Makanan dan Minuman yang Manjur Membakar Kalori Makanan dan minuman yang ternyata mampu membakar kalori dalam tubuh. (Foto: Pixabay/couleur)

MENGONSUMSI makanan yang benar juga berperan membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Proses makan juga dapat membantu membakar kalori. Kalori sendiri memiliki peran untuk membantu mengunyah, mencerna, dan menyimpan makanan. Para ilmuwan menyebutnya sebagai efek termal makanan atau TEF.

TEF atau efek termal makanan merupakan komponen primer dari total pengeluaran energi harian TDEE). Ini adalah jumlah total kalori seseorang yang dibakar seharian. Semua yang kamu lakukan di siang hari akan mampu membakar kalori, termasuk makan.

Baca Juga:

Dapatkan Tubuh Ideal dan Sehat dengan Memangkas Jumlah Kalori

Dikutip dari Very Well Fit, makanan dengan kandungan protein dapat menolong tubuh membakar lebih banyak kalori, juga menambah massa otot.

Kopi

makan
Kopi membakar kalori pada tubuh sebanyak 15%. (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Berfungsi membantu membakar kalori lebih banyak. Menurut studi International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengatakan bahwa meminum kafein sesaat sebelum olahraga dapat membakar kalori 15 persen lebih banyak.


Seledri

makan
Dapat menurunkan risiko darah tinggi. (Foto: Pixabay/VIVIANE6276)


Biasa digunakan sebagai bahan masakan maupun minuman jus. Seledri juga dipilih untuk menurunkan risiko darah tinggi. Seledri juga berfungsi untuk membantu membakar kalori lebih banyak. Terdiri dari kandungan utama berupa air, seledri mengandung kalori yang rendah. Disarankan diolah dalam bentuk jus atau diolah untuk campuran sup. Selain itu juga dapat dikonsumsi bersama dengan saus celupan yogurt.

Salmon

makan
Kandungan proteinnya tinggi namun sedikit lemak. (Foto: Pixabay/Shutterbug75)

Terkenal dengan kandungan asam omega-3, mengkonsumsi 2 porsi ikan salomn dalam seminggu akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Memiliki kandungan protein yang tinggi dan sedikit lemak.

Baca Juga:

5 Makanan Enak Paling Rendah Kalori Buat Kamu yang Sedang Diet

Makanan pedas

makan
Mengandung capcaisin pada cabai. (Foto: Pixabay/Louis Hansel)

Merupakan jenis makanan favorit orang Indonesia. Dengan kandungan capcaisin dalam cabai yang memungkinkan peningkatan perasaan kenyang. Dengan memakan makanan pedas akan membuat seseorang akan merasa lebih cepat kenyang.

Teh hijau

teh
Membakar kalori lebih banyak. (Foto: Pixabay/naturalogy)

Dipercaya dari dulu sebagai salah satu tumbuhan untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan juga membakar kalori lebih banyak. Hasil penelitian mengatakan bahwa meminum 2 sampai 3 cangkir teh hijau per hari dapat membantu menurunkan berat badan. (lgi)


Baca Juga:

Ternyata Terong Tinggi Kalorinya!

Kredit : leonard


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH