Hari Air Sedunia

Makna Hari Air Sedunia Bagi Nugie

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 22 Maret 2018
Makna Hari Air Sedunia Bagi Nugie
Nugie. (foto: MP/Ikhsan Digdo)

SETIAP 22 Maret, seluruh dunia merayakan Hari Air. Saking pentingnya air, sampai ada hari khusus untuk memeringatinya. Munculnya peringatan khusus untuk air salah satunya disebabkan masih banyak yang peduli dengan kehadiran air dalam kehidupan.

Musisi Nugie misalnya. Ia memang dikenal sebagai pegiat lingkungan hidup. Pada 2005, ia juga dijadikan Duta Lingkungan Hidup. Ya, karena mencintai lingkungan, tidak lupa pemilik nama lengkap Agustinus Gusti Nugroho itu menghargai keberadaan air sebagai sumber kehidupan.

Nugie mengapresiasi adanya Hari Air Sedunia. Alasannya, kehadiran hari khusus itu menunjukkan bahwa masih banyaknya rasa peduli setiap negara terhadap air karena sangat terkait dengan kehidupan manusia.

"Masyarakat Indonesia dan dunia masih menganggap air penting jadi dibikin Hari Air ini. Bahwa manusia dan air mempunyai satu kebutuhan yang besar," tutur Nugie saat ditemui Merahputih.com di BSD, Tangerang Selatan.

Terkait dengan hal itu, Nugie mengajak berbagi kalangan masyarakat agar lebih wajar menggunakan air. Selama ini, menurutnya, ia banyak menemukan pemakaian air yang amat boros.

Bukan cuma saat mandi. Begitu pula saat minum air. Dalam hal ini, ia memiliki takaran sendiri agar penggunaan air bisa hemat.

"Mulai dari sekarang, ukur penggunaan air kita sendiri di rumah melalui wadah-wadah gelas. Saya misalnya minum 3 liter sehari, itu ada botolnya sendiri," saran Nugie.

Yang terpenting juga saat mandi. Sebaiknya tidak lagi memakai gayung, tapi shower. Menurutnya, air yang keluar dari shower akan lebih hemat ketimbang saat diambil dengan gayung.

"Abis itu, mandi dengan shower berapa menit menyiram badan. Moga-moga itu jadi suatu kebiasaan di 2018 ini intuk mengingat Hari Air Sedunia," sambungnya.

Ia lalu menambahkan, perlu ada kerja sama yang baik antarsesama untuk mewujudkan penghematan air. Selain itu, ia mengusulkan aturan tertentu dalam menggunakan air untuk keperluan.

"Paling gak minta punya kontribusi dengan persediaan Air yang ada. Kerja sama yang baik harus terjadi dan ada regulasi," ungkapnya.

Untuk itulah, ia menekankan pentingnya penghematan air oleh berbagai kalangan, bukan kalangan tertentu saja. Jadi penting ya bagi Anda Sahabat Merah Putih untuk mulai mengubah kebiasaan boros menggunakan air di Hari Air Sedunia ini.

"Masyarakat memiliki kepentingan sama menyelamatkan sumber mata air dengan cara melakukan perubahan gaya hidup," pungkasnya. (Ikh)

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan