Kecantikan
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Minyak kelapa murni juga kaya akan polifenol, yang memberikan sifat antioksidan pelindung. (Foto: freepik/jcomp)

ADA banyak jenis minyak rambut nabati di luar sana, tapi bisa dibilang yang paling dikenal tentunya minyak kelapa. Minyak ini dipercaya memiliki manfaat untuk segala hal mulai dari kulit kering hingga masalah kulit kepala. Belum lagi minyak kelapa dapat dikonsumsi dan merupakan bahan pokok dapur yang dapat dengan mudah melakukan tugas ganda dalam rutinitas perawatan kecantikan.

Semua minyak nabati yang digunakan dalam produk kecantikan kecantikan memiliki kombinasi asam lemak omega dan komponen lain yang berbeda. Perbedaan rasio inilah yang memberi setiap minyak nabati manfaat dan kualitas sensoriknya yang spesifik, jelas Krupa Koestline, ahli kimia kosmetik yang alami dan pendiri KKT Consultants.

Minyak kelapa murni, khususnya, kaya akan asam laurat, miristat, palmitat, dan terutama mengandung dari medium chain triglycerides (MCT), katanya seperti diberitakan Real Simple.

Komposisi unik inilah mengapa minyak kelapa menawarkan banyak manfaat. Pertama dan terpenting, seperti kebanyakan minyak, bahan ini merupakan pengemulsi yang hebat, artinya membantu menambah kelembapan untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.

Namun, asam laurat juga membuatnya antimikroba alami, dan meminimalkan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka, tambah Anar Mikaliov, MD, dokter kulit bersertifikat di Burlington, Massachusetts, AS, dan pendiri KP Away.

Karena alasan itulah, minyak kelapa telah terbukti membantu sangat bermanfaat bagi penderita eksim. Minyak kelapa murni juga kaya akan polifenol, yang memberikan sifat antioksidan pelindung, menurut Koestline.

Baca juga:

Minyak Sawit Sintestis Solusi Alternatif Penyelamat Hutan

Minyak kelapa untuk rambut

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Minyak kelapa juga sangat ideal untuk melembapkan, mengkondisikan, dan menghilangkan kusut. (Foto: 123RF/serezniy)

Sebelumnya, ingatlah bahwa kamu sebaiknya selalu memilih minyak kelapa murni, saran Ife J. Rodney, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Eternal Dermatology di Fulton, Maryland, AS. Bentuk murni minyak ini mengandung lebih banyak nutrisi daripada versi yang telah diproses.

Mungkin sedikit lebih mahal, tetapi kabar baiknya adalah kandungan MCT yang tinggi dari minyak berarti lebih tahan terhadap oksidasi, alias akan memiliki umur simpan yang lebih lama daripada minyak nabati lainnya, kata Koestline.

Jika kamu ingin menggunakan minyak kelapa sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut, ingatlah manfaatnya akan terasa pada rambut dan kulit kepala. Dalam hal helai rambut, minyak kelapa sangat baik untuk menembus secara efektif ke dalam batang rambut. Karena kandungan asam lauratnya yang tinggi, yang memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut, serta berat molekul minyak yang rendah.

Minyak kelapa juga sangat ideal untuk melembapkan, mengkondisikan, dan menghilangkan kusut, kata Rodney. Cara termudah untuk menuai manfaat ini? Cukup pijat 1 hingga 2 sendok teh minyak kelapa — tergantung pada ketebalan dan panjang rambut, di bagian tengah dan ujungnya, dan diamkan selama beberapa jam sebelum dicuci.

Karena minyak kelapa juga bermanfaat untuk kulit, berarti juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit kepala. "Ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan mengembalikan kelembapan kulit yang kering dan meradang," kata Mikaliov.

Dia mengutip satu penelitian yang menemukan minyak kelapa meningkatkan keseimbangan mikrobioma di kulit kepala, terutama yang berketombe. "Ini menyebabkan peningkatan bakteri 'baik' serta peningkatan biotin dan vitamin B lainnya yang disekresikan oleh bakteri ini yang mengurangi peradangan, meningkatkan kualitas penghalang kulit, kesehatan kulit kepala, dan bahkan dapat membantu pertumbuhan rambut," katanya.

Untuk menggunakannya sebagai perawatan kulit kepala, pijat sedikit dan biarkan selama 10 hingga 20 menit sebelum mencuci rambut.

Baca juga:

Merawat Kulit Berjerawat dan Berminyak

Minyak kelapa untuk kulit

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
Jika kamu akan menggunakannya sebagai pelembap, aplikasikan setelah selesai mandi. (Foto: Unsplash/Chelsea Shapouri)

Kedua ahli kulit mencatat bahwa, meskipun minyak kelapa adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang memiliki kulit kering atau rentan eksim dan bekerja dengan baik pada tubuh, minyak itu bukan pilihan yang tepat bagi mereka yang berjerawat.

Mikaliov mengatakan, penderita jerawat mungkin menganggapnya terlalu oklusif, atau terlalu 'berat'. Sementara, Rodney berpendapat minyak itu sangat komedogenik, "Ini bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan lebih banyak jerawat."

Namun, Koestline tidak setuju dan mengatakan, reputasi minyak kelapa sebagai penyumbat pori tidak dibenarkan. Berbagai faktor lain, yaitu perubahan hormon, diet, stres, perawatan kulit lainnya, semuanya berperan dalam penyebab pori-pori tersumbat, dan bukan hanya akibat bahan yang dimaksud.

Jika kamu memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, kamu mungkin ingin melakukan perawatan dengan minyak kelapa secara hati-hati agar aman. Pertimbangkan untuk menggunakan minyak kelapa hanya untuk tubuh dan/atau rambut, bukan pada wajah.

Manfaat yang tidak terbantahkan yaitu minyak kelapa sangat bagus untuk digunakan sebagai penghapus riasan. Untuk rutinitas kecantikan kulit ini, siapa pun dapat menggunakan minyak kelapa selama kamu melanjutkan langkah dengan pembersih yang efektif setelahnya.

Jika kamu akan menggunakannya sebagai pelembap, cara terbaik adalah dengan mengaplikasikan ketika kamu baru saja selesai mandi, karena itu akan membantu mengunci hidrasi dan menjaga kulit tetap lembut dan halus. (aru)

Baca juga:

Minyak Rosemary, Kunci Rambut Sehat Alami

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'The Simpsons' Gandeng Aktor Tuli untuk Pertama Kalinya
ShowBiz
'The Simpsons' Gandeng Aktor Tuli untuk Pertama Kalinya

Episode itu berjudul The Sound of Bleeding Gums.

Bidik Millennial, Hush Puppies Terapkan Konsep Virtual Store
Fashion
Bidik Millennial, Hush Puppies Terapkan Konsep Virtual Store

Hush Puppies kembali membuka tokonya di 23 Paskal Shopping Center dengan konsep nan luas serta display yang lebih modern.

Perangkat Canggih dari Jepang Bikin Siapa pun jadi Penyanyi Profesional
Fun
Perangkat Canggih dari Jepang Bikin Siapa pun jadi Penyanyi Profesional

Inovasi baru untuk melatih kemampuan bernyanyi seseorang.

Kemilau Tamra Nusantara Jadi Pembuka JF3 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Kemilau Tamra Nusantara Jadi Pembuka JF3 2022

Seluruh mata justru tertuju pada anting, kalung, gelang, dan cincin nan berkilauan bermandi semburat cahaya

Shad Rilis Bagasi E48SR, Cocok Buat Motor Sport!
Hiburan & Gaya Hidup
Shad Rilis Bagasi E48SR, Cocok Buat Motor Sport!

Shad merilis bagasi tipe E48SR yang cocok digunakan pada motor sport. Harganya dibanderol sekitar Rp 5,3 jutaan.

Pelatnas Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai
Fun
Pelatnas Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai

Pelatnas Tim Esports Indonesia akan dilakukan dua tahap.

Toge Productions Akuisisi Tahoe Games
Fun
Toge Productions Akuisisi Tahoe Games

Developer Game Indonesia ini mengeluarkan Rp 4 miliar untuk berkolaborasi dengan Tahoe Games.

General Motors Janji Tak Akan Tinggalkan Mesin Bensin
Fun
General Motors Janji Tak Akan Tinggalkan Mesin Bensin

Penjualan mobil listrik belum bisa menghasilkan uang.