Mencari Pasangan di Aplikasi Kencan Aman Tidak Sih? Waspada saat menggunakan aplikasi kencan (Foto: Pexels/Cristian Dina)

MENEMUKAN belahan jiwa yang tepat memang bukan perkara mudah. Ada yang memilih pacaran dan menikah muda. Ada pula yang mengejar karir terlebih dulu supaya mapan sebelum melangkah ke pelaminan. Tak sedikit juga yang mencari jalan pintas melalui aplikasi kencan demi mendapatkan pasangan klop.

Namun, mencari pasangan secara daring nyatanya penuh risiko. Soalnya, seperti yang dilansir dari Daily Mail, tak jarang orang melakukan tindakan kriminal melalui aplikasi kencan. Sudah banyak korbannya.

Baca juga:

Ketahui 5 Tipe Cowok di Kencan Online

Apa saja bahaya menggunakan aplikasi kencan? Tindakan kriminal berikut ini bisa mengintaimu:

1. Human Trafficking

Human Trafficking
Pastikan dulu karakter pasangan yang akan kamu temui (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Seringkali orang terbuai dengan gombalan. Perasaan yang telah dibangun selama PDKT ini semakin menggebu-gebu apalagi jika si doi ngajak ketemuan. Sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu karakter pasangan daring tersebut. Karena banyak sekali kasus penculikan yang berawal dari aplikasi kencan online.

2. Pelecehan Seksual

Pelecehan Seksual
Pelecehan seksual mengintai (Foto: Pixabay/cocoparisienne)

Waspada! Banyak penjahat seksual yang melangsungkan praktiknya melalui aplikasi kencan. Dengan segala trik dan jitu, kamu bisa dijebak untuk memenuhi hasrat biologisnya meskipun hanya melalui foto dan video. Jika kamu menerima ajakan bertemu, dia bisa bertindak lebih jauh lagi. Hati-hati!

Baca juga:

5 Tips Kencan Daring agar Kamu Tidak Terjerumus Hal Berbahaya

3. Pencurian Identitas

Pencurian Identitas
Data pribadimu bisa dicuri (Foto: JESHOOTS.com)

Pencurian data pribadi sering terjadi melalui situs-situs daring, salah satunya aplikasi kencan. Entah dengan cara menggunakan namamu untuk aplikasi lain atau mencuri data pribadi melalui jasa hacker profesional. Kalau sudah begitu, kamu bisa dituntut melakukan tindak kriminal atas sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan. Kerugiannya bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

Yuk sahabat Merah Putih, pertimbangkan dulu ya kalau mau cari pasangan lewat aplikasi kencan. (mar)

Baca juga:

Aplikasi Kencan, Cara Cari Pacar di Era Digital



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH