Memukau, inilah 5 Katedral Terindah Dunia Sejumlah kota dunia punya katedral memukau nan indah. (foto: orbitz)

KATEDRAL menjadi salah satu bangun dengan struktur yang menarik dan megah. Bangunan katedral didirikan khusus untuk beribadah dan pengabdian secara religius. Butuh waktu yang lama dan anggaran besar untuk membangun sebuah katedral.

Beberapa kota di dunia punya katedral yang memukau nan indah. Beberapa bahkan membuatmu serasa berada di negeri dongeng. Seperti dilansir laman The Travel, berikut 5 katedral terindah di dunia.

BACA JUGA: Khas Banget, Bumbu Masak ini Jadi Oleh-Oleh

1. Katedral Santa Maria del Fiore

katedral
Merupakan terbesar ketiga di dunia. (foto: britannica)

Katedral ini terletak di Florence, Italia, dan dirancang pematung dan arsitek asal Italia, Arnolfo Di Cambio. Katedral Santa Maria del Fiore merupakan gereja terbesar ketiga di dunia dengan panjang 153 meter dan lebar 90 meter. Katedral ini sengaja dibangun untuk menghormati sang perawan bunga, Santa Maria del Fiore.

Salah satu perbedaan gereja ini dengan gereja lainnya ialah lamanya proses penyelesaian. Gereja ini dibangun pada 1296 dan baru selesai pada 1436. Katedral ini tidak hanya indah, tetapi menjadi representasi fisik dari perkembangan arsitektur pada masa itu. Kabarnya, Lenoardo da Vinci juga ikut serta dalam pembuatan katedral ini.

2. Katedral Santo Basil

katedral
Menjadi situs warisan dunia UNESCO. (foto: Russiau)


Katedral penuh warna di Moskow, Rusia ini dibangun pada 1555 dan selesai pada 1561 atas permintaan Tsar Ivan the Terrible. Warna-warna pada katedral ini dilukis berdasarkan warna yang digunakan untuk menggambarkan surga dalam kitab Wahyu. Gereja ini juga dihiasi dengan kubah kecil yang berwarna-warni.

Semenjak 1900, gereja ini digunakan sebagai tempat wisata hingga saat ini. Pada 1990, UNESCO menyatakan bahwa Katedral Santo Brasil menjadi situs warisana dunia. Rusia sendiri memiliki 16 situs budaya, termasuk Katedral Santo Brasil.

3. Katedral Santo Patrick

kateglo
Punya interior dan eksterior yang indah. (foto: NYCgo)


Katedral yang berada di New York ini baru saja merayakan peringatan 140 tahun pada 2019. Bangunan indah ini dibangun pada 1858 dan selesai pada 1879. Katedral Santo Patrick merupakan gereja yang aktif dan menjadi tempat beribadah serta tempat pengakuan dosa.

Katedral ini juga membuka pintunya untuk umum yang ingin berpartisipasi. Setiap tahun, lebih dari 1 juta lilin dinyalakan dengan tujuan menunjukkan keaktifan lingkungan gereja. Gereja ini semakin indah karena interior dan eksterior yang digunakan.

4. Katedral Duomo di Milan

katedral
Arsitekturnya bergaya Gothik. (foto: tiqet)

Katedral Duomo di Milan merupakan salah satu bangunan terkenal di seluruh Eropa. Katedral ini sangat besar dan dibangun dengan arsitektur Gothik yang terletak di lapangan utama di pusat Kota Milan, Italia. Katedral ini merupakan gereja katedral terbesar kedua di Roma setelah Katedral Sevilla.

Pembangunan gereja ini membutuhkan waktu sekitar enam abad. Di bagian atas Katedral ini duduk sebuah patung Madonna. Gereja ini merupakan tempat pertama dan terpenting dari agama dan merupakan tempat dari Uskup Agung Milan, Merio Delpini.

5. Katedral Notre Dame

katedral
Gereja paling indah di Eropa. (foto: Wdio)

Jangan sampai kamu melewatkan Katedral Notre Dame yang berada di Paris, Prancis. Gereja ini juga dikenal sebagai salah satu bangunan paling indah di Eropa. Dibangun untuk menghormati Perawan maria pada 1163, konstruksi in iberlanjut selama 200 tahun atau lebih.

Setelah melewati begitu banyak sejarah selama berabad-abad, kabar buruk terjadi pada April 2019. Gereja ini terbakar dan banyak orang di seluruh dunia prihatin melihat gedung ini terbakar. Hal itu mengingat sejarahnya yang panjang dan arsitekturnya yang indah.(And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH