Mainan Pancing Magnet DIY, Alternatif Hiburan Seru untuk Anak di Rumah Pancingan magnet, alternatif mainan seru buat anak #DiRumahAja (Foto: Kalia Silva-Phillips/EHow)

WALAU kamu dan keluarga diimbau untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah, tapi kamu tetap dapat berkreasi agar bisa melaksanakannya di dalam rumah lho. Memancing misalnya. Tapi, memangnya bisa memancing #DiRumahAja? Tentu saja! Jawabannya adalah dengan mambuat kreasi mainan pancingan dengan magnet.

Baca juga:

Tetap Produktif Semasa Karantina ala Mick Jagger

Kegiatan ini akan menjadi solusi menyenangkan agar anak enggak cepat bosan di rumah. Selain itu pancingan magnet ini juga akan membantu melatih kemampuan motoriknya dan pastinya mudah untuk dibuat. Seperti dikutip dari laman EHow, ini dia tutorialnya.

Perlatan yang dibutuhkan

Mainan Pancing Magnet DIY, Alternatif Hiburan Seru untuk Anak di Rumah
Bahan yang dipakai sederhana dan mudah didapatkan (Foto: Kalia Silva-Phillips/EHow)

Dalam membuat mainan yang satu ini kamu membutuhkan kontainer atau ember besar yang nantinya akan dipakai sebagai 'kolam'. Kemudian untuk membuat ikannya kamu memerlukan kertas foam karena bahannya tahan air dan cukup tebal sehingga nantinya bisa diambil. Beberapa paper clips, segulung benang, gunting, lem tembak, tongkat kayu, dan magnet pastinya.

Baca juga:

Buat Sendiri Barbel untuk Berolahraga di Rumah

Langkah pembuatannya

Mainan Pancing Magnet DIY, Alternatif Hiburan Seru untuk Anak di Rumah
Berikan lubang ikan kertas dan masukkan paper clip (Foto: Kalia Silva-Phillips/EHow)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat ikannya. Ambil kertas foam dan gambar ikan kemudian gunting satu-satu.

Jumlahnya tergantung dengan berapa banyak anak yang akan berpartisipasi dalam permainan ini. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk menghias ikannya dengan mata, sirip, ekor, dan sebagainya.

Kemudian, lubangi ikan-ikan yang sudah jadi di bagian wajah ikan. Setelahnya masukkan paper clip ke dalamnya. Nah, paper clip ini yang nantinya akan ditangkap sama magnet yang berada di pancingan.

Selanjutnya siapkan tongkat kayu dan ikan dengan tali atau benang di bagian ujung tongkat. Sementara ujung tali lainnya yang tidak diikat ditempel dengan magnet.

Terakhir, orangtua hanya tinggal memasukkan air ke dalam kontainer atau wadah dan taruh ikan-ikan di dalamnya. Cara bermainnya bisa dilakukan dengan mengatur timer dalam berapa menit berapa ikan yang bisa ditangkap.

Mudah dan menyenangkan bukan? Daripada anak main gawai atau nonton TV terus bisa dicoba nih pancingan magnet untuk jadi alternatif permainan seru buat anak. (sam)

Baca juga:

5 Tips Memasak Out of the Box yang Sangat Membantumu!


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH