Makanan-Makanan Ini Punya Asal-Usulnya Ada sejarah di balik makanan-makanan ini. (Foto: Potato Rolls)

MAKANAN capat saji yang biasa kita jumpai dalam keseharian tak muncul begitu saja. Ada asal-usul terciptanya makanan tersebut yang membuatnya terkenal sampai ke pelosok bumi.

Dirangkum dari berbagai sumber, makanan-makanan ini memiliki keunikan dalam pencatatan sejarahnya.


Baca Juga:

Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik untuk Makan? ini Jawaban Para Ahli


1. Hotdog

makan
Hot dog dulu bernama dachshund. (Foto: Leite's Culinaria)


Hotdog sudah tidak asing lagi. Meskipun namanya ada kata dog namun bukan berarti memakain daging anjing, tidak sama sekali! Awalnya hotdog disebut dengan dachshund atau little-dog oleh orang Jerman. Dachshund adalah jenis anjing yang masuk dalam keluarga berkaki pendek dan berbadan panjang. Sebutan ini muncul karena mengingatkan orang-orang di Jerman pada bentuk sosis yang mirip dengan bentuk anjing tersebut.

Ada juga yang mengatakan bahwa nama itu muncul dari seorang pria bernama Tad Dorgan di New York yang melihat pedagang hot dog itu. Pedagang itu menamakan dagangannya hot dachshund sausage. Karena ia tidak bisa menyebutkan kata itu dalam bahasa Jerman itu maka Dorgan menyebutnya dengan hot dog.


2. French Fries

makan
French fries bukan berasal dari Prancis. (Foto: The Splendid Table)

Makanan yang satu ini memang paling nikmat dikonsumsi ketika kita sedang santai. Meskipun terdapat kata french, ternyata kentang goreng ini bukan berasal dari Prancis, lho, melainkan dari Belgia yang sudah ada sejak awal tahun 1600-an.

Bermula dari tentara Amerika Serikat yang berada di Belgia saat masa Perang Dunia I, yang menyantap kentang goreng. Mereka menyebut kata French karena pada saat itu penduduk di sana berbicara bahasa Prancis untuk berkomunikasi. Sementara kata Fries adalah proses pembuatan kentang dengan cara digoreng.


3. Fettucine Alfredo

makan
Berasal dari nama pemilik restoran di Roma. (Foto: Food Network)

Asal usul nama pasta yang lezat ini beradal dari nama pembuatnya, yakni Alfredo di Lelio, pemilik salah satu restoran di Roma. Saat itu istri Alfredo kehilangan nafsu makan selama kehamilan kedua. Untuk membangkitkan nafsu makan tersebut, ia kemudian membuat pasta dengan campuran keju, mentega, dan krim kental. Alhasil, istri Alfredo pun menyukainya. Sang istri memutuskan untuk menambahkan pasta tersebut ke dalam menu restorannya. Hingga kini, beberapa orang menyukai pasta Fettucine Alfredo karena rasanya yang gurih dan sudah mendunia.

Baca Juga:

Sudah Makan Masih Lapar? Berikut Penjelasannya


4. Sandwich

makan
Paduan sayuran, daging, tomat, dan keju membuat sandwich menjadi lebih lezat. (Foto: Lady's Choice)

Sandwich merupakan hidangan lezat yang terdiri dari dua roti dengan berbagai varian isi di dalamnya, seperti sayuran, daging, tomat, dan keju. Lebih nikmat lagi jika ditambahkan mayones. Sejarah sandwich ternyata sudah ada sejak abad ke-18. John Montagu, Earl of Sandwich IV, merupakan salah satu penggemar berat permainan kartu kelas. Ia bahkan tidak mau istirahat untuk makan ketika sedang bermain judi. Akhirnnya, ia meminta seorang pelayan untuk membawakannya sepotong daging yang diisi di antara dua potong roti panggang. Dengan begitu ia bisa makan tanpa menghentikan permainan kartunya.


5. S’more

makan
Makanan lezat yang diapit dua buah cracker. (Foto: Elite Daily)


S’more merupakan makanan manis yang terdiri dari marshmallow dan lapisan cokelat yang diapit di antara dua potong cracker. Resep hidangan ini pertama kali muncul dalam buku Tramping and Trailing with Girl Scouts yang diterbitkan Girl Scouts tahun 1927. Kata S’more merupaan singkatan dari Some More, ini karena rasanya yang enak membuat pemakannya ingin lagi dan lagi. (And)

Baca Juga:



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH