee shop tak hanya menghadirkan nama brand unik, tapi juga menyuguhkan tempat dengan pemandangan senja indah dan kopi nikmat.

Coffee Shop kekinian yang menggunakan nama 'sastra' atau 'ala-ala senja' kian menjamur di negeri aing (Foto: pixabay/free-photos)

Mengenai fenomena coffee shop kekinian menggunakan nama 'senja' tersebut, Gupta Sitorus selaku Creativepreneur berpandangan sebuah brand acap lahir dari refleksi kebutuhan dan cerminan masyarakat.

"Kalau melihat tren naming system coffee shop saat ini sering sekali punya bobot sastra, berarti ada kemungkinan ini adalah cerminan market disasar," tutur Gupta saat dihubungi merahputih.com.

Anak-anak muda sekarang, lanjut Gupta, punya apresiasi terhadap kelokalan, nilai-nilai bahasa lokal, dan mungkin juga generasi sentimental dan romantis.

"Ada masanya naming system di indonesia dulu trennya kebarat-baratan, karena apa? Karena society pada waktu itu sangat apresiatif pada hal-hal datangnya dari dunia Barat," tambahnya.

Dalam membuat sebuah brand, menurut Gupta, kerap pemilik bisnis tergesa-gesa, hingga mengabaikan langkah-langkah utama dalam membangun bisnis.

Riset pasar, menyusun esensi brand, menyusun strategi brand merupakan hal paling esensial sebelum pemilik bisnis menelurkan sebuah produk atau layanan.

Bagi Gupta, membuat brand sesuai dengan produk sangat disarankan. Langkah pertama harus dipahami, mengerti esensi brand atau produk dihasilkan.

Dalam hal ini, lanjut Gupta, esensi dengan kekuatan produk, solusi diberikan, relevansi dengan pasar dan jenis costumer disasar.

Bila semua hal tersebut sudah dipahami, maka pemilik bisnis bisa mewujudkan brandnya. Baik itu visual maupun komunikasinya, agar strateginya tepat sasaran.

Baca Juga:

Produk Lokal Made In Negeri Aing Ternyata Dipakai Pembalap MotoGP dan Moto2

Adapun persiapan perlu dilakukan dalam membuat sebuah brand. Pertama, mengenalkan diri, mengerti kekuatan, mengerti kelemahan produk service ditawarkan dan mengerti market disasar.

Selain itu, mengerti situasi pasar, kompetisi, bagaimana produk dan service ditawarkan, bisa menjadi solusi terhadap sebuah masalah sehingga akhirnya berbeda dari produk atau service lain di market.

Setelah melakukan sejumlah persiapan, menurut Gupta Sitorus, ada beberapa langkah-langkah agar sebuah brand bisa relevan dengan konsumennya.

Pertama, brand harus memiliki arti dan dampak emosional. Melalui interaksi dengan pelanggannya, sebuah brand dapat membangun makna dalam dan abadi dengan pelanggannya.

Kedua, brand harus punya tujuan. Brand dengan fokus membangun hubungan lebih dalam dan bermakna secara emosional dengan target customer akan memiliki potensi berkembang pesat.

Di saat orang melihat sebuah brand berdiri untuk sebuah tujuan tertentu, pelanggan akan mengerti brand tersebut hadir sebagai solusi.

Ada sejumlah hal yang perlu diperahatikan untuk sukses dalam berbisnis (Foto: pixabay/geralt)

Ketiga, brand harus punya empati. Brand berempati, artimya harus punya kemampuan pemahaman mendalam dan kompleks tentang keinginan pelanggan mereka.

Brand dengan kedekatan emosional, memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, akan membuat pelanggan merasa hadir dan dibuat khusus untuk mereka.

Keempat, brand harus konsisten. Konsistensi, maksudnya sebuah brand dapat dikenali dan diintegrasikan dengan mulus ke dalam kehidupan masyarakat. Setiap detail menjadi penting.

Ketika sebuah brand konsisten, audiens terhubung lebih cepat dengannya dan menjadi berbeda dari pesaing. Brand tidak konsisten tidak dapat memberikan dampak maksimal.

Inkonsistensi mengarah pada pengenceran makna. Akibatnya, loyalitas dan keterlibatan menurun. Namun Konsisten bukan berarti statis. Brand paling berpengaruh adalah fleksibel dan dinamis, namun tetap konsisten, koheren, dan kuat.

Kelima, brand harus orisinil. Di dunia sekarang nan cut, copy, and paste, sebuah brand harus punya aspek pembeda dengan brand lain. Harus ada aspek pembeda dalam bisnis menjadi penting ketika hadir di dalam ekosistem besar. (Ryn)

Baca juga:

Barang Made in Negeri Aing Naik Kasta di Luar Negeri

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menikmati Sajian Penerbangan tanpa Terbang ala Thai Airways
Kuliner
Disney Bakal Rilis Film-Film Baru di Bioskop dan Layanan Streaming
ShowBiz
Disney Bakal Rilis Film-Film Baru di Bioskop dan Layanan Streaming

Jadwal tayang flm-film blockbuster akhirnya diungkap.

Svmmerdose Rilis Mini Album ‘Yeah Yeah Youth’ Secara Independen
ShowBiz
Svmmerdose Rilis Mini Album ‘Yeah Yeah Youth’ Secara Independen

Svmmerdose beranggotakan Rinrin pada vokal dan Iqbaal pada bass.

Kampung Halaman Hajime Isayama Punya Museum 'Attack on Titan'
Travel
Kampung Halaman Hajime Isayama Punya Museum 'Attack on Titan'

AOT juga bakal dibuatkan film live-action Hollywood.

The Rain Tandai 20 Tahun Berkarir di Industri Musik Lewat  'Aku Siap!'
Fun
The Rain Tandai 20 Tahun Berkarir di Industri Musik Lewat 'Aku Siap!'

The Rain tetap konsisten meramaikan industri musik Indonesia.

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19
Fun
Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

Epigallo ada pada suplemen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Guns N’ Roses Siap Gelar Tur Stadion 2021 
ShowBiz
Guns N’ Roses Siap Gelar Tur Stadion 2021 

Guns N’ Roses mengumumkan delapan tanggal untuk konser tur Australia mereka.

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Nonton ‘Tjoet Nja’ Dhien’
ShowBiz
Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Nonton ‘Tjoet Nja’ Dhien’

Merupakan program Kemenparekraf dalam #KembaliKeBioskop.

Google Hentikan Support untuk Jelly Bean dan Mantapkan Android 12
Fun
Google Hentikan Support untuk Jelly Bean dan Mantapkan Android 12

Keputusan ini dilakukan Google karena saat ini pengguna Android Jelly Bean sudah sangat sedikit.

Nas hingga Janet Jackson Masuk Daftar 25 Rekaman Berpengaruh dalam Sejarah
ShowBiz
Nas hingga Janet Jackson Masuk Daftar 25 Rekaman Berpengaruh dalam Sejarah

National Recording Registry merupakan daftar rekaman yang berpengaruh terhadap kebudayaan AS.