Masjid Carita Banten Peninggalan Pasca Letusan Gunung Krakatau 1883 Masjid Agung Carita, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: disbudpar.bantenprov.go.id)

MerahPutih Wisata - Masjid Carita merupakan salah satu masjid tua di daerah Banten. Masjid Carita tak jauh dari kawasan wisata Pantai Carita. Jika Anda berwisata ke Carita, tak ada salahnya menyempatkan diri berwisata religius di masjid yang berumur seratus tahun lebih ini.

Mesjid Carita terletak di Kampung Pagedongan, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita. Mesjid Carita terletak kurang lebih 51 kilometer ke arah barat dari Kota Pandeglang. Juga dapat ditempuh dari pesisir utara melewati Pantai Anyer, Serang. Jika dari Ibu Kota Serang berjarak kurang lebih 76 kilometer.

Kedahsyatan letusan Gunung Krakatau memang meluluhlantakan daerah pesisir. Salah satu bangunan terdampak letusan yaitu Masjid Caringin, masjid lebih tua tak jauh dari Carita yaitu di Desa Caringin. Masjid Caringin mengalami kerusakan akibat Gunung Krakatau lalu dibangun kembali 10 tahun kemudian. Berbeda dengan Masjid Caringin, Masjid Carita dibangun pasca meletusnya Gunung Krakatau.

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat secara turun temurun, Masjid Carita berdiri pada tanggal 27 Haji 1309 H atau 1889 M, atau enam tahun setelah Gunung Krakatau meletus pada 1883. Pembangunan masjid ini selesai pada tanggal 30 Jumadil Awal 1315 H atau 1895 M.

Hingga saat ini, Masjid Carita masih dapat digunakan sebagai untuk aktivitas ibadah masyarakat setempat, juga menjadi destinasi wisata religius di kawasan itu. Masjid Carita berdiri megah di atas pondasi setinggi 90 centimeter. Denah ruang utama mesjid berbentuk empat persegi dengan ukuran 12 x 12 meter dengan tegel kuning berukuran 20 cm x 20 cm.

Bentuk atap Mesjid Carita bertingkat atau tumpang yang berjumlah empat tingkatan. Arsitektur pengaruh lokal terlihat pada komponen pelipit seperti pada candi dan mustoko atau kubah. Sementara pengaruh asing terlihat pada tiang-tiang semu atau pilaster seperti pada bangunan kolonial.

Bagi Anda yang sedang berwisata ke daerah Pantai Carita, atau pantai-pantai lain di pesisir barat Banten, singgah ke Mesjid Carita bisa menjadi pilihan untuk beristirahat, sambil menikmati keindahan arsitektur tempat ibadah masa lalu.


BACA JUGA:

  1. Situs Patapan, Jejak Peradaban Megalitikum di Banten
  2. Masjid Caringin Bukti Pemberontakan Rakyat Banten kepada Daendels
  3. Kembali ke Zaman Megalitikum Lewat Situs Lebak Kosala di Banten
  4. Kesenian Buaya Putih Seserahan Ala Banten
  5. Mengenal Masyarakat Adat Citorek di Banten


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH