Bunga-Bunga Ini Memberikan Manfaat Kesehatan yang Besar Bunga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. (Foto: Pixabay/jill111)

BUNGA memberikan kesan indah dan asri ketika mekar pada tangakainya. Apalagi yang memiliki keharuman, seolah memberikan wewangian alami di tempat itu. Banyak filosofi yang kemudian menyelimuti bunga-bunga tertentu. Bahkan menjadi perlambang-perlambang yang merujuk pada situasi atau kondisi tertentu. Semisalnya kematian, pernikahan sampai menyatakan rasa cinta.

Ternyata tak hanya keindahan dan keharumannya saja yang bermanfaat. Menurut berbagai sumber ternyata bunga juga memberikan dampak lainnya.


Telang

telang
Bunga telang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: seddbunga.com)


Bunga telang adalah salah satu tanaman bunga yang mudah untuk ditemukan dimana saja. Mulai dari di hutan sampai di taman-taman sebagai bunga pemanis pekarangan. Bunga berwarna biru terang ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesahatan lho. Seperti menggobati gangguan mata, obat batuk dan cuci darah. Bahkan secara tradisonal bunga ini dikenal bisa mengatasi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh perempuan yang sedang mensturasi.


Lavender

lavender
Lavender bermanfaat untuk mengurangi kecemasan. (Foto: Pixabay/castleguard)

Bunga kecil berwarna ungu ini terkenal memiliki kemampuan untuk meredakan kecemasan dan mengurangi stres. Aroma bunga lavender banyak digunakan untuk mengurangi sakit kepala, gangguan tidur, dan ketegangan. Lavender dapat kamu konsumsi untuk membuat kulit kamu lebih cantik dan bercahaya. Tidak hanya itu, lavender juga sangat baik bagi penderita tekanan darah rendah.


Rosella

rosella
Rosella mempunya manfaat pengobatan alternatif. (Foto: Pixabay/josepmonter)

Beberapa tahun belakangan ini, manfaat bunga rosella sedang menjadi buah bibir di kalangan pencinta pengobatan alternatif. Bunga rosella yang berasal dari Afrika ini kini sudah dibudidayakan di banyak daerah. Bunga rosella memiliki beberapa manfaat yaitu seperti anti kanker, sebagai obat diabetes, menjaga metabolism, dan masih banyak manfaat lainnya.


Mawar

mawar
Mawar mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan. (Foto: Pixabay/congerdesign)


Bunga mawar umumnya dikenal sebagai perlambang cinta. Bunga mawar juga dikenal bermanfaat untuk kecantikan dan aromanya yang di sukai banyak orang. Ternyata bunga mawar juga digunakan sebagai perawatan kulit seperti mengobati jerawat dan menghilangkan eksim. Selain itu banyak juga yang menggunakan bunga mawar untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan nyeri haid.

Melati

melati
Melati adalah salah satu bunga yang paling popular karena keharumannya. (Foto: Pixabay/alexas_fotos)


Bunga melati adalah salah satu bunya yang sangat popular. Bunga melati sering dimanfaatkan sebagai bahan minyak wangi, teh, dan kosmetik, Bunga melati juga memiliki berbagai manfaat menurunkan demam, sariawan, obat asma, dan mengatasi bisul. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH