Kesehatan Mental

Manfaat Menertawakan Diri Sendiri

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 05 Desember 2022
Manfaat Menertawakan Diri Sendiri
Dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. (Foto: Unsplash/Jamie Brown)

APA yang kamu bayangkan saat harus menertawakan diri sendiri? Aneh bukan? Meski begitu, menertawakan diri sendiri rupanya memberikan banyak manfaat, khususnya dalam meningkatkan harga diri dan kesadaran diri.

Menertawakan diri bukan berarti kamu harus tertawa sendiri tanpa alasan yang jelas, ya. Namun, menertawakan diri sendiri yang tepat adalah ketika kamu mampu melihat dirimu dengan sentuhan humor atau dari sudut pandang yang lebih santai. Mengutip laman Alodokter, berikut manfaat menertawakan diri sendiri.

Baca juga:

Berkah Menjadi Seorang Introver

1. Meningkatkan self-esteem

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan pernah berbuat salah. Nah, daripada terus-menerus menyalahkan diri sendiri karena kekurangan yang dimiliki atau kesalahan yang terjadi, coba deh pandang hal tersebut dari sisi lain, seperti kelucuannya.

Menurut penelitian, situasi sulit yang dipandang sebagai humor dan ditertawakan akan terasa lebih mudah untuk dihadapi. Hal ini pun akhirnya bisa menumbuhkan self-esteem dalam dirimu.

Manfaat Menertawakan Diri Sendiri
Artinya kamu punya selera humor yang tidak kaku. (Foto: Unsplash/Brian Lundquist)

2. Meningkatkan self-awareness

Self-awareness atau kesadaran diri bisa ditingkatkan dengan menertawakan diri sendiri. Saat mampu menertawakan diri sendiri, artinya kamu bisa mengenali kekurangan yang ada di dalam dirimu dan menganggapnya sebagai hal normal.

Selain itu, kamu juga akan lebih memahami semua hal yang ada di dalam dirimu, termasuk kebiasaan sehari-hari, motivasi, dan tujuan hidup. Nah, pemahaman ini dapat kamu gunakan untuk mengubah hal-hal kurang baik yang ada di dalam hidup.

Baca juga:

Waspadai Denial of Pregnancy Syndrome, Seberapa Berbahaya?

3. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Saat menertawakan diri sendiri, kebanyakan orang akan lebih tertarik menjalin hubungan dengan orang yang punya selera humor dan tidak kaku. Misalnya, kamu sering membuat lelucon tentang diri sendiri dan menertawakannya.

Jenis humor seperti ini akan membuat orang lain melihat dirimu sebagai soosk yang menyenangkan, rendah hati, nyaman dengna diri sendiri, dan tidak mudah menghakimi kekurangan orang lain.

Manfaat Menertawakan Diri Sendiri
Jangan terlalu sering menertawakan diri sendiri dan orang lain secara berlebihan. (Foto: Unsplash/Surface)

4. Mengatasi stres

Saat dihadapkan pada situasi yang menegangkan, secara tidak sadar tubuh kita akan merespons hal tersebut sebagai suaut ancaman, sehingga kadar stres akan meningkat. Nah, supaya kadar stres bisa mereda, hadapilah situasi tersebut dengan lebih santai.

Salah satu caranya adalah menertawakannya. Dengan begitu, kamu diharapkan mampu menghadapi situasi yang menegangkan dengan lebih tangugh dan berdaya.

Kamu boleh menertawakan diri sendiri tetapi jangan sampai berlebihan, karena justru terkesan merendahkan diri sendiri. Selain itu, hindari juga menertawakan orang lain di ranah yang penting, misalnya lingkungan akademik atau pekerjaan. (and)

Baca juga:

Depresi dan Kesedihan, Serupa Namun Tak Sama

#Lipsus Desember Kesehatan Mental #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan