Memberdayakan Desa lewat Pohon Durian

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 29 Juli 2022
Memberdayakan Desa lewat Pohon Durian
Pertamina Foundation melalui Benihbaik.com memberdayakan desa lewat penanaman pohon durian. (foto: dok. benihbaik)

DESA Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tercatat sebagai salah satu daerah termiskin di Indonesia. Hal itu mengunggah PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation untuk melakukan pemberdayaan desa. Dengan berkolaborasi bersama Benihbaik.com, Pertamina Foundation menggelar program Satu Keluarga Satu Pohon dengan menanam bibit pohon buah durian. Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan di Desa Pernasidi pada awal pekan lalu.

Pohon durian yang ditanam merupakan bibit unggul berjenis Bawor. Sebanyak 1.996 pohon ditanam di hari itu dengan estimasi berbuah dalam kurun 2,5 tahun sudah akan mulai produktif panen. Pertamina Foundation mendonasikan Rp366.696.000 melalui BenihBaik untuk dibelikan bibit pohon durian Bawor, termasuk biaya perawatan dan jaminan bahwa bibit tersebut akan tumbuh dan berbuah.

BACA JUGA:

Waktunya Mengejar Ketinggalan Akademik Akibat Pandemi

Acara penanaman dihadiri President Director Pertamina Foundation Agus Mashud, CEO BenihBaik.com Andy F Noya, dan Kepala Desa Pernasidi Sunarso. “Ini bukan yang pertama kalinya kami bekerja sama dengan Benihbaik.com untuk memberikan bibit pohon durian ke desa-desa di Banyumas. Kami sangat percaya bahwa bibit ini bisa tumbuh menjadi kebaikan bagi Desa Pernasidi, terlebih masyarakat Banyumas,” ungkap President Director Pertamina Foundation Agus Mashud.

Durian Bawor merupakan salah satu jenis durian kawinan dari durian Musang King dan durian Montong yang nilai ekonominya sangat tinggi. Tanaman buah jenis ini bisa tumbuh subur di daerah Banyumas dan menjadi tanaman produktif andalan.

Sesuai dengan nama programnya, Satu Keluarga Satu Pohon, setiap keluarga di desa ini akan mendapatkan satu bibit pohon yang diperkirakan akan berbuah dalam 2,5 tahun hingga 3 tahun. Diperkirakan, panen pertama akan menghasilkan sekitar 6 buah durian dan akan terus meningkat pada panen-panen berikutnya. Hal itu akan memberikan penghasilan tambahan bagi setiap keluarga.

CEO BenihBaik.com Andy F Noya berharap program ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang agroforestry di Banyumas. Andy menyebut pohon durian juga mempunyai peranan penting untuk mewujudkan keseimbangan alam dan fungsi manfaatnya untuk kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita berharap masyarakat Banyumas makin meningkat penghasilannya. Dengan kemauan yang keras dari masyarakat dan bergotong royong saling membantu, bantuan ini akan mampu mengentaskan masyarakat Desa Pernasidi dari kemiskinan," kata Andy.

Sementara itu, Ketua BPD Pernasidi Sukoco mengatakan warga Desa Pernasidi mengapresiasi inisiasi Pertamina Foundation bersama BenihBaik untuk memberdayakan masyarakat desa lewat program durian ini. “Semoga ini mampu meningkatkan ekonomi mereka," tutup Sukoco.(dwi)

#Aksi Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan