Malam Ini, Dua Bandara Yogyakarta Stop Penerbangan Penumpang Komersial Suasana di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Jumat (24/4) siang (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Penerbangan penumpang komersial di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan Bandara Adisutjipto (JOG) Daerah Istimewa Yogyakarta DIY dihentikan sementara mulai Jumat (24/04) pukul 20.00 WIB. Penghentian ini berlangsung sampai 1 Juni 2020.

General Manager Bandara Adisutjipto dan PTS General Manager YIA Agus Pandu Purnama menjelaskan kedua bandara akan difungsikan mengangkut layanan logistik dan penerbangan khusus.

Baca Juga:

Besok, KAI Daop 6 Yogyakarta-Solo Hentikan Semua Perjalanan KA Jarak Jauh

"Penerbangan komersial penumpang dihentikan mulai malam nanti. Tapi Masih bisa untuk pengiriman barang dan penerbangan khusus yang dikecualikan sesuai dengan Permenhub RI Nomor 25 Tahun 2020," jelas Pandu di Yogyakarta, Jumat (24/4).

Dua bandara di Yogyakarta hentikan operasional pesawat komersial
Dua bandara di Yogyakarta hentikan semua operasional pesawat komersial (MP/Teresa Ika)

Penerbangan khusus yang masih diperbolehkan diantaranya penerbangan Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia, tamu/wakil kenegaraan, perwakilan organisasi internasional.

Selain itu diperbolehkan juga penerbangan khusus repatriasi pemulangan WNI maupun WNA dan Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

"Pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang khusus untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, dan sanitasi serta pangan,"bebernya.

Angkasa Pura I telah menyiapkan pengaturan parking stand pesawat bagi pesawat yang akan parkir long stay pada periode ini sehingga tidak mengganggu operasional pesawat kargo.

Pandu melanjutkan pengertian sementara operational dilakukan untuk merespon pelarangan mudik dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Penumpang yang hendak membatalkan tiket bisa segera menghubungi pihak maskapai. Namun AP 1 menyiapkan counter customer servise maskapai di YIA dan Adisutjipto untuk tempat pengurusan tiket.

Para penumpang pesawat di Bandara YIA
Penumpang pesawat di Bandara YIA pada Jumat (24/4) (MP/Teresa Ika)

Bagi masyarakat yang ingin melakukan proses refund, reroute, atau reschedule di bandara bisa segera mengurusnya di customer service maskapai di area check in keberangkatan .

"Kami imbau masyarakat menghubungi pihak maskapai terlebih dahulu untuk mengatur waktu kedatangan ke bandara. Agar tidak terjadi penumpukan di bandara,"pungkas dia.

Baca Juga:

Larangan Mudik Dikeluarkan, Ribuan Orang Kembalikan Tiket Kereta

Pantauan merahputih.com siang tadi masih banyak penumpang yang berpergian menggunakan pesawat di bandara YIA. Namun Pandu mengatakan jumlah penumpang sudah menurun lebih dari 80 persen.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta.

Baca Juga:

Mudik Dilarang, Bandara Adi Soemarmo Solo Berhenti Beroperasi

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH