Manfaat dari Dada Ayam untuk Kesehatanmu Daging ayam punya banyak manfaat (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

RENDAH kalori dan jumlah protein tinggi, dada ayam menjadi salah satu bahan pokok terbaik untuk menurunkan berat badan. Dada ayam juga memiliki citarasa dan tekstur khas sehingga menjadi hidangan penting di banyak masakan di seluruh dunia.

Dilansir dari Boldsky, dada ayam sudah cukup untuk memberi kita separuh protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu dada ayam sangat penting bagi tubuh kita dalam banyak hal. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya.

Baca juga:

Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

1. Mempertahankan massa otot

Mempertahankan masa otot (Foto: Boldsky)
Mempertahankan masa otot (Foto: Boldsky)

Selain lezat, dada ayam adalah produk daging terbaik untuk meningkatkan massa otot. Protein dalam bagian tubuh unggas ini membantu membangun dan mempertahankan massa otot dan meningkatkan kekuatan.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Menurunkan berat badan (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)


Dada ayam adalah sumber protein yang bagus dan sangat rendah kalori. Menurut Database Nutrien Nasional Departemen Pertanian AS, 3 ons dada ayam yang dimasak hanya mengandung sekitar 130 kalori.

Baca juga:

Pisang Merah, si Langka yang Kaya Manfaat

3. Menjadikan tidur yang sehat

Menjadikan tidur yang sehat (Foto: Boldsky)
Menjadikan tidur yang sehat (Foto: Boldsky)

Makanan menakjubkan ini mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menstabilkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan. Ini meningkatkan konsentrasi carnosine dan anserine di otak yang membantu mengobati masalah konsentrasi dan fokus.


4. Membangun sel darah merah

Membangun sel darah merah (Foto: Boldsky)
Membangun sel darah merah (Foto: Boldsky)


Semua produk daging kaya akan vitamin B12 yang penting untuk produksi sel darah merah dan pembuatan saraf di tubuh kita. Dada ayam adalah sumber vitamin yang baik dan mengkonsumsinya mencegah risiko penyakit seperti anemia dan penyakit Crohn.


5. Mengurangi stres oksidatif

Mengurangi stres oksidatif (Foto: Boldsky)
Mengurangi stres oksidatif (Foto: Boldsky)


Produk unggas ini mengandung selenium, jenis antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang membantu mencegah penyakit seperti kanker, diabetes, stroke, asma, Alzheimer dan banyak lagi. (Yni)

Baca juga:

5 Manfaat dari Biji Markisa. Sudah Tahu?

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH