Kesehatan Mental

Manfaat Stress Ball untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 08 Agustus 2023
Manfaat Stress Ball untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Bola pengurang stres bermanfaat untuk fisik dan psikis. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

BOLA pengurang stres sering kali digunakan sebagai sarana untuk meredakan tekanan dan kecemasan. Namun, manfaatnya bagi kesehatan ternyata tidak terbatas hanya pada itu. Bola ini umumnya terbuat dari silikon dan mampu memperkuat otot tangan dan jari.

Bola pengurang stres memiliki ukuran sebesar genggaman tangan sehingga mudah digenggam dan dapat kembali ke bentuk semula setelah diremas. Selain itu, bola pengurang stres bisa berfungsi sebagai alat terapi untuk mengendalikan stres dengan meredakan perasaan cemas dan gelisah.

Cara untuk memanfaatkan bola pengurang stres sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu meremas bola tersebut secara berulang. Manfaat yang diperoleh dari penggunaan bola pengurang stres sangatlah beragam, seperti dilaporkan Alodokter berikut ini:

Baca juga:

Dermatolog Anjurkan Setop Sentuh Wajah Sendiri

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Bola pengurang stres bisa redakan kecemasan. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Bola pengurang stres bermanfaat dalam meredakan stres, kecemasan, dan bahkan rasa panik. Ketiga kondisi tersebut dapat timbul akibat beban pikiran yang berat serta pengaruh pada produksi hormon stres dan fungsi sistem saraf. Pada akhirnya, tubuh menjadi tegang.

2. Mengalihkan Pikiran Negatif

Alihkan pikiran negatif dengan bola pengurang stress. (Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Dengan meremas bola secara teratur, pikiran-pikiran negatif terkait masalah kehidupan dapat dialihkan sementara. Dengan begitu, sistem saraf menjadi lebih rileks dan ketegangan fisik yang timbul selama masa stres dapat mereda perlahan.

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Bola pengurang stres bantu tingkatkan fokus dan konsentrasi. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Bola pengurang stres tidak hanya membantu mengurangi stres, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sebuah studi pada 29 siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa penggunaan bola pengurang stres dapat meningkatkan konsentrasi belajar.

Baca juga:

4. Memperkuat Otot Pergelangan Tangan

Bola pengurang stres juga bermanfaat untuk tingkatkan kemampuan fisik. (Foto: Pexels/Luis Quintero)

Gerakan meremas atau memegang bola secara teratur dapat memperkuat otot di sekitar sendi pergelangan tangan dan jari. Bahkan, suatu studi menyatakan bahwa penggunaan bola pengurang stres secara rutin dapat membantu meredakan peradangan sendi pergelangan tangan.

5. Mengatasi Nyeri Sendi

Atasi nyeri sendi pada pergelangan tangan dengan bola pengurang stres. (Foto: Pexels/Pixabay)

Bola pengurang stres juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi, termasuk yang disebabkan oleh sindrom terowongan karpal. Gerakan meremas bola dapat meningkatkan kekuatan jari tangan, yang dapat membantu meredakan nyeri berulang pada sendi tangan.

Bila kamu telah menggunakan bola pengurang stres untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, tapi keluhan yang kamu rasakan tetap bertahan atau bahkan memburuk, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. (waf)

Baca juga:

Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat

#Olahraga #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan