Lucu dan tak Ribet Diurus, 4 Hewan Peliharaan Lucu ini Bisa Jadi Pilihan Punya hewan peliharaan bisa menyenangkan. (foto: newidea.co.au)

PUNYA hewan peliharaan memberi banyak pengaruh positif bagi kehidupan kita. Selain bisa memberikan kebahagiaan dan menghilangkan penat, hewan peliharaan juga bisa membuat kita lebih bertanggung jawab.

Jika kamu orang yang memiliki banyak kegiatan, peliharaan lucu yang enggak ribet ini bisa banget nih jadi pilihan kamu. Tidak repot, hewan-hewan ini juga menggemaskan dan tidak banyak memakan biaya loh! Yuk pilih salah satu!

BACA JUGA: Tertarik dengan Guinea Pig? Begini Cara Merawatnya

1. Guinea Pigs

guinea pigs
Merupakan hewan yang ceria. (foto: pixabay/pezibear)

Hewan aktif satu ini sangatlah menyenangkan dan ceria. Karena bentuk tubuhnya yang agak besar, hewan yang biasanya lebih bahagia jika dipelihara sepasang ini memang membutuhkan kandang yang cukup besar.

Meskipun begitu, mereka mudah dijinakkan, penurut, serta jarang menggigit. Guinea Pigs juga aman untuk anak kecil. Mereka adalah herbivora, sehingga kamu bisa memberi makan mereka hay, buah, sayur serta pelet setiap hari.

2. Hamster

hamster
Mudah dijinakkan. (foto: pixabay/kirahoffman)

Hamster berukuran lebih kecil daripada guinea pigs. Kamu bisa menggunakan kandang yang lebih kecil. Jika kamu tepat menanganinya, mereka juga bisa dijinakkan dan cukup diberikan pakan hamster yang terdiri dari biji-bijian, kuaci, popcorn, serta pelet khusus hamster.

Kepribadian hamster berbeda-beda sesuai dengan rasnya, namun keturunan yang paling jinak adalah Roborovski Dwarf. Hamster merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan memiliki masa hidup yang cukup singkat yaitu sekitar tiga tahun.

3. Ikan cupang

ikan cupang
Bisa hidup dalam wadah kecil. (foto: nicefishes)

Jika kamu pecinta hewan air, maka ikan cupang bisa menjadi pilihanmu. Tidak usah ribet dengan filter, oksigen, tanaman, dan lain-lain, ikan cupang bisa hidup hanya di wadah kecil. Dengan makanan yang cukup setiap harinya, masa hidup ikan cupang berkisar antara tiga sampai lima tahun.

4. Ikan hias

akuarium
Akuarium bisa mengurangi stres. (foto: banggoods)

Meskipun agak ribet, akuarium berisikan ikan hias bisa membantumu menghilangkan penat lo! Melihat ikan berenang-renang kesana kemari dengan ekosistem dalam akuarium karyamu sendiri pasti bisa memberikan kepuasan sendiri. Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi memelihara ikan hias juga bisa membantu menyehatkan tubuhmu lo!

Dilansir dari getecoqube.com, memiliki akuarium bisa mengurangi stres sambil memperhatikan kehidupan yang ada dalam tanki kecilmu. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Plymouth University juga menyimpulkan bahwa akuarium ikan bisa membantu bayi yang kesulitan ditinggal, suka cemas, atau bahkan meredakan nangis karena sakit perut.(shn)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH