Buat Sendiri Barbel untuk Berolahraga di Rumah Barbel DIY (Foto: eHow/Trisha Sprouse)

MENGHABISKAN lebih banyak waktu di rumah punya keistimewaan tersendiri, satu di antaranya yakni kesempatan untuk lebih memerhatikan kebugaran tubuh dan merawat diri. Benar, kamu bisa melakukan banyak hal yang biasanya dilakukan di pusat kebugaran ketika di rumah. Namun terkadang kamu merasa dibatasi karena kurangnya peralatan.

Baca juga:

Tetap Produktif Semasa Karantina ala Mick Jagger

Jangan khawatir, waktu luang yang kamu miliki juga bisa digunakan untuk membuat berbagai hal, termasuk alat olahraga. Menggunakan pipa PVC dan beberapa benda lain, kamu bisa membuat sendiri barbel untuk menunjang kegiatan olahraga di rumah. Begini cara membuatnya seperti yang dirangkum dari laman eHow.

Benda yang dibutuhkan:

1 Pipa PVC berukuran 1 inci

4 Penutup pipa PVC berukuran 1 inci

Lem pipa

Alat pemotong pipa

Cat semprot

Pasir atau kerikil

Cara Membuatnya:

Buat Sendiri Barbel untuk Berolahraga di Rumah
Siapkan pemotong untuk memotong pipa menjadi bagian lebih kecil (Foto: eHow/Trisha Sprouse)

Pertama, potong pipa PVC menjadi dua bagian, masing-masing 6 inci atau seukuran botol kecil. Jika kamu menginginkan barbell yang lebih berat, panjang potongan pipa bisa disesuaikan. Setelah itu cat potongan dan penutup pipa sesuai dengan warna yang kamu inginkan, bebas.

Buat Sendiri Barbel untuk Berolahraga di Rumah
Berikan warna agar pipa terlihat modern (Foto: eHow/Trisha Sprouse)

Jika cat sudah mengering, lapisi bagian dalam tutup pipa menggunakan lem dan tempelkan ke salah satu ujung potongan pipa. Tunggu sampai mengering. Selanjutnya, isi potongan pipa dengan pasir atau kerikil. Kamu bisa masukkan batu-batu kecil untuk menambah berat pada barbel.

Buat Sendiri Barbel untuk Berolahraga di Rumah
Isi pasir sesuai beban yang diinginkan (Foto: eHow/Trisha Sprouse)

Setelah kedua pipa terisi penuh dengan pasir sesuai dengan beban yang kamu inginkan, kembali berikan lem pada tutup pipa yang tersisa. Terakhir, tempelkan tutup pipa pada ujung pipa yang belum tertutup. Selesai!

Sederhana, mudah namun tidak kalah modern. Barbel DIY ini akan menunjang berbagai kegiatan olaragamu selama di rumah. Bisa digunakan sambil senam aerobik, yoga, atau sekadar latihan angkat beban. Selamat mencoba! (adp)

Baca juga:

5 Tips Memasak Out of the Box yang Sangat Membantumu!

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH