Makin Canggih, Apple Tengah Kembangkan Teknologi 6G Apple tengah kembangkan teknologi 6G yang sangat canggih (Foto: mobileworldlive)

BEBERAPA bulan lalu Apple baru saja meluncurkan iPhone 5G pertamanya, namun saat ini raksasa teknologi tersebut dikabarkan tengah mengembangkan teknologi 6G.

Seperti yang dilansir dari 9to5Mac, Bloomberg melaporkan bahwa Apple tengah membuka lowongan kerja untuk teknisi penliti, yang bertugas untuk mengembangkan teknologi 6G.

Baca Juga:

Apple Batasi Kata Kunci 'Asia' di Browser, Ada Apa?

Proyek tersebut dikabarkan berlokasi di kantor Apple, yang terletak di Silicon Valley serta San Diego. Kedua tempat itu juga merupakan lokasi apple mengembangkan teknologi wireless-nya dan juga desain chip.

Apple dikabarkan membuka lowongan kerja untuk pengembangan teknologi 6G (Foto: pixabay/3005398)

Lowongan kerja tersebut bertuliskan "Kalian akan memiliki kesempatan unik dan bermanfaat, dalam menciptakan teknologi wireless selanjutnya, yang nantinya akan berdampak besar pada produk Apple masa depan,"

Selain itu, dalam pengumuman lowongan kerja itu juga tertulis "Dalam peran ini kamu akan menjadi pusat dari kelompok penelitian tercanggih yang bertanggung jawab menciptakan teknologi akses radio yang akan menghebohkan generasi masa depan selama beberapa dekade ke depan,".

Sementara itu, teknologi 6G tersebut diperkirakan baru akan bergulir di tahun 2030. Menurut informasi pada deskripsi rekrutmennya, Apple tampak tidak sabar untuk turut serta dalam pengembangan teknologi baru sajak awal.

Baca Juga:

Apple Akan Gandeng General Motors Untuk Pembuatan Mobil?

Sedikit informasi, di akhir tahun lalu Apple telah bergabung dengan Next G Alliance, sebuah kelompok industri yang didirikan oleh Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS). Kelompok tersebut bertujuan untuk menguatkan kepempimpinan Ameroika Utara di 6G, selama beberapa puluh tahun kedepan.

teknologi 6G akan menghadirkan kecepatan internet 100 kali lipat lebih cepat dibanding 5G (Foto: euronews)

Kelompok Next G Alliance tersebut, beranggotakan sejumlah perusahaan teknologi ternama. Seperti Charter, Cisco, Google, Intel, Lg, Mitre, VMware, Mavenir, Hewlett-Packard dan Keysight Technologies.

Bicara soal teknologi 6G, saat ini baru hadir dalam bentuk konsep dan belum menjadi kenyataan. Namun, tahun lalu, Tiongkok sempat meluncurkan satelit 6G eksperimental ke luar angkasa, guna meneliti teknologi tersebut lebih jauh.

Di sisi lain, pada September 2020 lalu, operator telekomunikasi AS AT&T menuturkan bahwa para teknisinya mulai mengerjakan jaringan 6G.

Mengenai teknologi 6G, sejumlah analis mengatakan bahwa teknologi itu akan menghadirkan kecepatan internet 100 kali lipat lebih cepat dibanding 5G. (Ryn)

Baca Juga:

Apple Akan Hadirkan Kembali Touch ID di iPhone 13?

Kanal