Kpop
Member BTS Ungkap Cara Mereka Membagi Vokal Tanpa Drama BTS memiliki kebebasan menentukan pembagian vokal. (Foto Twitter@bts_bighit)

DALAM idola grup, pembagian menyanyikan lagu adalah salah satu topik perbincangan. Ada grup yang sudah diatur oleh agensinya perihal pembagian vokal. Porsi terbesar diberikan kepada main vocal atau kepada visual grup.

Sementara beberapa grup lainnya diberi kepercayaan penuh untuk mengatur pembagiannya. Mereka bebas menentukan siapa yang menyanyikan bagian mana tanpa harus terpaku pada aturan tertentu.Salah satu grup yang mendapat kepercayaan penuh untuk pembagian vokal adalah BTS.

Baca Juga:

Terkuak! Inilah Member BTS Yang Terlihat Menyeramkan Saat Marah

kpop
Member BTS mengerti betul porsi vokal masing-masing. (Foto Big Hit Erntertainment)

Sejak awal, Big Hit Entertainment memberi kesempatan pada RM dan kawan-kawan untuk menentukan bagian menyanyinya sendiri. Jika beberapa grup mungkin terlibat perdebatan karena masing-masing member ingin mendapat bagian menyanyi yang banyak, tidak demikian dengan BTS. Mereka mampu membagi vokal tanpa keributan. Tentu banyak yang kagum pada kemampuan mereka menentukan bagian vokal tanpa harus berdebat sengit.

Suga merasa bahwa mereka selalu bisa mempercayai satu sama lain dalam hal rekaman album atau pembuatan video musik. “Saya dapat mempercayai dan menyerahkan segalanya ke tangan para anggota dalam hal rekaman album atau pembuatan video musik. Saya percaya mereka bisa melakukannya dengan baik dan hasilnya selalu bagus juga. Kami mampu menyamakan kedudukan dengan sempurna terlepas dari siapa yang ada di depan dan siapa yang ada di belakang saya. Anehnya, menurut saya inilah yang disebut sebagai kerja tim," urainya seperti dikutip Majalah BTS Japan Fanclub Volume 8.

J-Hope, yang sebelumnya mengungkapkan pemikirannya tentang pembagian bagian, menambahkan bahwa sejak awal masing-masing member sudah tahu tugas dan perannya dalam kelompok. Hal itu tentu saja memudahkan mereka dalam mengerjakan proyek terbaru. "Peran setiap orang sudah ditetapkan sehingga semua orang tahu betul apa yang harus mereka lakukan," tuturnya.

Dalam hal distribusi lagu, Jungkook menyatakan bahwa secara alami bagian tertentu diberikan kepada orang yang paling cocok dengan karakter lagunya.

Baca Juga:

Teori Mencengangkan di Balik Single Terbaru BTS, Dynamite

kpop
Porsi diberikan sesuai dengan kebutuhan lagunya. (Foto: Koreaboo)

Jin setuju dengan ucapan Jungkook. Menurutnya setiap anggota memiliki gaya yang berbeda, wajar saja jika orang yang paling cocok untuk mengambil bagian. “Semua anggota kami memiliki suara yang berbeda, jadi tergantung pada gaya lagunya; itu akan dibawakan oleh orang yang paling cocok dengan getarannya. "

Ketika terjadi ketidaksepakatan, mereka akan langsung mendiskusikannya dengan baik. Semua orang bebas menyuarakan pendapatnya apabila pembagian vokal kurang tepat.

Itu tidak hanya berlaku saat mereka menentukan lagu. Mereka juga selalu mendiskusikan berbagai hal.Jika seseorang merasa khawatir atau cemas akan sesuatu, mereka memastikan untuk memberitahukan hal ini kepada anggota lainnya.

"Bahkan jika kita mengalami sesuatu yang pribadi, kita semua mendiskusikan masalah ini bersama. Begitulah cara kami mengambil keputusan lebih cepat dan menciptakan ikatan yang lebih dalam satu sama lain," terang Jungkook.

BTS berkali-kali membuktikan bahwa tidak masalah berapa banyak baris yang mereka miliki dalam sebuah lagu. Kerja tim adalah faktor terpenting bagi grup dan itulah yang membuat mereka terus maju dalam perjalanan bersama ini sebagai BTS. (avia)

Baca Juga:

Bukan Jadi Idola K-Pop, Inilah Profesi Impian Para Member BTS

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Platform Linguistik Ini Gunakan Teknologi AI
Fun
Platform Linguistik Ini Gunakan Teknologi AI

Indonesia dan Oman bekerjasama menghadirkan platform linguistik ini.

3 Film Berlatar Sekolah yang Seru Banget, Gen Z Wajib Nonton!
Fun
Libra, 3 Zodiak ini akan Jadi Soulmate Kamu
Fun
Libra, 3 Zodiak ini akan Jadi Soulmate Kamu

Yuk, dapatkan gebetan yang cocok menjelang ulang tahun.

Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah'
ShowBiz
Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah'

Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah' yang dipopulerkan oleh grup band Peterpan yang sudah berganti nama dengan NOAH

Rekor, Rupert Grint Gaet 1 Juta Pengikut dalam 4 Jam
ShowBiz
Rekor, Rupert Grint Gaet 1 Juta Pengikut dalam 4 Jam

Grint berhasil mengalahkan Attenborough dalam rekor di Instagram.

Genangan Air yang Bikin Heboh di Medsos
Fun
Genangan Air yang Bikin Heboh di Medsos

Sebuah akun instagram genangan air mendadak menjadi sorotan di media sosial, penyebabnya sangat mengejutkan

'DOTA: Dragon's Blood' Siap Rilis di Netflix
Fun
'DOTA: Dragon's Blood' Siap Rilis di Netflix

VALVE kini akan menceritakan seluk beluk kehidupan di dunia DOTA.

Makanan yang Bersifat Detoks bagi Ibu Hamil
Fun
Makanan yang Bersifat Detoks bagi Ibu Hamil

Selain makanan organik, berikut beberapa makanan sehat yang bisa membantu proses detoksifikasi ibu hamil

Risiko Serangan Jantung Lebih Tinggi Selama Liburan
Fun
Risiko Serangan Jantung Lebih Tinggi Selama Liburan

Benarkah liburan memicu serangan jantung.