Makan Kentang Goreng Tiap Hari, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Kamu Kentang goreng ternyata menyimpan maut. (Foto: Pixabay/hansbenn)

FRENCH fries yaitu bahasa paling populer untuk kentang goreng. Dengan embel-embel "french" atau Prancis, terkesan sangat mewah. French fries berarti "kentang goreng ala Perancis."

Di Indonesia, kentang goreng juga sangat populer. Tak hanya di restoran-restoran cepat saji, kentang goreng juga banyak dijual sebagai menu street food atau jajanan jalan. Rasanya memang enak.

Namun, apakah kentang goreng baik untuk kesehatan? Seperti dilansir FoodPrevent, kentang goreng sebaiknya dihindari dan tidak dimakan setiap hari. Kalau kamu melakukannya, hal-hal berikut ini akan terjadi.

1. Berat badan naik tapi tidak sehat

Obesitas. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)
Obesitas. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Kentang goreng termasuk karbohidrat olahan kompleks yang membuatnya masuk dalam kategori "buruk" yang tidak berubah menjadi energi baik. Dengan sedikit atau tanpa berolahraga, kentang goreng bakal menghasilkan penambahan berat badan yang berlebihan.

2. Dapat meningkatkan risiko kanker

Kentang goreng. (Foto: Pixabay/Cairomoon)
Kentang goreng. (Foto: Pixabay/Cairomoon)

Sebuah dugaan mengarah bahwa makanan yang digoreng seperti kentang goreng dapat meningkatkan risiko kanker bahkan menjadi penyebabnya. Sebuah studi pada contoh tikus menembukan bahwa suatu zat dalam kentang goreng, yaitu akrilamida, dapat menyebabka kanker.

3. Kamu akan kehilangan beberapa fungsi otak dan saraf

 Sel saraf. (Foto: Pixabay/ColiN00B)
Sel saraf. (Foto: Pixabay/ColiN00B)

Akrilamida, zat terdapat dalam kentang goreng, diproduksi ketika sayuran mengandung asam amino asparagine seperti kentang dipanaskan hingga suhu tinggi dengan tambahan gula. Studi ilmuwan dari Amerikan Chemical Society menemukan bahwa zat itu mampu menyebabkan kerusakan saraf pada manusia, termasuk kelemahan otot dan gangguan koordinasi otot.


4. Kamu bisa mati muda

Kentang goreng. (Foto: Pixabay/Pexels)
Kentang goreng. (Foto: Pixabay/Pexels)

Obesitas, penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, hilangnya fungsi saraf dan otak. Semuanya merupakan penyebab utama kematian manusia. Dapat disimpulkan bahwa konsumsi kentang goreng terlalu sering bisa meningkatkan risiko kematian. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Lakukan Liburan Detoks Digital untuk Menghilangkan Kecanduan Gawai

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH