Hobi
Tongkrongan Asyik Anak Mobil Tongkrongan Anak Mobil lekat dengan 'Stigma Negatif' (Foto: pixabay/toby_parsons)

KETIKA menonton film Fast and Furious, banyak orang yang memandang bahwa anak mobil dekat dengan dunia yang negatif dan identik dengan sebagai bad boy.

Kayak pelaku aksi kebut-kebutan Brian O'Connor dan Dominic, memacu mobilnya di jalan raya demi mempertaruhkan sejumlah uang.

Baca Juga:

Anak Tongkrongan Motor Thailook Berban 'Cacing'

Aksi arogan kebut-kebutan, penutupan jalan, hingga taruhan seakan kian melekat di benak banyak orang terhadap tongkrongan anak mobil.

Banyak pemikiran 'kolot' yang menanggap tongkrongan anak mobil semuanya negatif (foto: pixabay/pexels)

Belum lagi, di film tersebut, pada tongkrongan anak mobil juga dikelilingi dengan para perempuan cantik, seksi dan 'nakal' yang dekat dengan para jagoan balap liar. Hal itu seakan menimbulkan mindset 'pakboi' dan 'tukang bungkus' pada tongkrongan anak mobil.

Tak sampai disitu, aksi kriminal yang dilakukan oleh Dominic Torreto dengan tongkrongan mobilnya ketika membajak sebuah truk, pun kian menggambarkan bahwa tongkrongan anak mobil kian negatif, dan kerap berbuat kriminal.

Belum lagi aksi kekerasan pada sejumlah scene action film tersebut. Sejumlah hal di atas menimbulkan citra bahwa stigma anak mobil memiliki karakter yang keras, tempramen, dan setiap masalah diselesaikan dengan perkelahian serta balapan liar di jalanan.

Baca Juga:

Ngabuburit ala ‘Ngabers’ TikTok, Valid Abis

Padahal pada kenyataanya stigma negatif yang kerap melekat pada tongkrongan anak mobil tersebut, tidak begitu adanya. Mungkin beberapa ada yang mirip dengan tongkrongan anak mobil tersebut, tapi tidak sedikit juga yang berbanding terbalik dengan film tersebut.

Banyak anak tongkrongan mobil yang tidak kebut-kebutan dijalanan. Hal itu lantaran mereka saling menghormati dan menghargai sesama pengendara, khususnya sesama anak tongkrongan mobil.

Tak semua anak mobil ugal-ugalan, banyak juga yang berkendara dengan sopan dan saling menghargai sesama pengendara (Foto: pixabay/oscar3220)

Bahkan, saat bertemu anak tongkrongan mobil lainnya dijalan, mereka saling bertegur sapa dengan saling membunyikan klakson dua sampai tiga kali sebagai tanda sapaan akrab.

Tidak semua tongkrongan anak mobil arogan dan ugal-ugalan di jalan raya seperti di film Fast and Furious. Karena, faktanya banyak anak mobil yang 'sopan di jalan liar di lintasan'.

Dalam artian, banyak tongkrongan anak mobil yang berkendara dengan sopan ketika mengemudi di jalan raya, namun menjadi 'liar' saat berada di lintasan balap resmi.

Karena, mereka menyadari akan bahaya kebut-kebutan dijalan yang bisa berakibat fatal. Sementara bila kebut-kebutan di lintasan pada event balap resmi, akan lebih aman dan bisa mencetak sejumlah prestasi.

Tidak semua anak tongkrongan memilih balap liar di jalan, banyak juga yang memilih balap resmi dan menorehkan banyak prestasi (Foto: pixabay/mibro)

Mengendarai mobil di jalan umum tidak boleh dengan perilaku yang 'ugal-ugalan', karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang.

Pengemudi wajib sekali bersikap baik dan mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku. Tertera dalam Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, lebih tepatnya pada Pasal 105, setiap orang yang menggunakan jalan, wajib berperilaku tertib dan (atau), mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan jalan.

Selain itu, pada Pasal 106, yang juga masih ada di bagian keempat, mengenai ketertiban dan keselamatan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Selain itu, terdapat juga beberapa sanksi pidana dan denda pada Pasal 311, yang akan dibebankan kepada pengemudi lalai dan ceroboh. Seperti dipidana penjara paling lama 12 tahun atau denda senilai Rp24 juta.

Selain stigma negatif arogan dijalanan, anak tongkrongan mobil juga dikenal 'pakboi' dan 'kang bungkus'. Karena banyak dikeliling oleh perempuan seksi & 'nakal', serta identik dengan dunia malam dan minuman alkohol.

Padahal, tidak semua tongkrongan anak mobil identik dengan seks bebas, minuman beralkohol, hingga narkoba. Banyak anak tongkrongan mobil yang lebih memilih pada kegiatan positif, seperti halnya mengadakan touring ke luar kota, family gathering, hingga kegiatan amal seperti memberikan santunan pada panti asuhan.

Ketika kopdar, banyak tongkrongan anak mobil juga yang melarang para anggotanya untuk melakukan berbagai hal negatif, seperti menggunakan obat terlarang atau minum miras. Hal itu dilakukan demi terciptanya sebuah tongkrongan yang positif dan kondusif.

Selain itu, dalam sejumlah scene pada film balapan mobil seperti di Fast and Furious, tongkrongan anak mobil identik dengan tindakan kriminal dan kekerasan. Padahal, tongkrongan anak mobil tidak seperti itu adanya.

Bukan kriminal, tapi fokus modifikasi (Foto: pixabay/toby_parsons)

Jauh dari kata tindak kriminal, justru tongkrongan anak mobil terfokus dengan hobi memodifikasi mobil, menjalin silaturahmi dengan banyak teman baru, dan mencetak prestasi pada event-event pameran atau kontes mobil.

Meski banyak fakta di lapangan yang berbeda dari anggapan negatif banyak orang tentang tongkrongan anak mobil, stigma tetaplah stigma, hanya mata yang memandang lebih luas dan terbuka yang dapat melihat kebenaran sesungguhnya. (Ryn)

Baca Juga:

Kenali Ciri 'Si Pura-Pura Puasa' di Tongkrongan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Sexual Aftercare untuk Meningkatkan Koneksi Emosional dengan Pasangan
Fun
Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba?
Hiburan & Gaya Hidup
Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba?

Meskipun temanya tidak lengkap, tombol Star Windows XP dan berbagai tombol lainnya jelas mirip dengan tema Aqua milik Apple

Snapchat Tutup Permanen Akun Donald Trump
Hiburan & Gaya Hidup
Snapchat Tutup Permanen Akun Donald Trump

Buntut dari kerusuhan hebat yang menyerang Capitol Hill, Snap Chat menutup akun Donald Trump permanen

Jangan Lakukan ini Jika Vespa Matic Terendam Banjir
Fun
Jangan Lakukan ini Jika Vespa Matic Terendam Banjir

Anak vespa matic harus tahu hal ini.

Busana Berteknologi Tinggi Diklaim Bisa Membunuh Virus
Fashion
Busana Berteknologi Tinggi Diklaim Bisa Membunuh Virus

Shafco Hadirkan Busana Berteknologi Tinggi yang Bisa Membunuh Virus

Britney Spears Akui Tetap Bahagia di Tengah Kampanye #FreeBritney
ShowBiz
Britney Spears Akui Tetap Bahagia di Tengah Kampanye #FreeBritney

Merasa bahagia karena punya keluarga dan rumah yang indah.

Cluster Catalina, Hunian Nyaman untuk Masyarakat Modern
Fun
Cluster Catalina, Hunian Nyaman untuk Masyarakat Modern

Cluster Catalina berlokasi di BSD.

Wow, Aplikasi Clubhouse Tembus 8 Juta Download dalam Waktu Singkat
Fun
Wow, Aplikasi Clubhouse Tembus 8 Juta Download dalam Waktu Singkat

Aplikasi Clubhouse Tembus 8 Juta Download dalam waktu singkat

Riot Games Siapkan Rp14 Miliar untuk Melawan Rasialisme
Fun
Riot Games Siapkan Rp14 Miliar untuk Melawan Rasialisme

Riot Games membantu gerakan anti rasialisme.

Single 'Lover' Jadi Pelengkap Perjalanan Cinta Mikha Angelo
ShowBiz
Single 'Lover' Jadi Pelengkap Perjalanan Cinta Mikha Angelo

Mini album Mikha Angelo menjadi lengkap dengan tambahan dua lagu Celebrate dan Lover.