Otomotif

Marquez Hengkang, Red Bull Berhenti Sponsori Honda MotoGP

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 16 November 2023
Marquez Hengkang, Red Bull Berhenti Sponsori Honda MotoGP
Red Bull akan menjadi sponsor pribadi Marc Marquez dan tim Gresini Racing Ducati. (Foto: Honda Racing Corporation)

RED Bull telah menjadi sponsor bagi tim Repsol Honda sejak musim 2006, terkait dengan pembalap seperti Nicky Hayden dan Dani Pedrosa. Namun, Red Bull memang baru muncul di livery motor Repsol Honda pada 2015, dua tahun setelah Marc Marquez debut di MotoGP dan meraih gelar juara.

Sejak saat itu, logo Red Bull telah terlihat di semua motor Repsol Honda. Namun, kontrak sponsor antara perusahaan minuman energi Austria dan pabrikan Jepang itu memiliki klausul yang memungkinkan Red Bull mengakhiri kontrak jika Marquez meninggalkan tim.

Pemenang gelar juara dunia MotoGP enam kali itu mengumumkan keputusannya bulan lalu untuk berpisah dari Honda, kemitraan yang telah berlangsung sejak 2013.

Baca juga:

Marc Marquez Dukung Program Kesehatan Mata di Haiti

Red Bull akan menjadi sponsor pribadi Marc Marquez. (Foto: Honda Racing Corporation)

Dirinya akan bergabung dengan tim Gresini Ducati. Menyusul keputusan Marquez, Red Bull juga akhirnya memutuskan hubungan kerja sama mereka dengan sang pabrikan Jepang akhir tahun ini, seperti diwartakan Motorsport, Selasa (14/11).

Berdasarkan perjanjian tersebut, kesepakatan dapat diakhiri jika pabrikan berlogo sayap tunggal kehilangan Marquez, namun Honda juga dilarang membawa iklan dari merek minuman berenergi lain hingga 2025.

Sumber dari Honda telah mengonfirmasi bahwa Red Bull akan menggunakan klausul untuk mengakhiri sponsor tim pada 2024. Selain itu, Honda juga dilarang membawa iklan dari merek minuman berenergi pesaing Red Bull hingga akhir tahun depan.

Dengan kepergian Red Bull sebagai sponsor, yang kabarnya akan menjadi sponsor tim Gresini karena merupakan pendukung pribadi Marquez, sumber dari Honda mengindikasikan bahwa kontribusi dari mitra lain juga dapat berkurang.

Baca juga:

Marc Marquez Sewakan Motorhome-nya via Airbnb

Honda tak bisa gaet sponsor minuman lain hingga akhir 2024. (Foto: Honda Racing Corporation)

Sementara saat ini Repsol terlihat akan terus bersama Honda setidaknya satu tahun lagi, musim depan bisa menjadi musim terakhir Repsol sebagai sponsor utama Honda setelah tiga dekade kemitraan yang tak terputus.

Bagi Honda, meski kehilangan sponsor Red Bull dan kemungkinan pengurangan kontribusi dari merek lain, ini mungkin tidak menjadi masalah yang tak teratasi dalam jangka pendek.

Penghematan sekitar 20 juta euro (sekitar Rp 335 miliar) dari tidak membayar gaji Marquez pada 2024 diharapkan dapat mengkompensasi kerugian tersebut dan mendukung pengembangan motor pabrikan asal Tokyo itu dalam jangka pendek. (waf)

Baca juga:

Marc Marquez Tak akan Terima Gaji di Gresini Ducati

#MotoGP #Marc Marquez
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan