Fashion

Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 08 Agustus 2021
Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Selain model dan desain, penting mengetahui jenis bahan yang digunakan untuk jam tangan. (Foto: Unsplash/@huntersrace)

JAM tangan memiliki banyak pilihan warna, bahan, dan aplikasi yang tersedia. Pilihannya bisa sangat banyak. Namun, begitu kamu telah menetapkan desain, prioritas berikutnya adalah material casing.

Banyak faktor yang diperhitungkan sebelum memilih jam tangan. Seperti berat, daya tahan, anti gores, atau hanya kilau yang bagus. Ada pilihan teknologi tinggi dan rendah untuk setiap pertimbangan, berikut adalah yang paling populer.

Baca juga:

Beli Jam Tangan Asli Mudah kok

1. Karbon

Tips Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Bahan karbon secara otomatis diasosiasikan dengan ketangguhan. (Foto: channelnewsasia)

Lebih ringan dan lebih kuat dari titanium. Umumnya ditemukan di pesawat terbang, mobil balap, dan peralatan olahraga seperti raket, tongkat golf bahkan sepeda. Serat karbon secara otomatis diasosiasikan dengan ketangguhan.

Apa yang mungkin kamu lihat dalam kotak arloji sebenarnya adalah serat karbon yang telah diikat dengan resin polimer plastik untuk membuat bahan komposit yang ringan dan tahan lama.

Mungkin satu-satunya kelemahan komposit karbon adalah kekokohannya yang luar biasa membuatnya sulit untuk didaur ulang, karena tidak mudah dilebur untuk digunakan kembali.

2. Stainless Steel

Tips Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Stainless steel adalah bahan yang diterima secara luas dalam pembuatan jam tangan kelas atas. (Foto: timeandtidewatches)

Beberapa jam tangan yang paling laris sepanjang masa adalah jam tangan stainless steel. Merek Patek Philippe Nautilus, Audemars Piguet Royal Oak, dan hampir seluruh katalog olahraga Rolex terkenal akan daftar tunggu selama bertahun-tahun untuk stainless steel.

Secara umum, sebelumnya jam tangan mewah hanya dianggap demikian ketika logam mulia digunakan. Sekarang, stainless steel adalah bahan yang diterima secara luas dalam pembuatan jam tangan kelas atas.

Baca juga:

Jam Tangan Super Mewah nan Langka Milik Jay-Z

3. Keramik

Tips Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Ketahanan gores keramik yang luar biasa sangat bagus untuk menjaga jam tangan tetap terlihat baru. (Foto: hublot)

Ditawarkan dengan kilau tinggi atau finishing matte yang halus, jenis keramik teknis yang ditemukan di jam tangan saat ini hampir tidak dapat dibandingkan dengan barang-barang yang terbuat dari tembikar.

Berkat upaya perintis Rado dalam penggunaan keramik pada 1960-an dengan dirilisnya Rado DiaStar, ini menjadi pilihan casing non-logam pertama yang menjadi favorit produsen jam.

Namun, baru setelah Chanel mengadopsi bahan untuk koleksi J12 yang lebih menarik secara besar-besaran, merek-merek mewah lainnya mulai memperhatikan.

Ketahanan gores keramik yang luar biasa sangat bagus untuk menjaga jam tangan tetap terlihat baru, dan tahan terhadap sinar UV berarti warnanya tidak akan pernah kusam. Keramik juga ringan dan hipoalergenik, sehingga cocok untuk jam tangan olahraga.

4. Titanium

Tips Memilih Jam Tangan Berdasarkan Jenis Bahannya
Titanium sulit dikalahkan karena ringan, hypoallergenic dan memiliki konduktivitas termal. (Foto: watchdavid)

Dalam hal kenyamanan, titanium sulit dikalahkan. Ringan, hypoallergenic, dan memiliki konduktivitas termal yang rendah. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika jam dipakai ke di ruangan yang dingin, atau panas jika kamu meninggalkannya di bawah sinar matahari.

Jam tangan titanium pertama di dunia adalah Citizen X-8 Chronometer (1970). Tetapi karena sulitnya memproduksi casing seperti itu secara massal, kurang dari 2.000 di antaranya dibuat.

Sekarang, berkat praktik manufaktur yang jauh lebih baik, jam tangan titanium berlimpah dan disukai karena kekuatannya yang sekitar lima kali lipat dari baja, ketahanan terhadap korosi, dan warna gunmetal. (aru)

Baca juga:

Jacob & Co. Buat Jam Tangan Twin Turbo Film F9

#Jam Tangan #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan