Mencegah Paparan Radiasi Ponsel dengan Cara Sederhana Ini Ada cara sederhana meminimalisir paparan radiasi dari ponsel. (Foto: Pixabay/freephotos)

PONSEL atau telepon seluler sudah menjadi kebutuhan hidup zaman now. Tanpa ponsel seolah kehidupan seseorang terhenti seketika.

Ponsel memang membuat kita lupa segalanya, lupa makan, tidak menanggapi panggilan orang tua dan sebagainya. Laman muditalab mengingatkan bahwa terlalu sering menggunakan HP atau ponsel dapat terpapar radiasi.

Baca Juga:

Google Buat Berbagai Aplikasi untuk Atasi Kecanduan Ponsel

1. Mode pesawat

mode pesawat mencegah paparan radiasi
Gunakan mode pesawat bisa membantu mengurangi radiasi. (Foto: screen shoot kiel)

Ternyata fungsi mode yang satu ini bukan hanya diaktifkan akala bepergian menggunakan pesawat terbang. Mode ini dapat meminimalisir paparan radiasi dari ponsel. Bisa jadi baik buat kamu yang gemar bermain game. Mode pesawat bisa dihidupkan jika anak-anak kerap memagang ponsel orangtuanya. Harus disadari bahwa otak pada anak anak cenderung kurang padat dan lebih kecil, yang berarti mereka menyerap lebih banyak radiasi.


2. Earphone

earhone mencegah paparan radiasi
Gunakan earphone saat menerima panggilan. (Foto: Pixabay/668906)

Penggunaan earphone saat berbicara di telepon berguna untuk mengantisispasi radiasi ponsel yang langsung menyentuh kulit. Pada earphone mengandung emisi elektromagnetik kurang dari 1/100 dari ponsel normal yang dapat berfungsi mengurangi radiasi besar dari ponsel.


3. Jauhkan ponsel dari posisi tidur

jauhkan ponsel dari posisi tidur
Jangan pernah bawa ponsel ke tempat tidur. (Foto: Pexels/Pixabay)


Sebaiknya menyimpan ponsel kamu jauh dari jangkauan, kalau perlu taruh di luar kamar. Radiasi yang keluar dari ponsel akan langsung mengenai otak dan syaraf kita. Ada baiknya kamu mengaktifkan mode pesawat.

Baca Juga:

Jangan Gunakan Alat Ini untuk Bersihkan Layar Ponsel

4. Perhatikan radiasi langsung

perhatikan pancaran radiasi
Kalau memanggil keluar lebih baik jangan dahulu ditempelkan ke telinga. (Foto: Pexels/bruce mars)

Bila melakukan penggilan keluar sebaiknya tidak langsung meletakan ponsel di telinga, letakan saja dahulu sampai pemilik pada nomor tujuan mengangkat. Semakin lama meletakan ponsel di telingan maka semakin tinggi kamu terpapar radiasinya. Mengurangi pencahayaan adalah salah satu cara untuk menimalisir paparan radiasi. Tidak ada salahnya untuk mengaktifkan mode reading.

5. Jangan gunakan jika sinyal lemah

sinyal lemah
Sinyal biasanya lemah pada kendaraan yang bergerak cepat. (Foto: Pixabay/4547)

Cobalah untuk tidak menggunakan ponsel ketika sinyal lemah. Biasanya sinyal lemah terjadi ketika kamu bergerak dengan kecepatan tinggi. Seperti dalam mobil atau kereta api. Tak hanya itu ruangan tertutup seperti lift atau basemen dapat membuat sinyal jadi lemah pula. Jika sinyal lemah secara otomatis akan meningkatkan daya radiasi hingga maksimum untuk menapatkan hubungan dengan menara BTS. (iel)

Baca Juga:

Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH