Kesehatan

Makan Bunga Kembang Sepatu dan Rasakan Manfaatnya

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 26 Juli 2021
Makan Bunga Kembang Sepatu dan Rasakan Manfaatnya
Hibiscus berbeda dengan Rosella tetapi masih termasuk satu keluarga. (Foto: Unsplash/Rajesh Rajput)

KAMU pasti pernah mendengar atau melihat bunga kembang sepatu atau biasa dikenal dengan nama hibicus. Tanaman yang masih termasuk dalam keluarga bunga rosella ini sangat umum karena ada lebih dari 200 jenis bunga dan ditanam hampir di setiap benua. Ukuran dan warnanya pun beragam dari yang putih, kuning pucat dan ada juga yang berwarna biru, tetapi jenis yang paling umum memiliki warna merah muda, ungu, merah, dan merah pekat.

Secara tradisional, kembang sepatu memiliki banyak kegunaan dalam pengobatan, makanan, minuman, dan lainnya. Petani sering menggunakan daun dan biji untuk memberi makan manusia dan ternak. Bijinya bisa dipanen untuk dimakan, dipanggang, digunakan untuk minyak, atau digiling, dan ditambahkan ke sup atau saus. Daun dan pucuknya dimasak atau dimakan mentah sebagai sayuran pahit atau dikeringkan dan digiling untuk ditambahkan sebagai penyedap rasa asam untuk sayuran.

Baca juga:

Bunga-Bunga Ini Memberikan Manfaat Kesehatan yang Besar

Rasa pedasnya yang kuat memberikan rasa segar pada makanan ketika digabungkan dengan sirup atau pemanis sederhana. Bunga ini lebih cocok untuk makanan manis seperti sebagai penyedap untuk selai, jeli, es krim, kue tar, cokelat, puding, dan kue, tetapi juga bisa untuk melengkapi makanan gurih seperti mentega, saus dan bahkan acar. Di Sudan, sering dimasak dengan bawang atau kacang tanah.

Biasanya digunakan untuk membuat teh non-kafein. (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)

Segar atau kering, kelopak bunga ini biasa digunakan dalam minuman panas dan dingin, termasuk teh non-kafein, minuman ringan, anggur (bila difermentasi) dan minuman lainnya. Di Sudan dan Nigeria, bunga ini direbus dengan gula untuk membuat minuman cranberry non-alkohol yang populer dan disebut sebagai zoborodo atau zobo. Di Mesir, bunga ini digunakan untuk membuat teh yang disebut karkade.

Baca juga:

Saffron, Putik Bunga dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Menurut Today, biji, daun, buah, akar dan kelopak bunga kembang sepatu dapat digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu cara paling umum untuk mengonsumsinya sambil minum teh. Caranya adalah mengambil kelopak kering pada bunga kemudian direndam dalam air panas atau dingin untuk menghasilkan teh asam seperti cranberry dengan warna merah-ungu yang serasi. Kamu hanya perlu menambahkan gula jika ingin rasanya lebih manis.

Sering digunakan untuk pengobatan tradisional. (Foto: Unsplash/The Pop D Shop)

Bunga ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan herbal selama berabad-abad. Hibiscus adalah sumber vitamin C yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Bunga ini juga dikenal dalam pengobatan herbal untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol dan kadar trigliserida.

Dalam pengobatan tradisional di daerah tropis, ekstraknya telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sakit gigi dan infeksi saluran kemih hingga pilek dan mabuk. Berbagai bagian tanaman juga telah digunakan untuk pencegahan penyakit seperti diabetes, kanker, hipertensi dan obesitas.

Asam buah dalam kembang sepatu telah diketahui bekerja seperti diuretik alami, yang dapat membantu menjaga pencernaan kamu untuk tetap berjalan lancar. Namun, jangan mengonsumsi kembang sepatu terlalu banyak. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bunga kembang sepatu dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati. (tel)

Baca juga:

3 Teh Herbal yang Memiliki Manfaat Kesehatan Terbesar

#Kesehatan #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan