Selebritas
Meira Anastasia: Baperan Itu Enggak Salah dan Lebay Kok Meira Anastasia. (Foto: Instagram/@Meiraanastasia)

RASA insecure yang parah bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental. Rasa insekuritas yang tinggi bisa menyebabkan kita terpuruk pada 'kekurangan', merasa diri sendiri tidak pernah cukup, dan menganggap seolah-lah kita tidak memiliki kelebihan sama sekali. Padahal, hal-hal yang kamu anggap 'kekurangan' itu sendiri bisa menjadi kelebihan yang patut kamu banggakan.

Insecure merupakan rasa yang wajar dialami oleh manusia. Rasanya hampir semua orang pernah merasa tidak puas dan tidak percaya diri terhadap diri mereka sendiri. Bahkan, sebagian orang menderita akibat rasa insecure yang menghantui mereka setiap saat, salah satunya adalah Meira Anastasia, sang co-sutradara film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan.

Meira mulai merasa 'kurang cantik' sebagai istri Ernest Prakarsa sejak para penggemar suaminya mulai menyerang penampilan fisik Meira. Gayanya yang unik dan nyentrik seolah berlawanan dengan standar kecantikan perempuan di masyarakat seperti memiliki kulit yang putih, rambut panjang, serta berpenampilan feminin.

Baca juga:

Ladies, Jangan Bermental Ditraktir Pria Terus Dong

Saat itu, Meira sempat setuju dan 'mengiyakan' komentar netizen yang mengatakan bahwa dirinya 'kurang cantik'. "Aku langsung menyalahkan diriku sendiri, 'iya ya, memang aku enggak cukup jadi istrinya Ernest'," ungkap Meira dalam acara virtual healing SeHaTi beberapa waktu lalu.

Meira pun mulai mengikuti standar kecantikan masyarakat tersebut dan merasa dirinya kurang cantik kala itu. Ia mengaku sangat dihantui oleh rasa insekuritasnya dan itu mengganggu seluruh aspek kehidupannya di dunia nyata.

"Kebayang enggak sih, dengan satu kalimat itu aja, virtual lho, di dunia maya. Kita enggak ketemu orangnya, kita enggak tahu siapa yang nulis, tapi sakit hatinya tuh bener-bener kerasa banget sampai di dunia nyata," ungkap Meira.

Meski begitu, Meira menyadari bahwa rasa insekuritas itu manusiawi. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapinya. Kemunculan buku Imperfect merupakan bentuk perlawanan Meira yang mengatakan ia tidak mau disetir oleh insecurities.

Baca juga:

Makna Berkencan 100 tahun lalu vs. Sekarang

Meira merasa bahwa orang yang sensitif atau suka sakit hati seringkali dianggap 'si baperan', dan tidak bisa diajak bercanda.

"itu mindset yang memang sudah turun-temurun, orang yang ngerasa sakit hati, atau sensitif itu dianggap yang salah. Padahal, sebenernya enggak. Tuhan kasih kita perasaan, perasaan datang dari Tuhan, bukan manusia yang mengada-ada. Tuhan berikan akal budi, dan salah satunya itu ya perasaan juga," jelasnya panjang lebar.

Manusia diciptakan dengan berbagai macam perasaan, sehingga kita tidak bisa menyalahkan jika ada orang yang terpicu untuk marah, sedih, insecure, dan kepikiran banget ketika dikomentari orang lain.

Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas perasaanmu. Tidak ada salahnya menjadi orang yang sensitif, karena itu merupakan perasaan wajar. Jangan biarkan orang lain membuat kamu jadi tidak bersyukur atas dirimu sendiri.

Di sisi lain, kita juga harus lebih berhati-hati sebelum berucap atau bertindak. Walau kamu tidak bermaksud, tetapi bisa saja omongan atau tindakan kita mampu menyakiti hati orang lain. (shn)

Baca juga:

Belajar Bermental Juara Seperti Karakter Seo Dal-mi di Drakor 'Start Up'

Penulis : annehs annehs
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menikah di Atas Pesawat, Tertarik?
Fun
Menikah di Atas Pesawat, Tertarik?

Program yang diberi nama Weddings in the Sky ini dijamin memberikan pengalaman tiada duanya buat pasangan

5 Akibat dari Makan Terlalu Cepat
Fun
5 Akibat dari Makan Terlalu Cepat

Makan dengan cepat dapat menimbulkan berbagai gangguan.

Intip Persiapan Lebaran Selebriti Indonesia di Tengah Pandemi
ShowBiz
Intip Persiapan Lebaran Selebriti Indonesia di Tengah Pandemi

tidak mengurangi euforia dalam persiapan menjelang hari raya.

Begini Jadinya Punya Teman Musisi di Tongkrongan
Fun
Begini Jadinya Punya Teman Musisi di Tongkrongan

Nyanyi di tongkrongan itu emang bikin memorable.

Cuplikan Jurassic World 3 Perlihatkan Dinosaurus di Zaman Purba
Fun
Cuplikan Jurassic World 3 Perlihatkan Dinosaurus di Zaman Purba

Belum ada trailernya, cuma cuplikan pendek.

Tak Banyak yang Tahu, The Beatles Kagumi Bob Dylan
ShowBiz
Tak Banyak yang Tahu, The Beatles Kagumi Bob Dylan

The Beatles dan Bob Dylan memiliki hubungan satu arah.

Cara Mengenali Predator Seks Menurut Ahli
Fun
Cara Mengenali Predator Seks Menurut Ahli

Lindungi diri dengan baik dan kenali gerak-gerik mereka

Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun
Fun
Bagi-Bagi Game Terus. Epic Games Rugi Rp4,8 triliun

Epic Games merugi sampai tahun 2027.

Kendall Jenner Debut bersama Michael Kors di New York Fashion Week
ShowBiz
Ulang Tahun ke-15, Super Junior: Terima Kasih ELF
ShowBiz
Ulang Tahun ke-15, Super Junior: Terima Kasih ELF

Super Junior tak lekang oleh waktu.