Makna Baju Adat Paksian Jokowi di Sidang Tahunan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 16 Agustus 2022
Makna Baju Adat Paksian Jokowi di Sidang Tahunan
Jokowi mengenakan baju Paksian asal Bangka Belitung. (Foto: Youtube@Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung saat menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD dan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2022 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Seperti dilansir ANTARA, Selasa (16/8), Jokowi tiba di kompleks parlemen sekitar pukul 09.00 WIB didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin beserta istri, Wury Ma'ruf Amin, tiba lebih dulu sekitar pukul 08.48 WIB.

Seperti yang diketahui, Jokowi kerap mengenakan pakaian adat setiap kali menghadiri sidang tahunan dan pidato kenegaraan. Sebut saja di 2019, ia mengenakan baju adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat, di 2020 baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur, dan 2021 mengenakan baju adat Baduy dari Banten. Dalam kesempatan kali ini, Jokowi memilih baju Paksian asal Bangka Belitung dengan dominan warna hijau dan motif pucuk rebung.

Baca juga:

Jokowi Sebut IKN Nusantara Bukan Hanya untuk ASN tapi Juga Inovator-Wirausahawan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

"Dengan motif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan, dan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan," ungkap Jokowi, dalam unggahan video di Instagram @jokowi.

Baju ini terdiri dari jubah panjang sebatas betis, celana panjang, selempang, dan kain tenun cual khas Bangka Belitung. Tidak lupa juga penutup kepala yang disebut sungkon.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo nampak anggun dengan kebaya berwarna merah muda, lengkap dengan hijab berwarna senada. Penampilan Iriana tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Baca juga:

Puan Kenakan Kebaya Kutubaru dan Batik Motif Semen Rama

Makna Baju Adat Paksian Jokowi di Sidang Tahunan
Wapres Ma'aruf Amin mengenakan pakaian adat Solo. (foto: Youtube@Sekretariat Presiden)


Ma'ruf Amin hadir mengenakan pakaian adat Solo dengan belangkon, sedangkan Wury Ma'ruf Amin mengenakan kebaya model kartini berwarna hijau. Ma'ruf Amin memilih pakaian atas berupa setelan sikepan hitam dipadu dalaman putih idengan hiasan rantai arloji di dada menemani lambang kepresidenan, serta memakai belangkon trepes atau rata di bagian belakang. Adapun untuk bawahan, Ma'ruf Amin memakai kain jarik batik cokelat motif sidomukti dan selop berwarna emas.

Jokowi hadir di kompleks parlemen untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR-RI, Sidang Bersama DPR RI, dan DPD RI Tahun 2022, serta Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

Jokowi diagendakan menyampaikan pidato kenegaraan serta pengantar RAPBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan. Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022. Kegiatan ini dapat disaksikan melalui tayangan langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden. (and)

Baca juga:

Jokowi Belum Tentukan Baju Adat yang akan Dipakai saat Upacara HUT RI

#Lipsus Agustus Adat Indonesia #Fashion #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan