Makam Kapten TB Muslihat Bukti Patriotisme Margonda Makam TB Muslihat, di Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor. (foto: Ardi)

MerahPutih Budaya - Mungkin, bagi sebagian masyarakat luas masih asing ketika mendengar nama Kapten Tubagus Muslihat dan Margonda. Namun untuk warga Bogor dan Depok, kedua nama tersebut sejatinya akan selalu melekat di dalam hati.

Dua dari sekian banyaknya pejuang revolusi bangsa, mereka ini sangat memberikan andil besar dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kedekatan yang sudah terjalin ketika sering berkumpul di Markas Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Bogor, menjadikan Kapten TB Muslihat dan Margonda semakin terikat hubungan emosional yang kuat. Adapun Kapten TB Muslihat ketika itu menjabat sebagai Komandan Kompi II Batalion II TKR, sedangkan Margonda adalah seorang Pimpinan Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI).

Sebagaimana didaraskan oleh Maksum (33), Petugas Dinas Sosial Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor bahwa perjuangan kedua pahlawan tersebut, hingga kini masih harum dan akan terus terjaga dari cerita lisan turun-temurun.

"Dua pemuda itu (TB Muslihat dan Margonda) sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat sini. Keberaniannya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, patut dijadikan tauladan," tutur Maksum, di area Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor, Jawa Barat,  Selasa (16/2).

Pusara ini (TB Muslihat), tambah Maksum, mungkin yang lebih tahu keberanian Margonda, pahlawan yang asli dari Bogor. "Belum lagi, kalau dari cerita yang saya dapat, Margonda merupakan pemuda yang cerdas. Dan akhir kisah hidupnya sangat mengharukan," tambah dia dengan kedua bola matanya yang berkaca-kaca.

"Itu yang bikin kami semua agak sedih. Untuk Kapten TB Muslihat, makamnya masih dapat kita jumpai. Namun bagi Margonda, belum diketahui hingga saat ini," tutupnya yang semakin menyentuh hati.

Seperti yang dikatakan oleh Maksum, Kapten TB Muslihat akhirnya wafat di sekitar area Taman Topi di mana dibangun patung beliau sebagai pengingat dan juga nama jalan. Sedangkan Margonda yang tewas di Depok akibat serangan tentara sekutu. Berkat pengorbanan itulah, pada jalan utama Depok diberi nama Jalan Margonda. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Jajanan Murah, Tempat Nyaman di Depok
  2. Manjakan Anak dengan Ecotainment di Godong Ijo Depok
  3. Lebih Dekat Mengenal Burung Unta di Godong Ijo Depok
  4. Sanggar Primitif, UKM Unggulan di Depok
  5. Lika-Liku Patilasan Keramat Beji Depok

 



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH