Memahami Rambut Rontok setelah Melahirkan Setelah melahirkan, perempuan kerap mengalami kerontokan rambut. (pexels Bennie Lukas Bester)

KERONTOKAN rambut merupakan salah satu hal yang sering membuat perempuan khawatir, terlebih di masa setelah melahirkan. Selama kehamilan, peningkatan kadar esterogen memperlambat siklus alami kerontokan rambut. Akibatnya, beberapa perempuan kehilangan lebih sedikit rambut saat hamil. Namun, setelah melahirkan, rambut akan menjadi lebih mudah rontok. Kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan sesuatu yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Dr Amrendra Kumar, konsultan dermatologis dan ahli bedah trasnplantasi rambut, menjelaskan mengapa kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan hal yang normal. Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon secara tiba-tiba di dalam tubuh, khususnya perubahan kadar pada hormon progesteron dan estrogen yang mengalami penurunan setelah melahirkan.

BACA JUGA:

Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!

Selain itu, volume darah juga mengalami penurunan dan akan kembali normal setelah beberapa minggu. Tidak ada obat yang pasti untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Kamu hanya perlu bersabar untuk menunggu hormonmu kembali stabil.

Meski demikian, seperti dilansir Pinkvilla, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan unuk membuat kerontokan rambut tidak semakin parah.

makan sehat
Kerontokan rambut pascamelahirkan merupakan hal yang umum terjadi. (pexels Anthony Shkraba)

Pertama, menjaga pola makan. Kamu bisa saja melakukan diet sehat yang dapat membantu pemulihan secara keseluruhan dan mencegah kerontokan rambut setelah melahirkan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi agar tubuh selalu terhidrasi. Selain itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan vitamin D agar tidak memperpanjang kerontokan rambut. Nutrisi itu penting untuk ibu yang menyusui karena mereka membutuhkan kalori dan nutrisi lebih.

Kedua, kurangi memikirkan hal-hal yang akan membuat stres. Dengan mengurangi stres, kamu tidak hanya meminimalkan kerontokan rambut, tetapi juga membantu menyeseimbangkan hormon. Kamu bisa melakukan olahraga ringan secara teratur ataupun mencoba berbagai teknik relaksasi seperti mindfulness, meditasi, dan latihan pernapasan yang dapat membantu mengurangi stres.

Selanjutnya gunakan sampo dan kondisioner yang dapat menambahkan volume rambut yang dapat mencegah akar rambut menjadi rontok. Gunakan juga kondisioner yang bisa memberikan kelembapan pada rambut sekaligus meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kutikula batang rambut. Hindari penggunaan bahan kimia seperti pewarna untuk rambutm. Jangan gunakan pengering rambut atau pengeriting rambut dengan suhu yang tinggi.

makan sehat
Konsumsi makanan sehat setelah melahirkan agar rambut tetap terjaga dan bisa memberikan kebutuhan yang cukup untuk tubuh. (pexels Nathan Cowley)

Kerontokan rambut setelah melahirkan biasanya terjadi sekitar dua hingga empat bulan setelah melahirkan. Jumlah kerontokan pada setiap perempuan tentunya akan berbeda-beda. Rata-rata orang kehilangan sekitar 100 rambut per hari, tetapi tidak secara sekaligus, sehingga kamu tidak akan menyadarinya. Namun, jika kamu memiliki rambut yang lebih panjang atau mengalami banyak pertumbuhann rambut selama masa kehamilan, kerontokan rambut setelah melahirkan tampaknya akan lebih parah.

Namun, kerontokan rambut setelah melahirkan hanya bersifat sementara dan tidak perlu dikhawatirkan. Hal itu terjadi selama beberapa bulan saja. Pertumbuhan rambut normal biasanya akan terjadi setelah 6 bulan melahirkan. Kerontokan rambut setelah persalinan biasanya terjadi hingga satu tahun. Namu, jika kamu mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan lebih dari satu tahun, lebih baik kamu mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung.(dea)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
BTS Meal hingga Permen Dalgona Jadi Menu Paling Banyak Dibicarakan di 2021
Fun
BTS Meal hingga Permen Dalgona Jadi Menu Paling Banyak Dibicarakan di 2021

BTS Meal hingga permen dalgona sempat bikin warganet penasaran.

Dell XPS 13 Plus Resmi Dijual Kepasar
Fun
Dell XPS 13 Plus Resmi Dijual Kepasar

Laptop ini dimulai dari harga USD 1.299 atau sekitar Rp 18 juta.

OnePlus Nord 2 Hadir dengan Tema Pac-Man
Fun
OnePlus Nord 2 Hadir dengan Tema Pac-Man

OnePlus telah mengumumkan smartphone edisi khusus Pac-Man terbaru dari seri Nord 2.

Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial
Fun
Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial

alat penurun berat badan kontroversial bernama DentalSlim Diet Control dirancang untuk memungkinkan penggunanya membuka mulut hanya sekitar 2 mm saja. Sehingga membuat pengguna tidak dapat mengunyah sambil tetap bernapas dan berbicara.

IDI Berharap Ada Vaksin COVID-19 Untuk Anak-Anak
Fun
IDI Berharap Ada Vaksin COVID-19 Untuk Anak-Anak

Ikatan Dokter Indonesia Berharap pemerintah menyiapkan langkah untuk memberikan Vaksin COVID-19 bagi Anak-Anak

J Cole Rilis Video Musik Lagu 'Punchin' the Clock'
ShowBiz
J Cole Rilis Video Musik Lagu 'Punchin' the Clock'

J. Cole kembali gandeng Scott Lazer untuk video musik p u n c h i n ‘ . t h e . c l o c k.

Soundwave Serukan #DanceTo2022 lewat Single 'Sing and Dance With Me'
ShowBiz
Soundwave Serukan #DanceTo2022 lewat Single 'Sing and Dance With Me'

Perjalanan comeback Soundwave berlanjut di 2022.

Gaya Rok untuk Comeback ENHYPEN
ShowBiz
Gaya Rok untuk Comeback ENHYPEN

Terlihat fashionable.

4 Hal yang Bikin ‘Squid Game’ Berbeda dari Tayangan Survival Lainnya
ShowBiz
Pentingnya Kelola Keuangan untuk Biaya Darurat
Fun
Pentingnya Kelola Keuangan untuk Biaya Darurat

Siapkan dana darurat sejak dini.