Hari Mencuci Tangan Sedunia
Mencuci Tangan, Hal Kecil yang Harus Dibiasakan Aktivitas mencuci tangan merupakan cara termudah mencegah penyebaran kuman. (foto Unsplash Ruthson Zimmerman)

AKTIVITAS mencuci tangan menjadi cara termudah mencegah penyebaran kuman. Di Hari Mencuci Tangan Sedunia yang ditetapkan PBB pada 15 Oktober, kita diingatkan bahwa aktivitas mencuci tangan sudah seharusnya menjadi kebiasaan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Seperti dilansir Mayo Clinic, kita menyentuh benda-benda sekitar yang pasti terpapar kuman. Tangan kita bisa secara tak sengaja menyentuh benda-benda itu lalu menggosokkannya ke mata, hidung, atau bahkan mulut. Bila kita tak menjaga tangan bersih, kuman segera berpindah ke diri kita lalu ke orang lain. Mencuci tangan akan sangat membantu mencegah perpindahan dan penyebaran kuman.

BACA JUGA:

Kenali Waktu Wajib Cuci Tangan Pakai Sabun

Mencuci tangan merupakan cara terbaik menjaga diri dari penyakit. Kemunculan COVID-19, disebut Kids Health, menjadikan kegiatan mencuci tangan dengan sabun menjadi sangat penting. Bukan mencegah penyebaran COVID-19, mencuci tangan juga menangkal penyakit seperti flu, hepatitis A, bronkiolitis, meningitis, dan berbagai bakteri penyebab diare.

Selain itu, Centers for Disease Control & Prevention menyatakan salah satu hal terpenting yang dilakukan untuk mencegah keracunan makanan ialah mencuci tangan. Kuman Salmonella bisa saja ada di dapur dan menyebar saat kita menyiapkan hidangan. Ketika membersihkan anggota badan, seperti halnya mencuci tangan, kita secara langsung mencegah dan melindungi diri serta orang terdekat dari jenis-jenis kuman. Jadi, secara singkat, aktivitas mencuci tangan akan mencegah kuman menginfeksi tubuh kita dan orang sekitar kita.

Mencuci Tangan dengan Benar

mencuci tangan
Penting untuk mencuci tangan dengan baik dan benar. (foto Pexels Ketut Subiyanto)

Membasuh tangan mungkin terlihat seperti hal yang mudah dan remeh. Namun nyatanya, tak semua orang paham cara tepat membersihkan tangan menggunakan sabun. Membasuh tangan hanya dengan air mengalir tak cukup untuk mengeliminasi kuman dari permukaan tangan kita. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan aktivitas mencuci tangan kamu efektif mengusir kuman dan bakteri.

Seperti dianjurkan Mayo Clinic, kamu wajib mencuci tangan dengan urutan sebagai berikut:

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, baik hangat maupun dingin.
  2. Oleskan tangan dengan sabun lalu busakan dengan baik.
  3. Gosok tangan dengan kuat selama setidaknya 20 detik. Ingatlah untuk menggosok seluruh permukaan tangan, seperti punggung, pergelangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.
  4. Bilas sampai bersih di bawah air mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau udara.

Bagaimana jika air mengalir dan sabun tak tersedia? Kamu bisa menggunakan pensteril tangan sebagai alternatif bila tidak mempunyai sabun dan air. Bentuknya bisa berupa cairan, tisu, semprotan, hingga handuk.

Hand Sanitizer berbasis alkohol menjadi alternatif yang diterima saat sabun dan air tak tersedia. Pastikan produk pembersih itu mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Cek kandungan alkohol pada label yang terpasang pada produk itu.

Membuat Cuci Tangan sebuah Kebiasaan

mencuci tangan
Anak-anak bisa dibiasakan mencuci tangan. (foto Unsplash CDC)

Membiasakan mencuci tangan bisa menjadi sebuah tantangan, utamanya pada anak-anak. Membiasakan si kecil membersihkan tangan menggunakan air dan sabun membutuhkan panduan tertentu.

Anak-anak bisa diajak mencuci tangan bila mereka mengetahui alasannya. Oleh karena itu, orangtua harus bisa menjelaskan kepada si kecil bahwa kuman bisa mendatangkan penyakit. Oleh karena itu, mencuci tangan mampu membersihkan bakteri tersebut.

Seperti dilansir Sunkids, orangtua dapat mendorong anak-anak mencuci tangan baik dan benar dengan beberapa tips berikut.

  1. Basahi tangan anak dengan air lalu letakkan sabun di tangannya.
  2. Ajari mereka menggosok seluruh tangan bersama sabun. Mulai dari belakang, depan, dan di sela jari-jari. Lakukan hal itu selama 20 detik.
  3. Bilas tangan mereka di bawah air sampai terlihat bersih.
  4. Terakhir, ajak anak mengeringkan tangan dengan handuk kertas.

Saat anak sulit meraih keran air, orangtua bisa menyediakan kursi pendek sebagai bantuan. Ada berbagai tips menjadikan suasana ceria saat orangtua mencuci tangan bersama si kecil. Botol sabun dengan karakter berwarna salah satu contohnya. Selain itu, kamu bisa memutar lagu anak bertema mencuci tangan. Itu merupakan inisiasi terbaik.

Lagu-lagu seperti Wash, Wash, Wash Your Hands dan This Is The Way We Wash Our Hands ialah sedikit dari lagu anak bertema mencuci tangan yang bisa mengiringi aktivitas bersih diri itu.

Mengingat anak-anak belajar dengan mengikuti perilaku orang di rumah, orangtua wajib mencontohkan cara mencuci tangan secara tepat. Selain itu, orangtua dapat mengapresiasi anak setiap kali selesai membasuh. Hal itu akan memastikan si anak mengakui betapa penting kegiatan itu. Dengan begitu, ia mampu melakukan kembali dengan rutin tanpa dipaksa siapa pun.(Bed)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hai Cowok! Perawatan Kulit itu Harus loh
Fun
Hai Cowok! Perawatan Kulit itu Harus loh

Padahal merawat kulit terutama bagian wajah dapat mengurangi efek penuaan.

Menabung Bersama Pasangan sebelum Menikah, ini Rambunya
Hiburan & Gaya Hidup
Menabung Bersama Pasangan sebelum Menikah, ini Rambunya

Kenali beberapa hal penting sebelum kamu memutuskan menabung bersama pasangan sebelum menikah

Keamanan Jaringan Mudahkan Para Pekerja Hybrid
Fun
Keamanan Jaringan Mudahkan Para Pekerja Hybrid

Para pekerja hybrid bisa tetap aman dan produktif dalam bekerja.

Sambut 2022, Demi Lovato Ubah Penampilan
ShowBiz
Sambut 2022, Demi Lovato Ubah Penampilan

Ada yang berubah dari Demi.

Pencapaian Teknologi 2021 yang akan Mengubah Masa Depan
Fun
Pencapaian Teknologi 2021 yang akan Mengubah Masa Depan

Coba bayangkan betapa berbedanya nanti.

Perdana, Irresistible Bazaar Digelar di Jakarta Barat
Fashion
Perdana, Irresistible Bazaar Digelar di Jakarta Barat

Pada gelaran yang ke-25 sejak 2015 lalu, untuk pertama kalinya Irresistible Bazaar hadir di wilayah Jakarta Barat tepatnya di Lippo Mall Puri

Efek Kuat Headphone pada Pendengar
Hiburan & Gaya Hidup
Efek Kuat Headphone pada Pendengar

Gawai tersebut menempatkan suara 'di dalam kepala'.

Dari Sembalun hingga Tiga Gili, Rekomendasi Wisata di Lombok dan Bali
Travel
Dari Sembalun hingga Tiga Gili, Rekomendasi Wisata di Lombok dan Bali

Lombok dan Bali memang diminati banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

NCT 127 akan Perpanjang Tur Dunia
ShowBiz
NCT 127 akan Perpanjang Tur Dunia

Hingga ke wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan sejumlah kota-kota besar di Asia, termasuk Jakarta.

3 Rekomendasi Self Help Books untuk Rayakan Hanjaba
Fun
3 Rekomendasi Self Help Books untuk Rayakan Hanjaba

Self Help Books membantu kamu mencintai diri sendiri.