Tertarik dengan Guinea Pig? Begini Cara Merawatnya Guinea pig hampir sama dengan hamster. (Foto: Foto Pixabay/PepaLove)

GUINEA pig (GP) atau kerap disebut tikus belanda adalah salah satu hewan pengerat yang dijadikan hewan peliharaan. Sama seperti hamster, hewan ini sangat lucu dan menggemaskan. Hanya saja GP ini memiliki tubuh yang lebih besar daripada hamster. Nah dibawah ini cara merawat guinea pig buat kamu yang mau memeliharanya, dilansir dari laman petfinder.com

1. Memberikan kandang yang nyaman

guinea pig
Guinea Pig hewan mudah stres jika berdekatan dengan anjing atau kucing (Foto: Pixabay/carlosftw)

Idealnya, GP harus disimpan bersama mamalia kecil lainnya dan terpisah dari anjing dan kucing. Kalau bisa kamu juga harus menyiapkan ruangan khusus untuk hewan ini. Ruangan apapun yang kamu gunakan, harus bersuhu antara 18-24 derajat celcius untuk mencegah resiko penyakit pernapasan.

Standar kandang GP yang layak memiliki alas yang datar, tidak berjeruji, memiliki luas yang cukup untuk GP bermain, memiliki sirkulasi udara yang lancar, mudah dibersihkan, dan semakin luas kandangnya semakin baik. Idealnya kandang GP ini sebesar 1,2 meter persegi.


2. Mudah stres

guinea pig
Pegang guinea pig dengan halus tanpa membuatnya terkejut. (Foto: straitstimes.com)


GP merupakan hewan yang gampang stres, sehingga mereka membutuhkan perhatian yang baik. Untuk mengambil mereka harus dilakukan secara perlahan-lahan. Kamu letakkan satu tangan di bawah dadanya tepat di belakang kaki depan, dan dengan lembut menaruh tangan lainnya di bawah kaki belakannya. Setelah kamu memiliki pegangan yang kuat, tapi ingat harus mengangkatnya dengan lembut. Kemudian segera tarik dia ke dekat dada atau pangkuan kamu sehingga dia merasa aman dan tidak main-main.

3. Beri makan sayuran

guinea pig
Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin C. (Foto: petcha.com)

Untuk memberinya makan, cukup mudah, lo. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kesehatan gizinya. GP merupakan hewan herbivora. Makanan segar yang harus dipilih untuk GP harus mengandung banyak vitamin, khususnya vitamin C.


4. Menjaga kebersihan

guinea pig
Tetap selalu menjaga kebersihan Guinea Pig. (Foto: awlqld.com.au)

Kamu harus memperhatikan kebersihan GP. GP sendiri mencoba untuk merawat gigi depan, lidah, dan cakar mereka. Tetapi untuk GP yang berambut panjang, sering disikat dan disisir agar tetap bersih dan tidak kusut. Walaupun GP ini tidak suka air, tapi dia bisa secara langsung terkena air. Tapi sebelum memandikannya, kamu perlu menenangkan GP supaya tidak stres dan kaget. Gunakan sampo khusus, setelah itu bilas dengan air hangat (bukan air panas) dan keringkan. Juga jaga kebersihan kandangnya. (sel)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH