Waktunya Mengejar Ketinggalan Akademik Akibat Pandemi

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 28 Juli 2022
Waktunya Mengejar Ketinggalan Akademik Akibat Pandemi
Inilah saat yang tepat untuk menggunakan tahun ajaran baru untuk mengejar ketinggalan. (freepik/pch.vector)

PARA orangtua merasa lega dengan hadirnya tahun ajaran baru yang sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Setelah mendapatkan vaksinasi dan sekolah kembali normal, orangtua mungkin berpikir saatnya bisa bersantai, tapi ternyata tidak.

Meskipun kamu mungkin ingin beristirahat setelah lebih dari setahun mendampingi anak belajar dari rumah, sebelum melakukannya, orangtua perlu meluangkan untuk memeriksa perkembangan anak secara akademis dua tahun belakangan ini.

Baca Juga:

Kembali Sekolah Waspadai Jajanan yang Berbahaya

anak
Penting bagi orangtua untuk menanyakan secara lebih spesifik tentang kemajuan anak-anak. (freepik/gpointstudio)

Jika kemajuan anak-anak tidak sesuai dengan yang kamu atau guru mereka pikirkan, inilah saat yang tepat untuk menggunakan tahun ajaran baru untuk mengejar ketinggalan.

Meskipun kamu mungkin mengharapkan informasi itu datang dari guru, sadarilah bahwa mereka tidak pernah ingin memberi tahu orangtua bahwa anaknya tidak berkembang, dan mereka sangat berhati-hati dalam menyampaikan berita yang kurang positif tersebut.

"Saya menyebutnya Efek Pollyanna, di mana kecemasan seorang guru tentang membuat marah orangtua dapat mencegah mereka menyampaikan informasi penting, informasi yang mungkin perlu ditindaklanjuti oleh orangtua," ujar psikolog bersertifikasi Pamela D. Brown, PhD dalam artikelnya di Psychology Today (19/7).

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengambil langkah tersebut dan menanyakan secara lebih spesifik tentang kemajuan anak-anak, dan tidak perlu mengharapkan sekolah untuk datang dengan keprihatinan mereka.

"Orangtua harus mengajukan pertanyaan tentang kemajuan anak-anak mereka dengan cara yang mendorong guru untuk mempertimbangkan kinerja siswa secara lebih menyeluruh dan untuk berbicara dengan cara yang jelas dan berdasarkan data," ujarnya.

Baca Juga:

Anak Mogok Sekolah? Begini Bikin Lancar

anakl
Idealnya orangtua bekerjasama dengan sekolah membuat rencana untuk mempersempit kesenjangan. (freepik/tirachardz)

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk guru yang menggali sedikit lebih dalam, bukan hanya secara umum, "Bagaimana kondisi anak saya?"

1) Bagaimana hasil penilaian anak saya di kelas? Apakah Anda harus memodifikasi atau mengubah cara anak saya mengikuti tes? Apakah anak saya membutuhkan lebih banyak waktu, melakukan kesalahan yang ceroboh, terburu-buru, atau menyerah saat diuji?

2) Apakah anak saya tampaknya memahami suatu konsep dengan baik ketika guru menjelaskannya tetapi kemudian mengalami kesulitan untuk mendemonstrasikan pengetahuan ini dalam ujian?

3) Bagaimana keadaan anak saya dibandingkan dengan teman sekelasnya dan seberapa banyak? Meskipun beberapa guru ingin memberi tahu orangtua bahwa kedudukan anak-anak mereka berada di bawah rekan-rekan mereka, orangtua perlu mengetahui hal ini. Kamu tidak dapat mengejar ketinggalan jika tidak tahu seberapa jauh.

4) Jika kinerja mereka berada di tengah atau di bawah sebagian besar teman sekelas, kamu mungkin juga ingin bertanya apakah konsentrasi, usaha, motivasi, atau organisasi yang lebih baik dapat meningkatkannya secara signifikan. Dimensi pembelajaran ini sering menjadi penanda defisit fungsi eksekutif dan tantangan atensi seperti attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD).

5) Mungkin saja anak-anak kamu unggul dalam satu atau lebih mata pelajaran dan prestasi mereka mungkin jauh lebih tinggi daripada teman-temannya. Mengetahui seberapa besar kesenjangan ini dapat membantu kamu merencanakan pengayaan akademik mereka. Apakah guru merekomendasikan pekerjaan tambahan, bimbingan belajar, atau tes untuk anak?

"Perhatikan apakah beberapa pelajaran yang prestasinya lebih rendah berlangsung beberapa tahun atau jatuh dalam kerangka waktu yang lebih pendek. Kadang-kadang penjelasan untuk penurunan kinerja adalah karena anak baru membangun stamina atau sedang belajar. Kehilangan atau trauma dalam keluarga juga bisa menjadi penyebabnya," ujar Brown.

Dia mengingatkan untuk berhati-hati agar tidak mengabaikan kemungkinan penyebab potensial lainnya seperti masalah belajar atau diagnosis kesehatan perilaku. Ini masih bisa menjadi penjelasan untuk kinerja yang lebih rendah, bahkan dalam pandemi, dan pengaruhnya tidak boleh diabaikan.

Jika prestasi anak jauh di bawah sebagian besar teman sebayanya, idealnya kamu bekerjasama dengan sekolah membuat rencana untuk mempersempit kesenjangan itu. "Sebaiknya rencana dapat ditinjau kembali setelah periode intervensi yang wajar, apakah intervensi tersebut disampaikan oleh di rumah oleh orangtua, oleh tutor dari luar, atau di sekolah dengan guru reguler atau guru khusus," dia menerangkan.

Menurut Brown, kamu akan melihat pertumbuhan dalam enam sampai delapan minggu, dan hampir selalu akan ada pertumbuhan. "Pertanyaan yang lebih penting adalah apakah pertumbuhan itu cukup signifikan untuk menutup kesenjangan antara anak dan teman-temannya," ujarnya.

Jika kamu menemukan bahwa anak tidak membuat kemajuan yang signifikan, kamu mungkin perlu mencari evaluasi profesional untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang akar kesulitan anak, terutama jika tingkat peningkatannya minimal. (aru)

Baca Juga:

Cara Bermain Anak Tunjukkan Minat dan Bakatnya

#Lipsus Juli Liburan Sekolah #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan